... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kampanye Militer Turki di Timur Sungai Eufrat Suriah Dimulai

Foto: Militer Turki

KIBLAT.NET, Ankara – Kementerian Pertahanan Turki, Rabu (09/10/2019), mengumumkan dimulainya operasi darat di wilayah timur Eufrat, wilayah kontrol milisi Kurdi Suriah. Operasi ini melibatkan oposisi bersenjata Suriah yang mendapat pendaan dari Turki.

Pasukan Turki yang bekerja sama dengan Tentara Nasional Suriah memulai operasi darat di timur Sungai Eufrat sebagai bagian dari Operasi Spring of Peace,” kata pernyataan Kemenhan Turki melalui akun Twitter-nya.

Pasukan Turki berusaha memasuki wilayah kontrol milisi Kurdi itu melalui kota Ras Al-Ain dan Tal Abyad di perbatasan Suriah-Turki.

Bergeraknya pasukan darat ini terjadi beberapa jam setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan dimulainya operasi militer terhadap milisi Kurdi YPG di timur Sungai Eufrat.

Erdogan menyebut operasi militer ini bersandi Spring of Peace, yang bertujuan untuk membangun koridor perdamaian dan daerah yang aman bagi kembalinya para pengungsi Suriah.

Pesawat-pesawat tempur mulai menargetkan kawasan tersebut. Lokasi yang menjadi sasaran benteng-bentang bertahanan milisi Kurdi di seluruh kota Ras Al-Ain dan pinggirannya, serta desa terdekat Musharrafa, dan desa Issa di desa utara Raqqa.

Bersamaan dengan operasi ini, Erdogan memimpin pertemuan keamanan menghadirkan para pejabat senior di kompleks kepresidenan di Ankara.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Ketua Parlemen Turki Mustafa Shantub, Menteri Pertahanan Hulusi Akar, Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu, kepala intelijen Hakan Fidan, dan Kepala Staf Jenderal Turki Yasar Guler.

BACA JUGA  56 Sipil Meregang Nyawa Akibat Dua Pekan Gempuran Rezim dan Rusia di Idlib

Sementara itu, Pusat Koordinasi dan Operasi Militer milisi Kurdi Pasukan Demokrat Suriah (SDF) mengatakan bahwa tentaranya berhasil menghancurkan sebuah kendaraan lapis baja Turki dan memukul mundur serangan tentara Turki di desa Ain Dewar di barat Malikiyah di perbatasan Suriah.

SDF berbicara tentang kematian dan cedera warga sipil sebagai akibat dari penembakan rumah-rumah warga di daerah tersebut, yang belum dikonfirmasi oleh pusat-pusat medis.

Operasi pasukan darat Turki ini menui penolakan dari negara-negara Arab dan Eropa. Sementara negara-negara Eropa menyerukan pertemuan mendesak Dewan Keamanan untuk membahas operasi militer Turki.

Sumber: Enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Takmir Masjid Beberkan Alasan UGM Tolak Ustadz Abdul Somad

Takmir Masjid Kampus UGM, Mashuri Maschab mengungkapkan bahwa ia dan Wakil Ketua Takmir sempat diundang pertemu wakil rektor UGM

Kamis, 10/10/2019 00:39 0

Indonesia

KH Luthfi Basori Nilai Penolak Muslim United Kelompok Liberal

Tokoh Nahdlatul Ulama Jawa Timur, KH. Luthfi Basori menegaskan bahwa yang menolak diadannya acara Muslim United adalah orang liberal.

Rabu, 09/10/2019 23:28 0

Indonesia

KH Luthfi Basori: Saya Hadiri Muslim United Ingin Memupuk Persatuan Umat

Tokoh Nahdlatul Ulama Jawa Timur, KH. Luthfi Basori akan menjadi pembicara di acara Muslim United di Yogyakarta.

Rabu, 09/10/2019 23:10 0

Indonesia

Sekjen MUI Heran UGM Tolak Kuliah Umum Ustadz Abdul Somad

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas heran kenapa Ustadz Abdul Somad (UAS) dilarang memberikan kuliah umum di masjid kampus UGM.

Rabu, 09/10/2019 17:01 0

Indonesia

UGM Tolak Kuliah Umum Ustadz Abdul Somad

Pihak Universitas Gajah Mada (UGM) menolak Ustadz Abdul Somad mengisi kuliah umum di Masjid Kampus UGM.

Rabu, 09/10/2019 16:47 0

Indonesia

Kemenag Klaim Wajib Sertifikasi Halal Berdampak Positif Bagi Ekonomi

- Menteri Agama, Lukman Hakim Safuddin mengklaim kewajiban sertifikasi halal akan berimplikasi positif terhadap ekonomi Indonesia. Ia mengatakan, jika dilihat dari kacamata makro, halal telah menjadi tren dunia.

Rabu, 09/10/2019 14:22 0

Indonesia

Defisit Anggaran, PBB Terancam Tak Bisa Gaji Staf

Sekretaris Jenderan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Antonio Guterres mengatakan bahwa PBB tidak akan mampu menggaji staf mereka

Rabu, 09/10/2019 14:04 0

Indonesia

Mendag Klarifikasi Statemen Larangan Penjualan Minyak Curah

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengklarifikasi pernyataannya tentang larangan menjual minyak goreng curah pada 2020 mendatang. Ia mengklaim bahwa tidak akan ada penarikan minyak goreng curah dari pasaran.

Rabu, 09/10/2019 08:30 0

Indonesia

Pengacara FPI: Ustadz Bernard Tak Aniaya Ninoy Karundeng

Pengacara dari Front Pembela Islam (FPI), Aziz Yanuar menceritakan kronologi kenapa Ustadz Bernard Abdul Jabbar bisa ada di Masjid Al-Falah saat terjadi penganiayaan Ninoy Karundeng pada aksi mahasiswa 30 September

Rabu, 09/10/2019 07:43 0

Indonesia

Derita Belum Reda, Pengungsi Gempa Ambon Dihantui Kabar Hoaks

"Terserah Anda apakah Anda ingin percaya atau tidak, tetapi saya berbicara dengan kerabat saya dan tampaknya Ambon akan tenggelam dalam beberapa hari ke depan," bunyi pesan WA itu.

Selasa, 08/10/2019 17:40 0

Close