... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Turki: Persiapan Operasi Militer di Suriah Sudah Lengkap

Foto: Pasukan Turki di dekat perbatasan Suriah.

KIBLAT.NET, Ankara – Turki mengatakan pihaknya telah menyelesaikan persiapan untuk operasi militer di timur laut Suriah setelah Amerika Serikat mulai menarik kembali pasukannya. Penarikan untuk membuka jalan bagi Turki yang melakukan serangan terhadap pasukan Kurdi yang telah lama bersekutu dengan Washington.

Presiden AS Donald Trump memperingatkan pihaknya akan “melenyapkan” ekonomi Turki jika mengambil tindakan di Suriah yang dianggap “terlarang”, menyusul keputusannya pada hari Ahad untuk menarik 50 pasukan khusus AS dari wilayah perbatasan.

Penarikan AS akan membuat pasukan mitranya yang dipimpin Kurdi di Suriah rentan terhadap serangan Angkatan Bersenjata Turki (TSK), yang mencap mereka teroris karena terkait dengan militan Kurdi yang melancarkan pemberontakan panjang di Turki.

“TSK tidak akan pernah mentolerir pendirian koridor teror di perbatasan kami. Semua persiapan untuk operasi telah selesai,” kata Kementerian Pertahanan Turki di Twitter awal Selasa (08/10/2019).

“Sangat penting untuk membangun zona aman / koridor perdamaian untuk berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas kawasan kami, dan bagi Suriah untuk mencapai kehidupan yang aman,” katanya.

Peringatan Trump pada ekonomi Turki tampaknya ditujukan untuk menenangkan kritik yang menuduhnya meninggalkan Kurdi Suriah dengan menarik pasukan AS. Keputusan itu menuai kritik dari Demokrat dan teguran dari beberapa rekan Republik Trump di Kongres, termasuk Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki Hami Aksoy mengatakan, menjadi hak fundamental Turki untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk keamanan nasional terhadap ancaman terorisme dari Suriah.

BACA JUGA  Kecam Serangan ke Wilayah Kurdi Suriah, Kanada Tangguhkan Izin Ekspor ke Turki

“Turki bertekad untuk membersihkan teroris dari timur Sungai Eufrat dan melindungi keamanan dan kelangsungan hidupnya sendiri sambil menerapkan zona aman untuk mencapai perdamaian dan stabilitas,” katanya.

Presiden Tayyip Erdogan mengatakan Turki berencana untuk memukimkan kembali dua juta pengungsi di Suriah utara. Media Turki mengatakan rancangan rencana pemukiman kembali melibatkan 151 miliar lira ($ 26 miliar) proyek konstruksi. Turki menampung 3,6 juta pengungsi Suriah.

Pejabat administrasi Trump, mengatakan 50 tentara AS akan dipekerjakan kembali di tempat lain di Suriah di luar jangkauan baku tembak. Amerika Serikat memiliki sekitar 1.000 tentara di Suriah.

Sumber: Aawsat
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Derita Belum Reda, Pengungsi Gempa Ambon Dihantui Kabar Hoaks

"Terserah Anda apakah Anda ingin percaya atau tidak, tetapi saya berbicara dengan kerabat saya dan tampaknya Ambon akan tenggelam dalam beberapa hari ke depan," bunyi pesan WA itu.

Selasa, 08/10/2019 17:40 0

Indonesia

HRW Desak Indonesia Selidiki Kerusuhan Wamena

Human Rights Watch (HRW) mendesak Indonesia secara independen menyelidiki kerusuhan baru-baru ini di Papua Barat yang menewaskan 33 orang.

Selasa, 08/10/2019 17:25 0

Indonesia

WALHI Beberkan Kejanggalan Kasus Gulfrid Siregar

ada kejanggalan dalam kematian Pembela Hak Asasi Manusia dan aktivis lingkungan WALHI, Golfrid Siregar.

Selasa, 08/10/2019 13:48 0

Indonesia

Aktivis WALHI Sumut Meninggal Misterius

Aktivis HAM dan juga Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Golfrid Siregar mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik

Selasa, 08/10/2019 13:16 0

Indonesia

Panitia: Tagar Lengserkan Jokowi di BC Muslim United Bukan dari Kami

Beredar broadcast (BC) di media sosial ajakan untuk menghadiri acara Muslim United di Jogja.

Senin, 07/10/2019 17:03 0

Indonesia

Muslim United Murni untuk Persatuan Umat Islam

acara ini mengajak umat Islam di Indonesia untuk menjunjung persatuan.

Senin, 07/10/2019 16:47 0

Indonesia

Penggadaian SK oleh Anggota DPRD Masih Menjadi Fenomena Pasca Pileg 2019

Penggadaian Surat Keputusan (SK) pengangkatan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menjadi fenomena yang kerap terjadi setelah Pileg, begitu pun pada Pileg 2019 kali ini.

Senin, 07/10/2019 14:38 0

Indonesia

Ratusan Gempa Susulan Dirasakan Warga Maluku

Ratusan Gempa Susulan Dirasakan Warga Maluku

Senin, 07/10/2019 13:37 0

Indonesia

Perkuat Jaringan Pemuda ASEAN, KAMMI Malaysia Resmi Dilantik

Perkuat Jaringan Pemuda ASEAN, KAMMI Malaysia Resmi Dilantik

Senin, 07/10/2019 13:12 0

Indonesia

Bambang Soesatyo: Presiden Harus Sensitif Terhadap Aspirasi

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mengingatkan bahwa Ragam persoalan yang disuarakan oleh berbagai elemen masyarakat akhir-akhir ini secara tidak langsung menjadi masukan bagi Pemerintahan baru periode 2019-2024.

Ahad, 06/10/2019 16:23 0

Close