Turki Dikabarkan Akan Melebur Faksi-faksi Oposisi Suriah yang Didukungnya

KIBLAT.NET, Aleppo – Turki dikabarkan sedang bersiap melebur faksi-faksi oposisi bersenjata Suriah yang dibiayainya ke dalam satu kekuatan. Penggapungan itu antara faksi oposisi di pinggiran Suriah dan faksi di Idlib.

Berdasarkan informasi yang didapat El-Dorar, portal online yang fokus memantau isu-isu Syam, pada Kamis (03/10/2019) dari sebuah sumber lokal yang dekat dengan Turki, kekuatan yang akan dilebur itu adalah faksi Tentara Nasional yang beroperasi di pedesaan utara Aleppo dengan Jabhah Wathaniyah lit Tahrir (JWT) yang beroperasi di Idlib, Hama, Latakia, dan Aleppo.

Sumber itu mengatakan bahwa merger akan berada di bawah naungan Turki. Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS), yang mengontrol wilayah luas di Idlib dan pinggiran Aleppo, tidak masuk dalam peleburan ini.

Sumber itu tidak merinci waktu dimulainya merger, dan akan kelahiran entitas militer baru oposisi. Akan tetapi, ia mengatakan bahwa peleburan itu akan dilaksanakan dalam waktu dekat seiring dengan kabar akan adanya operasi militer Turki di Suriah.

Kementerian Pertahanan Turki, Rabu lalu, mengumumkan niatnya untuk memulai operasi militer di zona aman di sebelah timur Sungai Eufrat di sepanjang perbatasannya dengan Suriah. Zana aman ini dibentuk bersama Amerika Serikat untuk menjauhkan milisi Kurdi dari perbatasan Turki. Operasi militer Turki ini akan melibatkan faksi oposisi Suriah yang dibiayainya.

Faksi-faksi oposisi bersenjata di Idlib saat ini masih bergabung dalam ruang operasi gabungan dengan sandi “Waharridhil Mukminin”. Yang tergabung dalam operasi ini tiga faksi besar Idlib, HTS, JWT dan Jaisyul Izzah. Operasi itu dibentuk menyusul kampanye militer besar-besaran rezim Assad dan Rusia dalam beberapa bulan terakhir.

BACA JUGA  Banjir Terjang Ratusan Tenda Pengungsi Suriah di Idlib

Sumber: El-Dorar
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat