... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

ACT Mulai Gelombang Pertama Pemulangan Pendatang dari Wamena

Foto: Salah satu bangunan yang terbakar dalam kerusuhan di Wamena. (Foto: Kompas)

KIBLAT.NET, Jakarta – Lembaga kemanusiaan ACT (Aksi Cepat Tanggap) mengagendakan pemulangan warga pendatang di Wamena menuju kampung halamannya masing-masing. Wakil Presiden ACT Insan Nurrohman mengatakan, gelombang pertama pemulangan pengungsi dimulai hari ini (Kamis, 03/10/2019).

Jumlah pengungsi yang dipulangkan di gelombang pertama sebanyak 100 orang asal Sumatera Barat yang dibagi dalam 2 penerbangan, pagi dan sore.

“Kami sudah mengontak beberapa maskapai. Tapi baru kemarin kami dapat kepastian booking 100 tiket seat, walaupun kami ingin lebih dari itu. Insha Allah kita akan terus menambah kuota yang bisa kembalikan ke tempat mereka. Kami memulangkan mereka tidak hanya sampai bandara, tapi sampai ke tempat mereka. Kami memfasilitasi armada dari bandara ke rumah,” terang Insan usai konferensi pers di kantor ACT, Jakarta Selatan.

Tak hanya udara, ACT juga mengaku berusaha memulangkan pengungsi melalui jalur laut. Insan menuturkan, pihaknya juga telah menyurati Kementerian Perhubungan untuk menyewa kapal Pelni, namun belum mendapat tanggapan.

Jika melalui jalur reguler, lanjut Insan, kapal angkutan Pelni hanya tersedia 10 hari sekali. Dan yang terakhir telah berangkat 3 hari lalu sehingga harus menunggu 7 hari lagi untuk keberangkatan selanjutnya.

“Artinya ini terus coba ikhtiarkan sebanyak mungkin evakuasi seperti yang mereka inginkan. Kalo yang masih ingin tinggal, nanti kita bangun shelter sementara sampai kondisi benar-benar pulih kembali. Tapi bagi yang ingin kembali ke tempat asal, kami berikan juga sarana angkutan menggunakan pesawat terbang,”ujarnya.

BACA JUGA  Menag Fachrul Razi Positif Covid-19

Untuk pemulangan pengungsi gelombang kedua akan dilaksanakan Jumat esok. Namun Insan mengatakan bahwa pihaknya hingga kini baru mendapat 50 kursi saja.

Diketahui, hingga kini belasan ribu pengungsi konflik Wamena masih menunggu antrean untuk dipulangkan ke kampung halamannya.

Reporter: Qoid
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Pasca Penggulingan Al-Bashir, Sudan Resmikan Liga Sepak Bola Wanita

"Tidak semua masyarakat Sudan menerima (sepakbola wanita), tetapi kelompok kecil melakukannya dan mereka mendukung kami," kata pemain Eltahadi Nariman Lino.

Kamis, 03/10/2019 12:10 0

Yaman

Iran Mulai Mengakui Dukungan untuk Pemberontak Syiah Hutsi Yaman

"Kami pergi ke Irak dan Suriah atas permintaan pemerintah setempat. Kami memberikan dukungan penasihat, senjata dan peralatan. Pengawal Revolusi, tentu saja, bertanggung jawab atas misi itu," kata Baqeri.

Kamis, 03/10/2019 11:30 0

Afrika

AS Buka Kembali Kedutaan di Somalia Kendati Kekerasan Terus Berlanjut

"Ini adalah hari yang penting dan bersejarah yang mencerminkan kemajuan Somalia selama beberapa tahun terakhir," kata pernyataan Duta Besar Donald Yamamoto.

Kamis, 03/10/2019 09:06 0

Irak

Demonstrasi Anti-Pemerintah Irak Meluas, Rezim Berlakukan Jam Larangan Keluar

Tercatat setidaknya enam lingkungan di ibukota menyaksikan protes anti-pemerintah. Massa melakukan aksi bakar ban dan menutup jalan-jalan utama.

Kamis, 03/10/2019 07:40 0

Wilayah Lain

Islamofobia di Bosnia: Retorika Politik hingga Ancaman Nyata

Pelakunya adalah politisi Serbia dan Kroasia - termasuk yang berlatar belakang Bosnia - untuk tujuan memecah wilayah.

Rabu, 02/10/2019 15:34 0

Kiblatorial

Editorial: Wamena, Merdeka, dan Darah Saudara Kita

Ada darah sesama muslim yang tertumpah di tengah seruan Papua merdeka.

Rabu, 02/10/2019 13:10 0

Opini

Hukum yang Terbaik

Oleh: Princess Deaan, ibu rumah tangga, tinggal di Lampung KIBLAT.NET – Tujuan diturunkannya syariat atau...

Rabu, 02/10/2019 12:39 0

Afrika

Mali: 25 Tentara Tewas dan 60 Hilang Akibat Serangan Kelompok “Ekstremis”

Sebelumnya pemerintah mengatakan bahwa lokasi militer di Polkisi dan Mondoro di Mali tengah diserang, tetapi tidak mengatakan berapa banyak yang terbunuh atau terluka.

Rabu, 02/10/2019 10:12 0

Irak

Protes Anti Pemerintah Meletus di Irak, 2 Tewas Ratusan Cedera

Basis protes berada di ibukota Baghdad. Warga di kota-kota lainnya juga menggelar aksi protes dengan tuntutan serupa.

Rabu, 02/10/2019 09:16 0

Tarbiyah Jihadiyah

Surat Yusuf, Penyambung Asa Perjuangan Umat Islam

Ketika intimidasi terhadap dakwah terus menguat, Allah berikan kepada para wali Allah sebuah penawar duka dan penyambung asa, Surat Yusuf adalah kisah sarat hikmah dan pelajaran dalam untaian kalam mulia di dalam Al-Quran

Selasa, 01/10/2019 21:00 1

Close