Gubernur Sumbar Gelar Penggalangan Dana untuk Warga Minang Korban Kerusuhan Wamena

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemerintah Daerah Sumatera barat bersama masyarakat Minang yang berada di Jakarta menggelar penggalangan dana untuk korban kekerasan di Wamena. Gubernur Sumbar, Irwan Prayetno, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit beserta tokoh Minang menghadiri acara ini.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumbar, Irwan Prayetno menegaskan bahwa penggalangan dana ini bentuk kepedulian masyarakat Minang terhadap saudaranya. Sebab, masyarakat Minang seperti satu tubuh.

“Kami hari ini melakukan penggalangan dana untuk membantu saudara kami yang menjadi korban kekerasan di Wamena. Hari ini peserta sangat antusias, saya terharu melihatnya. Masyarakat Minang seperti satu tubuh, satu sakit semua ikut merasakannya,” katanya di hotel Balairung, Matraman, Jakarta Pusat pada Selasa (01/09/2019).

Penggalangan dana kali ini terkumpul hampir lima milyar. Di antara tokoh yang menyumbang adalah Budayawan Taufik Ismail, Mantan Kepala Bappenas Andrinof Chaniago dan Oesman Sapta Odang.

Sementara itu, untuk organisasi yang menyumbang di antaranya adalah organisasi seperti Gebu Minang, Perkumpulan Keluarga Kabupaten Solok, Indo Jalito, Ikatan Warga Gadut, Ikatan Keluarga Minang Bekasi dan Sekitarnya (IKMBS), Masjid Jami’ Fatahillah Blok B Tanah Abang dan Ikatan Keluarga Rao-Rao dan Bank Nagari.

Irwan memaparkan bahwa dana yang terkumpul akan digunakan seproduktif mungkin. Di antaranya adalah untuk memberikan modal usaha kepada korban dan memulangkan warga yang ingin kembali ke tanah Minang.

BACA JUGA  Polri Tolak Keluarkan Izin Reuni 212

“Dari acara ini terkumpul dana hampir lebih dari 3 milyar. Kegunaannya supaya masyarakat Minang di Wamena bisa tercover kebutuhanya. Kami ucapkan terima kasih banyak,” sambungnya.

“Nanti juga untuk memulangkan warga yang ingin kembali,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat