... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Demo Mahasiswa di Palu Berakhir Ricuh

Foto: demonstrasi mahasiswa Palu

KIBLAT.NET, Palu – Ribuan Mahasiswa yang terdiri dari Universitas Tadulako, Universitas Muhammadiyah, IAIN Palu dan sejumlah kampus yang ada di Kota Palu turun melakukan demontrasi menolak pasal bermasalah dalam RKUHP dan RUU lain didepan Gedung DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Rabu (25/9/2019).

Aksi tersebut juga bertepatan dengan pelantikan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah periode 2019-2024 sehingga mahasiswa tidak diperkenankan melakukan aksi didepan Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara itu massa aksi terus mendesak untuk masuk kedalam kantor DPRD Provinsi untuk menemui seluruh anggota dewan yang baru saja selesai dilantik. Namun pihak kepolisian hanya mengizinkan perwakilan massa aksi yang masuk untuk membawa tuntutannya kepada anggota dewan.

“Bapak-bapak (polisi), kami kemari hanya untuk menyampaikan aspirasi kami. Selasa kemarin kami bisa unjuk rasa di depan Kantor DPRD Sulteng, kenapa sekarang tidak bisa?,” ujar koordinator unjuk rasa, Fahrul.

Aksi itu pun digelar jauh dari kantor DPRD disebabkan aparat Kepolisian sudah memasang kawat berduri dan menyiapkan water canon. Usai pelantikan Wakil Ketua DPRD Sementara Provinsi Sulawesi Tengah, Yusmaun berdiri dihadapan massa aksi mengatakan sebagai anggota DPRD yang baru saja dilantik menerima semua apa yang menjadi tuntutan mahasiswa tersebut.

“Saya wakil ketua sementara, menerima semua apa yang menjadi tuntutan adik-adik mahasiswa,” ungkapnya

Sekitar pukul 13.30 Wita kericuhan pun terjadi antara massa aksi dengan aparat kepolisian. Kericuhan tersebut disebabkan Mahasiswa mendesak untuk menerobos masuk kedalam halaman kantor DPRD Sulteng sambil melemparkan botol air mineral dan batu kearah petugas. Pihak keamanan langsung membuat barikade sambil menembakkan gas air mata dan menyemprotkan water canon kearah pengujuk rasa.

BACA JUGA  Sekjen MUI: Tak Boleh Memaksa Orang Ucapkan Salam Agama Lain

Pantauan Kiblat.net, setelah ditembak gas air mata dan disemprot water canon, pengunjuk rasa berhasil dipukul mundur. Pihak kepolisian juga menangkap sejumlah pengunjuk rasa yang dianggap provokator. Aksi tersebut dibubarkan paksa sekitar pukul 17.30 Wita dan sejumlah mahasiswa pun dilarikan ke Rumah Sakit karena terkena gas air mata dan luka-luka akibat terkena lemparan batu.

Reporter: Salam Abdurrahman
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Bin Salman Bahas Penempatan Pasukan AS di Arab Saudi

Presiden Donald Trump mengizinkan penempatan ratusan tentara Amerika ke kerajaan awal bulan ini, setelah serangan terhadap fasilitas minyak Saudi pada 14 September.

Kamis, 26/09/2019 11:44 0

Mesir

Lebih 1.100 Orang Ditahan dalam Protes Anti-Al-Sisi di Mesir 

Para pengunjuk rasa menuntut agar Abdul Fattah Al-Sisi mundur dari jabatannya sebagai presiden.

Kamis, 26/09/2019 10:55 0

Foto

Poster-poster Demo di DPR yang Bikin Anda Tersenyum

KIBLAT.NET, Jakarta – Ribuan mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia hari ini melalukan unjuk rasa di...

Rabu, 25/09/2019 17:24 0

Amerika

Tiga Marinir AS Tewas Bunuh Diri di Atas Kapal Induk

"Saya menyesalkan bahwa tiga prajurit kehilangan nyawa minggu lalu, dalam insiden terpisah," kata Bailey, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Rabu, 25/09/2019 09:35 0

Arab Saudi

Balas Serangan di Fasilitas Minyak, Saudi Akan Tempuh Semua Opsi

"Kami ingin menggalang dukungan internasional dan kami ingin membahas semua opsi, diplomatik, ekonomi dan militer, dan kemudian kami membuat keputusan," kata Jubeir dalam konferensi di sela-sela Majelis Umum PBB.

Rabu, 25/09/2019 08:30 1

Suriah

Turki-AS Gelar Patroli Gabungan Kedua di Wilayah Kontrol Kurdi Suriah

Departemen Pertahanan Turki menambahkan bahwa drone juga dikerahkan dalam patrol gabungan itu.

Rabu, 25/09/2019 07:28 0

Amerika

Unjuk Rasa di Luar Acara MBS Tuntut Keadilan untuk Khashoggi

engunjuk rasa berdemo di luar acara yang diselenggarakan oleh badan amal milik Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) di New York.

Selasa, 24/09/2019 18:59 0

Mesir

Memanas, Militer Mesir Imbau Rakyat Gulingkan Al-Sisi

Front Perwira Mesir, yang mengaku setia kepada mantan kepala staf Angkatan Bersenjata Mesir Letnan Jenderal Sami Anan, mengatakan akan melindungi para demonstran.

Selasa, 24/09/2019 16:52 0

India

Tiga Orang Dikeroyok di India Karena Menyembelih Sapi, Satu Meninggal

Karena sapi seekor, nyawa pun melayang.

Selasa, 24/09/2019 12:52 0

Amerika

PBB Umumkan Pembentukan Komisi Konstitusi Suriah

Komisi tersebut, jelasnya, terdiri dari 150 anggota, dengan rincian 50 anggota dari rezim di Damaskus, 50 dari kubu oposisi, dan 50 lainnya Utusan Khusus PBB.

Selasa, 24/09/2019 10:06 0

Close