... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

DK PBB Akan Voting Dua Proposal terkait Idlib

Foto: Sidang DK PBB

KIBLAT.NET, New York – Dewan Keamanan PBB akan menggelar voting dua proposal terkait kondisi Idlib, Suriah. Proposal pertama diajukan oleh Kuwait, Jerman dan Belgia, sementara proposal kedua diajukan Rusian dan China.

Berdasarkan informasi yang didapat AFP dari sumber diplomat PBB pada Rabu (18/09/2019), rancangan resolusi yang diajukan tiga negara itu berisi pemberlakuan “gencatan senjata langsung” di provinsi Idlib mulai Sabtu depan.

Rancangan resolusi yang berpotensi diveto oleh Rusia ini mengatakan bahwa gencatan senjata harus dimulai pada siang hari pada 21 September untuk “menghindari kerusakan lebih lanjut dari situasi yang sudah membawa bencana di Idlib.”

Pemungutan suara pada draft resolusi ini dijadwalkan berlangsung pada pukul 19:00 GMT.

Rancangan resolusi telah dinegosiasikan sejak akhir Agustus tetapi masih menghadapi penolakan kuat dari Moskow, selaku anggota tetap DK PBB.

Rusia segera membuat proposal tandingan untuk menghadapi proposal ketiga negara tersebut. Propal Rusia ini mendapat dukungan dari China, yang juga diperkirakan akan divote pada Kamis.

Rancangan resolusi Rusia, yang diperoleh AFP, mengatakan bahwa pentingnya penghentian permusuhan segera untuk menghindari kerusakan lebih lanjut dari situasi kemanusiaan yang sudah membawa bencana di provinsi Idlib, tetapi tidak menentukan kapan gencatan senjata akan berlaku.

Isi proposal Rusia itu juga menyertakan paragraf yang menyatakan bahwa “penghentian permusuhan tidak berlaku untuk operasi militer yang menargetkan individu, kelompok atau entitas yang terkait dengan kelompok teroris.”

BACA JUGA  PBB Kritik Pelarangan Burqa di Belanda

Sinyal ini tidak dapat diterima oleh orang Barat karena itu membuka pintu bagi interpretasi yang berbeda dan untuk penargetan yang berkelanjutan dari instalasi sipil.

Proposal Rusia kemungkinan tidak akan dapat memperoleh sembilan suara yang dibutuhkan untuk diadopsi di Dewan Keamanan yang beranggotakan 15 orang, dan kemungkinan akan menghadapi veto Amerika, Prancis, atau Inggris jika Rusia dapat mengumpulkan dukungan yang perlu diloloskan.

Peningkatan militer dan serangan Suriah dan Rusia di Idlib telah menewaskan hampir 1.000 warga sipil, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, serta perpindahan lebih dari 400 ribu orang ke daerah-daerah yang tidak tercakup oleh pemboman dekat perbatasan Turki, menurut PBB.

PBB telah memperingatkan selama berminggu-minggu tentang situasi kemanusiaan yang memburuk di provinsi itu, tempat sekitar 3 juta orang, termasuk 1 juta anak, hidup.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pakar Pidana: Imam Nahrawi Harus Segera Ditahan

, Suparji Ahmad menegaskan bahwa Menpora Imam Nahrawi segera ditahan KPK.

Rabu, 18/09/2019 19:04 0

Indonesia

Menpora Jadi Tersangka KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tersangka baru dalam kasus dugaan suap terkait dana hibah KONI dari Kemenpora.

Rabu, 18/09/2019 18:56 0

Indonesia

MUI: Ada Liberalisasi di Film The Santri

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Prof. Didin Hafiduddin menanggapi polemik film The Santri. Menurutnya, film tersebut menyebarkan paham liberal.

Rabu, 18/09/2019 17:53 0

Editorial

Editorial: Asap Semakin Pekat, Kebijakan Malah Jalan di Tempat

Kebakaran hutan pada musim panas 2019 ini telah memicu bencana asap yang sungguh membahayakan bagi warga.

Rabu, 18/09/2019 14:58 0

Indonesia

Komisi VIII: Sudah Ada RUU KUHP, Tak Perlu Lagi RUU P-KS

"Apa yang menjadi muatan materi ini, sudah ada di yang lain. Misalnya UU perkawinan, human trafficking, kekerasan," sambungnya.

Rabu, 18/09/2019 14:55 0

Indonesia

Nasyiatul Aisyiah Ungkapkan Keprihatinan Atas Kondisi KPK

Aisyiah mengingatkan agar pemerintah dan DPR-RI untuk menguatkan KPK dalam revisi undang-undang yang akan datang, bukan malah melemahkannya.

Selasa, 17/09/2019 17:02 0

Indonesia

Terkait Kebakaran Hutan, Pemerintah Dinilai Bermain-main Statistik

WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) mengkritisi pernyataan pemerintah yang menyebut kebakaran hutan yang kini terjadi tidak lebih besar dari yang terjadi pada tahun 2015.

Selasa, 17/09/2019 16:52 0

Indonesia

KH Luthfi Bashori: Saya Garda Depan Boikot Film The Santri

Tokoh Nahdlatul Ulama Jawa Timur, KH. Luthfi Basori menegaskan bahwa dirinya siap di barisan depan dalam menolak adanya film The Santri.

Selasa, 17/09/2019 16:05 1

Indonesia

Aliansi BEM-SI Kritisi Sikap Pemerintah Terkait Kebakaran Hutan Riau

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dianggap mencari muka agar menjabat lagi di periode mendatang.

Selasa, 17/09/2019 15:46 0

Indonesia

KH Luthfi Bashori Tegaskan Film The Santri Coreng Nama Pesantren

KH Luthfi Bashori Tegaskan Film The Santri Coreng Pesantren

Selasa, 17/09/2019 15:43 0

Close