Kebakaran Hutan Juga Tanggung Jawab Pemerintah Pusat

KIBLAT.NET, Jakarta – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) menyayangkan sikap saling lempar tanggung jawab yang dilakukan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi. Menurut WALHI, seharusnya penanganan kebakaran hutan dilakukan bersama-sama oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Ini tidak bisa dipisahkan begitu antara pemerintah pusat dan daerah,” kata eksekutif Nasional WALHI, Khalisah Khalid di kantor WALHI, Jakarta pada Senin siang (16/09/2019).

Ia menjelaskan, pemerintah pusat sebenarnya tidak salah jika menyebut penanganan bencana merupakan tanggung jawab pemerintah daerah. Hal ini karena bencana tersebut terjadi di daerah dan memberikan dampak bagi mayarakat yang tinggal disana. Meski begitu, pemerintah pusat tetap tidak bisa begitu saja menutup mata atas kewajibannya, yaitu terkait perizinan.

Sampai saat ini, perizinan di sektor kehutanan masih menjadi wewenang pusat, sehingga pemerintah pusat tidak bisa begitu saja melarikan diri dari tanggung jawab dan mengalihkannya ke pemerintah daerah.

“Jadi pemerintah pusat dan daerah harusnya sama-sama melakukan upaya yang cepat dan tindakan yang cukup untuk memastikan keselamatan warga negara. Karena dengan saling lempar tanggung jawab justru tidak hanya memperkeruh suasana, tetapi juga dampaknya akan lebih dirasakan masyarakat terdampak,” ujar Khalisah.

Ia menambahkan, bencana kebakaran hutan dan kabut asap yang terjadi kini sudah menjadi kejahatan lintas batas, tak hanya di satu wilayah. Untuk itu, Khalisah menegaskan bahwa pemerintah pusat harus turut segera mengambil tindakan untuk menangani bencana ini.

BACA JUGA  HRS Center: Habib Rizieq Tak Bisa Dipidana Karena Langgar PSBB

“Peristiwa ini tidak hanya terjadi di satu wilayah dan berdampak sangat luas. kalau sudah lintas batas atau wilayah, tentu kemudian sudah menjadi tugas pemerintah pusat selain soal perzinan tadi,” pungkasnya.

Reporter: Qoidul Mujahidin
Editor: Rusydan Abdul Hadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat