Kapal Bomber AS Berlayar di Laut China Selatan, Beijing Marah

KIBLAT.NET, Beijing – Sebuah kapal bomber Angkatan Laut AS berlayar di dekat pulau-pulau yang diklaim oleh Beijing di Laut China Selatan pada Jumat (13/09/2019). Hal itu membuat marah pemerintah Tiongkok dan mengatakan bahwa kapal tersebut memasuki perairan teritorial Tiongkok tanpa izin.

Juru bicara Armada ke-7 Angkatan Laut AS, Ryan Momson, mengatakan kepada Reuters kapal bomber Wayne E. Meyer tiba untuk menentang klaim kedaulatan di perairan tersebut. Termasuk di antaranya yang disebutnya tuduhan China berlebihan tentang Kepulauan Paracel, juga diklaim oleh Taiwan dan Vietnam.

Sementara itu, kata Komando Tiongkok Selatan dalam sebuah pernyataan mengatakan bahw kapal bomber AS memasuki perairan dekat Paracel tanpa izin dari pemerintah China.

Pasukan Tiongkok telah bergerak untuk memantau kapal tersebut dan memperingatkan untuk segera pergi, kata pernyataan itu. Amerika Serikat melanggar hak kedaulatan China dengan patroli yang sering di Laut Cina Selatan.

China dan Amerika Serikat saling kritik keras atas militerisasi Beijing atas Laut Cina Selatan dengan membangun fasilitas militer di pulau-pulau buatan dan terumbu karang di perairan yang disengketakan.

Jalur air yang sibuk itu merupakan salah satu dari sejumlah topik hangat dalam hubungan AS-Cina, termasuk eskalasi perang dagang, sanksi AS terhadap militer Tiongkok dan hubungan AS dengan Taiwan.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat