Kecanduan Vape, Paru-paru Remaja Ini Seperti Usia 70 Tahun

KIBLAT.NET, Illinois – Kebiasaan menghisap vape atau rokok elektrik Adam Hergenreder hampir membunuhnya. Akhir bulan lalu, mahasiswa berusia 18 tahun di Gurnee, Illinois, itu dirawat di rumah sakit setelah menggunakan vape selama lebih dari satu setengah tahun.

Hergenreder mengatakan dia menghirup vape bersama THC, bahan utama ganja. “Aku mendapatkannya dari pengedar narkoba,” ujarnya.

Jurnalis CBS News, Dean Reynolds bertanya kepadanya, “Anda membelinya di luar jalan dari seorang pria yang Anda tidak benar-benar kenal, kalau dipikir-pikir Anda agak bodoh?”

“Ya,” jawabnya. “Ketika kamu kecanduan seperti itu, aku tidak berpikir itu terlintas dalam pikiranmu.”

Segera setelah itu, Hergenreder menjadi demam, mulai muntah, dan terengah-engah. Ibunya, Polly, mengantarnya ke rumah sakit tempat ia langsung pergi ke perawatan intensif.

Sekarang paru-parunya serupa dengan paru-paru orang dewasa yang berusia 70 tahun, kata dokter kepadanya. “Sangat menakutkan untuk memikirkan hal itu – alat kecil itu melakukan hal itu pada paru-paru saya,” kata Adam.

Adam adalah di antara ratusan pengguna vape di Amerika Serikat yang telah muak dengan penyakit paru-paru. Banyak di antara mereka adalah anak muda.

Penyelidik belum mengidentifikasi penyebab penyakit. Di tengah seruan untuk regulasi lebih lanjut, pemerintahan Trump sekarang berencana untuk menghapus vape beraroma – kecuali rasa tembakau – dari pasar.

“Mengapa itu penting? Kami melihat lonjakan mutlak pada anak-anak sekolah menengah dan menengah menggunakan produk-produk rasa ini,” kata Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar dalam sebuah pernyataan video pada hari Rabu.

“Mint, mentol, bumbu buah, bumbu alkohol, permen karet.”

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS mengumumkan bahwa lebih dari seperempat siswa SMA tahun ini telah melaporkan menggunakan vape. Rasa buah dan mentol atau mint menjadi paling populer, menurut data awal dari Pemuda Nasional Survei Tembakau.

Adam, yang sudah berhenti menggunakan vape, mengatakan dia tidak yakin paru-parunya akan kembali normal 100%. Dia khawatir apakah dia akan pernah bisa bergulat lagi, olahraga yang ia tekuni.

“Saya adalah pegulat universitas sebelum ini dan saya mungkin tidak akan pernah bisa bergulat karena itu adalah olahraga yang sangat fisik dan paru-paru saya mungkin tidak dapat menahan tenaga itu … Sangat menyedihkan,” kata Adam.

Sumber: CNN
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat