... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Polisi Tetapkan 85 Orang Tersangka Kerusuhan Papua

Foto: Aksi massa di Fak Fak, Papua Barat diwarnai dengan pembakaran

KIBLAT.NET, Jakarta – Kepolisian Republik Indonesia telah menetapkan 85 orang tersangka terkait kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Jumlah tersebut terbagi masing-masing 55 orang di Papua dan 30 orang lainnya di Papua Barat.

“Untuk yang di Jayapura jumlah tersangka 31 orang. Kemarin kan 28 orang. Kemudian Timika masih tetap 10 (orang), kemudian untuk Kabupaten Deiyai 14 orang,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (09/09/2019), mengutip CNN Indonesia.

Untuk di Papua Barat dari 30 tersangka, 15 tersangka berada di Manokwari, 11 tersangka di Sorong, 3 tersangka di Fakfak, dan satu orang tersangka di Teluk Bintuni. “Total ada 30 tersangka,” ungkap Dedi.

Dedi menjelaskan, dari puluhan tersangka tersebut semuanya memiliki peran masing-masing. Dari jumlah itu dirinya juga menyatakan tidak menutup kemungkinan akan bertambah lantaran pihaknya masih terus memburu tersangka lainnya. Selain itu, masih ada juga orang yang masuk dalam DPO yang merupakan pelaku kerusuhan juga.

“Sesuai komitmen Polri akan terus melakukan penegakan hukum kepada siapa saja yang terlibat dalam kerusuhan Papua maupun Papua Barat termasuk perannya masing-masing. Peran di lapangan, peran korlap sampai master mind baik di dalam maupun di luar negeri,” tambahnya.

Sementara itu untuk kerusuhan di Asrama Mahasiswa Papua (AMP), Jalan Kalasan 10, Surabaya, Jawa Timur sejauh ini polisi telah menetapkan tersangka baru yakni berinisial AD. Ia kata Dedi, dijerat dengan Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

BACA JUGA  Pakar: Masyarakat Harus Berani Sebut OPM Langgar HAM

Dalam kasus ini polisi juga telah menetapkan tiga tersangka lainnya yakni, Tri Susanti (TS), Samsul Arifin (SA), dan Veronica Koman (VK). Sehingga total sudah 4 orang tersangka uang ditetapkan oleh Polda Jawa Timur.

“Kan pertama TS, SA, (VK) dan AD sekarang. AD baru dia buzzer aja dia yang memviralkan video foto dan narasi yang sifatnya hoaks,” paparnya.

Adapun untuk di Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan makar dan provokasi peristiwa Papua dalam aksi mengangkat bendera bintang kejora di depan istana negara, polisi telah menetapkan 8 orang tersangka.

Reporter: Muhammad Jundii
Sumber: CNN, Okezone

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Arab Saudi Ingin Perkaya Uranium untuk Tenaga Nuklir

Eksportir minyak utama dunia itu mengatakan ingin menggunakan logam tersebut untuk mendiversifikasi campuran energinya.

Selasa, 10/09/2019 12:40 0

Irak

Diserang Jet Tempur Asing, Gudang Amunisi Milisi Syiah Irak Terbakar

Gudang amunisi kelompok milisi Syiah Hashd al-Shaabi di Irak terbakar. Demikian laporan media setempat, Selasa (10/09/2019).

Selasa, 10/09/2019 12:12 0

Amerika

Dipandang Indah, Lampu Peringatan 9/11 WTC Ternyata Bahayakan Burung

Lampu-lampu itu mungkin terlihat bagus. Namun, ternyata itu menjadi aksesoris pembunuh burung.

Selasa, 10/09/2019 10:57 0

Turki

IM Gelar Konferensi Internasional di Turki Bahas Idelogi Terkini

Hal utama yang dibahas dalam konferensi ini terkait dengan watak dakwah IM, yaitu: Siapa kami? apa yang kami inginkan? pandangan IM terhadap reformasi dan perubahan di masyarakat, pertengahan dan moderat sebagai tiang pondasi manhaj dan ideologi jamaah, manhaj IM dalam amal jama’I serta cara untuk membangun tarbiyah individu dan masyarakat.

Selasa, 10/09/2019 10:26 0

Palestina

Hamas: Saudi Tangkap Pemimpin Senior Kami di Jeddah

Kami sudah berupaya diam dalam kurun waktu lima bulan terakhir untuk mediasi pembebasan pemimpin kami Al-Khadori. Namun upaya itu tak ditanggapi

Selasa, 10/09/2019 09:01 0

Amerika

CNN: AS Terpaksa Tarik Agen Penting di Rusia Akibat Kesalahan Trump

Kesalahan itu saat Trump memberikan informasi intelijen mengenai ISIS yang diberikan oleh Israel kepada Rusia pada 2017 silam.

Selasa, 10/09/2019 08:05 0

Info Event

Soft Launching, KAMMI Turki Gelar Diskusi Pemindahaan Ibukota Indonesia

“Saya mendukung pemecahan fungsi Jakarta dalam rencana pemindahan ibukota. Saat ini semua beban menumpuk di Jakarta baik sebagai kota administrasi politik, kota bisnis ataupun hub internasional,” pantik Fauzi mengawali diskusi.

Selasa, 10/09/2019 07:05 0

Afghanistan

Trump Batalkan Negosiasi, Taliban: AS yang Akan Merugi

"Sekarang Presiden AS Trump telah mengumumkan penangguhan negosiasi ... ini tidak akan merugikan orang lain kecuali orang Amerika sendiri," kata Taliban dalam sebuah pernyataan pada hari Ahad (08/09/2019).

Senin, 09/09/2019 16:38 0

Amerika

Trump Batalkan Negosiasi Damai AS dengan Taliban

Presiden AS Donald Trump mengatakan telah membatalkan pembicaraan damai dengan para pemimpin Taliban Afghanistan.

Senin, 09/09/2019 14:10 0

Amerika

Pembatalan Negosiasi dengan Taliban Dinilai Rugikan AS

Akhirnya Trump menangguhkan perundingan Taliban-AS yang telah berlangsung selama satu tahun.

Senin, 09/09/2019 14:06 0

Close