Pakar: Masyarakat Harus Berani Sebut OPM Langgar HAM

KIBLAT.NET, Jakarta – Pakar Pertahanan dan Diplomasi Dr Connie Rahakundini Bakrie menilai tindakan Organisasi Papua Merdeka bisa dikategorikan melanggar HAM. Bahkan, ia meminta masyakat dan wartawan berani menyuarakan OPM melanggar HAM.

Hal itu diungkapkan Connie menyikapi perlakuan terhadap aparat penegak hukum negara yaitu TNI dan Polri yang selalu dituduh melanggar HAM dalam penanganan di Papua.

“Rakyat dan wartawan juga harus berani bilang, OPM yang bunuh-bunuh TNI Polri itu harus kena HAM. Jadi ada perlakuan fair dari negara Untuk TNI Polri,” ujar Connie usai menjadi pembicara dalam Seminar Politik Papua di Jakarta Selatan, Kamis (05/09/2019).

Menurutnya, selama ini TNI Polri selalu disalahkan terkait Papua. Padahal, ada kementrian dan lembaga negara yang tidak hadir di sana, sehingga terjadi Konflik di Papua.

“Kita tak bisa lagi melakukan pendekatan lama untuk menyelesaikan masalah lama, maka harus ada pendekatan baru mengatasi masalah Papua,” jelas dia.

Menurut apa yang terjadi di Papua berimbas pendidikan, kesehatan, dan ekonomi yang belum beres. Dengan demikian, semua stakeholder diminta untuk bekerja menuntaskan permasalahan yang terjadi di Papua dan Papua Barat.

“Kita harus mendorong Kementerian terkait untuk ada dan hadir di Papua jadi jangan selamanya dibuat seolah-olah ini PR TNI-Polri,” tandas dia.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat