... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Anggaran Basarnas Dipotong, Anggota Komisi V DPR: Pemerintah Tak Perdulikan Nyawa Masyarakat

Foto: Komisi V DPR-RI Bambang Haryo Soekartono (sumber: dpr.go.id)

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemerintah kembali memotong anggaran Badan SAR Nasional (Basarnas). Menanggapi hal itu, anggota Komisi V DPR-RI Bambang Haryo Soekartono menilai pemerintah tidak memperdulikan nyawa publik dengan terus memotong anggaran Basarnas selama tiga tahun berturut-turut.

Menurut Bambang, Indonesia adalah negara yang rawan bencana karena berada di ring of fire. Sehingga peran Basarnas yang kuat sangat dibutuhkan untuk menyematkan banyak nyawa publik dari bahaya bencana alam.

Bambang menegaskan hal ini saat mengajukan interupsi pada Rapat Paripurna DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto, di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9/2019). Basarnas sendiri pernah mengajukan anggaran sebesar Rp 4 triliun, namun dipotong Rp 2 triliun.

“Anggaran Basarnas sangat dibutuhkan. Apalagi, pada posisi ring of fire kita perlu memperkuat Basarnas. Indonesia juga telah meratifikasi protokol International Maritime Organization sebagai negara yang punya lautan luas. Kami menganggap tidak ada perhatian pemerintah terhadap nyawa publik yang harganya tidak terhingga,” ujar Bambang seperti dikutip dari website dpr.go.id.

Legislator F-Gerindra DPR RI ini membandingkan atas rencana pemerintah membangun jembatan pada tahun 2020 yang menghubungkan Pulau Sumatera dengan Bangka dengan anggaran Rp 15 triliun. Jembatan itu, kata Bambang, hanya dilewati 10 kendaran per jam. Jadi cenderung mubazir.

Menurutnya, lebih baik anggaran tersebut dialokasikan untuk memperkuat Basarnas yang tujuannya untuk menyelamatkan nyawa publik.

BACA JUGA  Majelis Keluarga Ponpes Sidogiri Minta Gus Muwafiq Taubat

“Kami prihatin dengan kebijakan Kementerian Keuangan dan Bappenas yang tidak peduli dengan keselamatan nyawa publik tersebut,” tandas Bambang.

Reporter: Qoid
Sumber: dpr.go.id

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Munaqosyah

Pemikiran Syahrur dan Problem Otoritas dalam Studi Islam

Kekacauan terjadi ketika seseorang yang tidak ahli memaksa diri untuk berbicara ilmu. Dalam konteks ilmu agama, jumlah alim-ulama semakin sedikit. Dalam jumlah yang sedikit itu muncul orang-orang yang jahil berbicara agama.

Rabu, 04/09/2019 14:08 0

Amerika

Penembakan Massal Kembali Terjadi di AS, Remaja Bunuh Semua Keluarganya

Para korban, jelasnya, merupakan ayah pelaku John Sisk (38), ibu tirinya Mary Sisk (35), dan dua adik lelakinya, masing-masing berusia 6 tahun dan 6 bulan, serta adik perempuannya yang berusia 5 tahun.

Rabu, 04/09/2019 08:40 0

Myanmar

Bangladesh Haramkan Internet dan Kartu Ponsel untuk Rohingya

Pihak berwenang meminta perusahaan pada Ahad lalu untuk memblokir layanan ponsel dan berhenti menjual perdana kepada Rohingya.

Rabu, 04/09/2019 07:37 0

Irak

Penjinak Bom Asal AS Tewas di Mosul, Irak

Berdasarkan laporan awal, insiden tersebut bermula saat korban berusaha menjinakkan "objek bom namun tiba-tiba meledak dan membunuhnya seketika".

Rabu, 04/09/2019 06:57 0

Afghanistan

Taliban Serbu Kompleks Lembaga Asing di Pusat Ibukota Kabul

Green Village merupakan tempat tinggal banyak orang asing. Daerah ini dijaga ketat oleh pasukan Afghanistan dan penjaga keamanan swasta. Berulang kali kawasan ini menjadi target serangan.

Selasa, 03/09/2019 10:06 0

Arab Saudi

Insiden Dhamar, Koalisi Saudi: Kami Tidak Tahu Ada Penjara di Lokasi

Menurut Palang Merah Internasional (ICRC), sebanyak 100 orang tewas dalam serangan udara tersebut.

Selasa, 03/09/2019 08:31 0

Asean

AS dan ASEAN Gelar Latihan Gabungan Angkatan Laut

Titik awal latihan di di Pangkalan Angkatan Laut Sattahip di Thailand dan berakhir di Singapura. Latihan ini untuk menghadapi Cina

Selasa, 03/09/2019 07:52 0

Yaman

Serangan Udara Koalisi Arab Kenai Penjara Syiah Hutsi, Puluhan Tewas

Sampai saat ini, belum bisa diverifikasi dari sumber independen tentang jumlah korban tewas dan luka-luka akibat insiden tersebut.

Senin, 02/09/2019 10:03 0

News

Provinsi di Belgia Larang Penyembelihan Halal

Peraturan melarang "penyembelihan halal" ini memicu reaksi dari komunitas Muslim dan Yahudi.

Senin, 02/09/2019 09:02 1

Afghanistan

Taliban Luncurkan Serangan Besar-besaran di Kunduz

Kantor berita AFP melaporkan bahwa penembakan dengan senjata ringan dan berat terjadi di empat daerah di Kunduz

Senin, 02/09/2019 07:39 0

Close