... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ribuan Warga Ma’arat Al-Nu’man di Selatan Idlib Berbondong-bondong Mengungsi

Foto: Sebagian warga menggunakan truk untuk mengungsi dari Ma'arat Al-Nu'man

KIBLAT.NET, Idlib – Tim Koordinator Respons Suriah, Kamis (29/08/2019), mendokumentasikan perpindahan sebanyak 9.000 lebih warga sipil dari daerah Ma’arat Al-Nu’man di pedesaan Idlib dalam waktu 24 jam terakhir. Ribuan warga itu mencari tempat aman untuk menghindari dari gempuran udara dan rudal yang dilakukan oleh pasukan rezim Suriah dan Rusia.

Berdasarkan pernyataan resmi lembaga indpenden itu, perpindahan besar-besaran dari daerah pedesaan Idlib selatan dan timur, terutama dari kota Ma’arat Al-Nu’man dan sekitarnya, sebagai akibat dari penembakan yang dilakukan oleh pasukan rezim dan Rusia.

Tim ini mendokumentasikan perpindahan sebanyak 1.474 keluarga (dengan perkiraan total 9.587 jiwa) dalam waktu 24 ja. Saat laporan ini dirilis, mayoritas mereka masih di jalan utama dan di tempat terbuka.

Pihak-pihak yang dituju dan dilalui gelombang pengungsi itu didesak untuk menyediakan pusat-pusat penampungan dan membuka gedung sekola serta kamp untuk pengungsi. Hal itu sangat mendesak mengingat berjejalnya orang-orang yang membutuhkan tempat perlindungan.

Sementara itu, koresponden portal Enabbaladi.net di pedesaan Idlib melaporkan bahwa pesawat tempur Rusia memusatkan penembakan di sekitar Ma’arat Al-Nu’man dan pinggiran Idlib, kota Al-Tmanea, Ma’arshamsha, Al-Tah, dan pinggiran kota-kota Nasfra dan Al-Bara. Kota-kota ini berada di selatan Idlib dan menjadi jalur utama menuju kota terakhir oposisi Suriah tersebut.

Kota Ma’arat Al-Nu’man telah sendiri, sejak Rabu malam lalu, menjadi sasaran pemboman jet tempur Rusia. Sedikitnya14 warga sipil dilaporkan tewas, termasuk enam anak-anak dan dua wanita, dan melukai 34 lainnya, termasuk wanita dan anak-anak, sebagaimana didokumentasikan oleh Pertahanan Sipil Suriah (White Helmets).

BACA JUGA  Assad Mengaku Diuntungkan dengan Kesepakatan Erdogan-Putin

Kota-kota di pedesaan selatan Idlib telah mengalami eskalasi udara dari jet Rusia dan Suriah selama berhari-hari. Namun, intensitas serangan meningkat pada Kamis, sehari setelah pertemuan puncak antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin, untuk membahas situasi di Idlib.

Sejak pagi itu, satu skuadron pesawat tempur Rusia dan Suriah, yang terdiri dari 13 pesawat, mulai menargetkan lingkungan perumahan di 24 kota dan desa di kawasan itu, menurut pengamat militer yang mengkhususkan diri dalam pemantauan lalu lintas udara, dan koresponden Enab Baladi.

Sumber: Enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Dahnil Anzar: Pak Jokowi Sudah Bangun Infrastruktur di Papua, Pasti Bisa Redam Gejolak

Dahnil Anzar Simanjuntak yakin presiden Jokowi bisa meredam gejolak jika langsung datang ke Papua.

Kamis, 29/08/2019 21:57 0

Indonesia

MOI Nilai Banyak Tokoh Gunakan Istilah Radikalisme dengan Serampangan

Majelis Ormas Islam (MOI) mengadakan konferensi pers menyikapi isu radikalisme yang digunakan secara serampangan beberapa pihak.

Kamis, 29/08/2019 21:14 0

Konsultasi

Kenapa Kalender Islam Dimulai dari Hijrah Nabi?

Kenapa Kalender Hijriah Dimulai dari Hijrah Nabi?

Kamis, 29/08/2019 16:31 0

Indonesia

Dinilai Berjasa Dalam Perlindungan Saksi dan Korban, Romo Syafii Dapat Penghargaan dari LPSK

Mantan Ketua Pansus RUU Terorisme, Muhammad Syafii mendapat penghargaan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK)

Kamis, 29/08/2019 15:30 0

Indonesia

BNPT Tuding Virus Terorisme Sudah Sampai ke PAUD

Direktur Pencegahan BNPT menyebut lembaga pendidikan ini menjadi target dimasukkan paham terorisme

Kamis, 29/08/2019 15:21 1

Indonesia

Soal Papua, Komisi 1 DPR Minta Tak Ada Intervensi Urusan Dalam Negeri Indonesia

"Jangan sampai ada intervensi dalam masalah dalam negeri Indonesia"

Kamis, 29/08/2019 14:10 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Menyelami Hakikat Kemenangan Islam

Khutbah Jumat: Menyelami Hakikat Kemenangan Islam

Kamis, 29/08/2019 13:56 0

Indonesia

Hasil Survei LIPI: Pemilu Serentak 2019 Tak Memenuhi Tujuan Dasar

Tim peneliti LIPI menyetakan Pemilu Serentak 2019 jauh panggang dari api

Kamis, 29/08/2019 11:36 0

Indonesia

Wahdah Peduli Sulteng Luluskan Relawan Siap Tugas

“Maka diharapkan relawan Wahdah Peduli (WP) Wilayah Sulawesi Tengah yang terbentuk bisa terus aktif ketika ada panggilan atau instruksi terhadap tanggap darurat bencana,” tutur Syukri Turusi, Wakil ketua Wahdah Peduli (WP) Pusat, Rabu (28/8/2019).

Kamis, 29/08/2019 07:25 0

Munaqosyah

Telaah Sanad Hadits “Tetap Taat Meski Punggungmu Dipukul..”

Ulil Amri adalah sebuah istilah syar’i. Di dalam Islam diskursus tentang ulil amri sudah menjadi kajian para ulama. Para ulama salaf sudah memberikan rambu-rambu yang jelas terkait ulil amri. Siapa ulil amri, kapan ulil amri ditaati, kapan dinasehati, kapan menjadi objek amar makruf nahi munkar dan kapan diperbolehkan keluar dari ketaatannya

Rabu, 28/08/2019 16:47 0

Close