... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Wahdah Peduli Sulteng Luluskan Relawan Siap Tugas

KIBLAT.NET, Palu – Ancaman bencana di Indonesia semakin memadat sepanjang tahun 2019. Bahkan BMKG merilis wilayah kota Palu dan sekitarnya yang baru saja diuji dengan bencana, sebagai red zone atau area yang sangat berpotensi akan gempa dan tsunami di waktu yang akan datang.

“Maka diharapkan relawan Wahdah Peduli (WP) Wilayah Sulawesi Tengah yang terbentuk bisa terus aktif ketika ada panggilan atau instruksi terhadap tanggap darurat bencana,” tutur Syukri Turusi, Wakil ketua Wahdah Peduli (WP) Pusat, Rabu (28/8/2019).

Hal itu ini dituturkan oleh alumni Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin ini, pasca pembentukan relawan WP untuk wilayah Sulawesi Tengah.

Dia menambahkan, relawan WP yang juga telah terbentuk di beberapa daerah seperti Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), Kalimantan Utara (Kaltara) dan yang terakhir di Sulawesi Tengah (Sulteng), bisa menjadi tim terlatih yang siap mendampingi Pemerintah dalam menangani bencana.

Sebagaimana diketahui, Dewan Pimpinan Wilayah Wahdah Islamiyah (DPW WI) Sulteng telah menyelenggarakan training tanggap darurat dengan tema besar Basic Training Wahdah Peduli di Aula PKBI Sulteng, Jalan Lekatu No.5 Kel. Tavanjuka Kota Palu, Sabtu (24/08/2019) hingga Ahad (25/08/2019) lalu.

Peserta pelatihan berasal dari utusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) WI se-Sulteng yang berjumlah 30 orang, yang kemudian mendapat pembekalan materi dasar kebencanaan dalam ruangan, dan diakhiri dengan pelatihan lapangan berupa pelatihan Water Rescue, atau teknik penyelamatan di air.

BACA JUGA  Disebut Terima Dana dari Cina, Muhammadiyah: Kami Tidak Bisa Dibeli

Dalam teknik penyelamatan tersebut, DPW WI Sulteng mengundang SAR kota Palu sebagai pemateri, yang kemudian membawakan materi berupa teknik-teknik penyelamatan korban di area perairan.

Pelatihan dipimpin langsung oleh Muhtar selaku tim training SAR Kota Palu, yang kemudian memberikan dua jenis pelatihan yakni praktik kering berupa pemberian materi dasar penyelamatan air, dan praktik basah berupa peragaan penyelamatan air di Pesisir Pantai Nelayan, Kota Palu.

Pelatihan lapangan yang berlangsung selama empat jam ini kemudian ditutup secara resmi oleh Ketua DPW WI Sulteng, Muh. Samsul.

Dia berpesan kepada para relawan untuk bersiap siaga terhadap bencana yang terjadi di daerah masing-masing.

“Insya Allah semua relawan WP yang hari ini telah terbentuk harus siap siaga ketika ada instruksi dari DPW atau WP pusat,” tegas Sekaligus meresmikan tim WP Wilayah Sulawesi Tengah.

Wahdah Peduli adalah tim kerja organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam Wahdah Islamiyah yang berada dalam kordinasi Departemen Sosial DPP WI, yang difungsikan untuk mengadakan penanganan tanggap darurat bencana, dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Redaktur: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Munaqosyah

Telaah Sanad Hadits “Tetap Taat Meski Punggungmu Dipukul..”

Ulil Amri adalah sebuah istilah syar’i. Di dalam Islam diskursus tentang ulil amri sudah menjadi kajian para ulama. Para ulama salaf sudah memberikan rambu-rambu yang jelas terkait ulil amri. Siapa ulil amri, kapan ulil amri ditaati, kapan dinasehati, kapan menjadi objek amar makruf nahi munkar dan kapan diperbolehkan keluar dari ketaatannya

Rabu, 28/08/2019 16:47 0

Thailand

Indonesia Usung Isu Krisis Rohingya dalam Sidang AIPA

Tanggal 25 Agustus 2019 tepat dua tahun peristiwa genosida dan eksodus ratusan ribu orang Rohingya dari Myanmar ke Bangladesh

Rabu, 28/08/2019 11:12 0

Suriah

Pertempuran Sengit Meletus di Khan Sheikhoun, Idlib

Pertempuran itu, lanjut Rami, menewaskan 29 anggota pasukan rezim dan milisi yang loyal terhadapnya. Sementara korban dari pejuang Suriah, sebanyak 23 pasukan.

Rabu, 28/08/2019 09:18 0

Qatar

Taliban dan AS Bahas Poin Terakhir Negosiasi Damai

"Kami telah membuat kemajuan (pada Kamis) dan kami sekarang sedang mendiskusikan mekanisme implementasi dan beberapa poin teknis," kata Suhail Shaheen, juru bicara kantor biro politik Taliban, kepada AFP pada Sabtu lalu

Rabu, 28/08/2019 07:53 0

Malaysia

Malaysia Tawarkan Minyak Sawit Untuk Dibarter dengan Peralatan Perang

Malaysia menawarkan minyak sawit kepada enam negara sebagai untuk ditukar dengan alutsista

Selasa, 27/08/2019 19:36 0

Info Event

Pemuda Al Fath Bagikan Paket Sembako Gratis Kepada Puluhan Dhuafa di Tabanan

Puluhan paket sembako dibagikan kepada kaum dhuafa di empat desa di Kabupaten Tabanan

Selasa, 27/08/2019 17:41 0

India

Kelompok Hindu India Boikot McDonald’s Gara-gara Kantongi Sertifikat Halal

Pemboikotan McDonald di India terjadi setelah restoran cepat saji itu menyatakan bahwa semua restorannya bersertifikat halal

Selasa, 27/08/2019 14:58 0

Info Event

Indonesia Muslim Lifestyle Festival Suguhkan Gaya Hidup Halal yang Komprehensif

Pameran industri dan gaya hidup halal terbesar dan terlengkap di Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim Life Fest) 2019 di Jakarta Convention Centre

Selasa, 27/08/2019 11:19 0

Afrika

Netizen Sudan Kutuk Fasilitas Mobil Mewah Anggota Dewan Kedaulatan

Dewan Kedaulatan terdiri dari 11 anggota, lima warga sipil, lima personel militer, dan anggota sipil lain yang disetujui oleh para pihak.

Selasa, 27/08/2019 10:25 0

Amerika

Deplu AS Hapus Palestina dari Daftar Nama-nama Negara Dunia

Langkah terbaru AS sebagai hadiah dari pemerintahan Trump kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

Selasa, 27/08/2019 09:13 0

Close