... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Hasil Survei LIPI: Pemilu Serentak 2019 Tak Memenuhi Tujuan Dasar

Foto: Pemilu 2019

KIBLAT.NET, Jakarta – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merilis hasil survei yang menunjukkan Pemilu Serentak 2019 tak memenuhi tujuan dasar, sebagaimana diamanatkan Undang-undang Pemilu.

“Pemilu Serentak 2019 jauh panggang dari api. Dua tujuan dasar pelaksanaan Pemilu Serentak sebagaimana tercantum dalam UU Pemilu tidak dapat terpenuhi dalam Pemilu Serentak 2019,” ujar Ketua Tim Survei Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI Wawan Ichwanuddin dalam pemaparan hasil survei pasca-pemilu 2019 di Jakarta, Rabu (28/08/2019) melansir Antara.

Wawan menjelaskan berdasarkan UU Pemilu ada dua tujuan utama Pemilu Serentak. Pertama, terciptanya kestabilan pemerintahan yang dihasilkan dari keselarasan hasil pemilihan presiden dan pemilihan legislatif akibat efek ekor jas. Hal itu tidak tercapai karena mayoritas responden mengaku memilih caleg/partai yang mendukung kandidat presiden/wakil presiden pilihannya terlampau rendah hanya 16,9 persen.

Tujuan kedua juga tak terpenuhi, yaitu memberi ruang pada pemilih agar lebih cerdas dalam memilih. Pasalnya, 74 persen responden dari kalangan publik dan 86 persen responden dari kalangan tokoh setuju bahwa Pemilu Serentak 2019 telah menyulitkan pemilih.

“Alih-alih bisa memilih secara rasional kandidat yang akan memimpin negara dan mewakili mereka di parlemen, para pemilih dipusingkan dengan hal-hal teknis, karena surat suara yang harus dicoblos terlampau banyak,” ujar Wawan.

Dia mengatakan sebanyak 82 persen responden dari kalangan tokoh berpendapat bahwa skema pemilu serentak harus diubah. Adapun mengenai kualitas pemilu, mayoritas responden menilai bahwa Pemilu Serentak 2019 telah dilaksanakan secara jujur dan adil baik di tingkat terbawah di TPS hingga tingkat nasional.

BACA JUGA  IZI: Amil Zakat Harus Bermental Kuat

Akan tetapi, sebanyak 47,4 persen responden menyetujui bahwa telah terjadi politik uang dalam Pemilu Serentak 2019. Lebih lanjut, kata Wawan, berdasarkan hasil survei terdapat temuan menarik yang patut digarisbawahi yaitu sebanyak 46,7 persen responden menganggap politik uang sebagai sesuatu yang wajar dan dapat dimaklumi.

Hal ini menurutnya telah menunjukkan bahwa dalam pemahaman sebagian masyarakat, ada atau tidaknya politik uang tidak termasuk sebagai salah satu komponen untuk menilai integritas pemilu.

Survei P2P LIPI ini dilakukan 27 April-5 Mei 2019, terhadap 1.500 responden dari 34 provinsi dengan batas kesalahan sebesar 2,53 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Selain itu, survei ini juga menangkap persepsi 119 orang tokoh/elite dengan berbagai latar belakang baik akademisi, politisi, jurnalis, pengusaha, budayawan, tokoh masyarakat, tokoh agama, aktivis isu perempuan, NGO dan pemuda, dari lima kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Padang, Pontianak, Surabaya, dan Makassar. Tokoh yang diwawancarai dipilih dengan metode purposive sampling.

Sumber: Antara
Redaktur: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Prancis

Mantan Rapper Prancis: Sebelum Muallaf, Saya Selalu Sedih dan Sepi

"Ketika saya ikut beribadah dengannya, saya merasakan kontak langsung dengan Allah. Al-Quran yang ia baca dalam salat seolah-olah "hidup”. Saya menjadi benar-benar yakin bahwa Tuhan itu ada, dan semakin saya membaca Al-Quran, keyakinan saya semakin kuat.

Kamis, 29/08/2019 09:39 1

Palestina

Hamas: Serangan Bom di Gaza Dilakukan Pelaku Bom Bunuh Diri

Al-Bazm menduga tujuan serangan ini untuk "menciptakan kekacauan di Gaza".

Kamis, 29/08/2019 08:28 0

Munaqosyah

Telaah Sanad Hadits “Tetap Taat Meski Punggungmu Dipukul..”

Ulil Amri adalah sebuah istilah syar’i. Di dalam Islam diskursus tentang ulil amri sudah menjadi kajian para ulama. Para ulama salaf sudah memberikan rambu-rambu yang jelas terkait ulil amri. Siapa ulil amri, kapan ulil amri ditaati, kapan dinasehati, kapan menjadi objek amar makruf nahi munkar dan kapan diperbolehkan keluar dari ketaatannya

Rabu, 28/08/2019 16:47 0

Thailand

Indonesia Usung Isu Krisis Rohingya dalam Sidang AIPA

Tanggal 25 Agustus 2019 tepat dua tahun peristiwa genosida dan eksodus ratusan ribu orang Rohingya dari Myanmar ke Bangladesh

Rabu, 28/08/2019 11:12 0

Suriah

Pertempuran Sengit Meletus di Khan Sheikhoun, Idlib

Pertempuran itu, lanjut Rami, menewaskan 29 anggota pasukan rezim dan milisi yang loyal terhadapnya. Sementara korban dari pejuang Suriah, sebanyak 23 pasukan.

Rabu, 28/08/2019 09:18 0

Qatar

Taliban dan AS Bahas Poin Terakhir Negosiasi Damai

"Kami telah membuat kemajuan (pada Kamis) dan kami sekarang sedang mendiskusikan mekanisme implementasi dan beberapa poin teknis," kata Suhail Shaheen, juru bicara kantor biro politik Taliban, kepada AFP pada Sabtu lalu

Rabu, 28/08/2019 07:53 0

Malaysia

Malaysia Tawarkan Minyak Sawit Untuk Dibarter dengan Peralatan Perang

Malaysia menawarkan minyak sawit kepada enam negara sebagai untuk ditukar dengan alutsista

Selasa, 27/08/2019 19:36 0

Info Event

Pemuda Al Fath Bagikan Paket Sembako Gratis Kepada Puluhan Dhuafa di Tabanan

Puluhan paket sembako dibagikan kepada kaum dhuafa di empat desa di Kabupaten Tabanan

Selasa, 27/08/2019 17:41 0

India

Kelompok Hindu India Boikot McDonald’s Gara-gara Kantongi Sertifikat Halal

Pemboikotan McDonald di India terjadi setelah restoran cepat saji itu menyatakan bahwa semua restorannya bersertifikat halal

Selasa, 27/08/2019 14:58 0

Info Event

Indonesia Muslim Lifestyle Festival Suguhkan Gaya Hidup Halal yang Komprehensif

Pameran industri dan gaya hidup halal terbesar dan terlengkap di Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim Life Fest) 2019 di Jakarta Convention Centre

Selasa, 27/08/2019 11:19 0

Close