Pertempuran Sengit Meletus di Khan Sheikhoun, Idlib

KIBLAT.NET, Idlib – Sebanyak 60 pasukan tewas dalam pertempuran antara gabungan pejuang Suriah dan militer Bashar Assad di Khan Sheikhoun, pedesaan Idlib, pada Selasa (27/08/2019), menurut laporan lembaga pengawas HAM Suriah (SOHR). Pertempuran hebat itu meletus akibat serangan balik pejuang Suriah.

Direktur SOHR, Rami Abdelrahmen, mengatakan kepada AFP bahwa pertempuran itu meletus pada waktu fajar di timur kota Khan Sheikhoun. Baku tembak berlangsung berjam-jam akibat serangan balik faksi-faksi jihadis dan oposisi menargetkan posisi militer Suriah.

Menurut Rami, serangan pejuang ini berhasil dihalau oleh militer rezim dengan dukungan pasukan udara dan jet tempur Rusia. Faksi Hurrasuddin, yang merupakan cabang resmi Organisasi Al-Qaidah di Suriah, memimpin serangan ini.

Pertempuran itu, lanjut Rami, menewaskan 29 anggota pasukan rezim dan milisi yang loyal terhadapnya. Sementara korban dari pejuang Suriah, sebanyak 23 pasukan.

Militer Suriah merebut kota strategis Khan Sheikhoun dan beberapa kota di pedesaan Hama utara setelah menggelar kampanye militer besar-besaran selama tiga bulan. Sengitnya serangan dan minimnya perbekalan memaksa pejuang mundur dari kota yang berada di selatan Idlib itu.

Rusia mengatakan bahwa eskalasi militer rezim yang didukungnya di Idlib itu tidak menyalahi kesepakatan yang dibuatnya dengan Turki. Kesepakatan yang diteken di Sochi itu menyamakan persepsi bahwa kedua pihak sepakat memerangi organisasi “teroris” yang sudah disebutkan oleh DK PBB.

Eskalasi rezim ini membuat gelombang baru pengungsi. Menurut data PBB, ratusan ribu warga di pedesaan Idlib mengungsi menuju perbatasan Turki untuk menghindari kampanye militer rezim.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat