Saat Tiga Terdakwa Kompak Bantah Kesaksian Polisi

KIBLAT.NET, Jakarta – Tiga terdakwa kasus Kericuhan 21-22 Mei membantah keterangan dua anggota Polri dalam persidangan Kamis malam (22/08/2019) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Para terdakwa itu adalah Aziz, Asep dan Agus.

Persidangan tersebut menghadirkan saksi dari aparat Robby Firmnsyah, anggota Polri dari Polda Metro Jaya. Ia bersaksi melihat Aziz melempar batu ke arah barisan Brimob sekitar pukul 22.00 WIB. Robby mengaku berada di tempat tinggi saat melihat Aziz melempar batu. Ia pun segera mengikuti Aziz dan kawan-kawannya. Sesampainya di sekitar Polsek Gambir, mereka bertiga ditangkap.

Robby menjelaskan dengan detail jarak dia dengan Aziz CS, baju yang dikenakan, hingga jarak lemparan Aziz ke barisan Brimob.

“Saya dengan Aziz berjarak sekitar 30 meter. Saya lihat dia menggunakan baju koko putih, peci putih. Jarak lemparan Aziz ke Brimob sekitar 10 meter,” kata Robby dalam kesaksiannya.

“Mereka bertiga ditangkap saat hendak naik bajai di dekat Polsek Gambir,” sambungnya.

Para terdakwa yang diberi kesempatan oleh majelis hakim untuk memberikan pertanyaan atau tanggapan menyatakan keberatan atas keterangan saksi aparat tersebut.

“Saya keberatan dengan keterangan saksi. Demi Allah saya tidak melakukan pelemparan satu pun,” tegas Aziz.

Aziz membantah mengenakan baju koko saat aksi. Saat itu, kata dia, saya mengenakan kemeja biasa dan topi. Aziz juga mengungkapkan tidak berada di Bawaslu saat ada demonstrasi. Namun, ia berada di Gedung Jaya.

BACA JUGA  Din Syamsuddin Nilai Pemanggilan Anies Oleh Polisi Tak Wajar

Kawan Aziz, Asep juga bersumpah bahwa Aziz tidak melakukan pelemparan kepada Brimob. Karena saat itu Asep berapa di samping Aziz.

Sementara itu, Agus memberikan pertanyaan kepada Polisi tersebut. Yaitu berapa orang yang ditangkap ketika itu. Polisi pun tetap pada jawaban pertama yaitu tiga orang.

“Saksi bilang kami ditangkap bertiga. Padahal kami ditangkap berempat,” pungkas Agus.

Di akhir persidangan saat ditanya majelis hakim apakah saksi tetap menggunakan pendapat awal atau berubah, kedua saksi mengatakan tetap menggunakan pendapat awal. Menurut pantauan Kiblat.net, persidangan kali ini diwarnai tawa dari peserta sidang hingga hakim ketua memberikan peringatan.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Hunef Ibrahim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat