Sandiaga Uno Sebut Pemindahan Ibu Kota Belum Jadi Prioritas

KIBLAT.NET, Jakarta – Sandiaga Uno menanggapi wacana Presiden Jokowi yang ingin memindah ibu kota Indonesia ke Kalimantan. Menurutnya, pemerintah harus hati-hati dengan rencana tersebut.

“Kita harus hati-hati, kami tidak langsung bilang setuju atau tidak tapi kami ingin pelajari lebih seksama. Karena jumlah biayanya, sumber dananya berapa dan dampak untuk lapangan kerja serta harga-harga bahan pokok yang dirasakan,” katanya di Komplek Parlemen, Jakarta pada Jumat (16/08/2019).

Sebab, jika tidak hati-hati ia khawatir nanti harga properti naik semua di pulau Kalimantan. Dan biaya hidup yang tidak terjangkau masyarakat di sana. Sandi menekankan hal itu yang perlu jadi fokus ke depan.

“Tapi saya tidak ingin secara terburu-buru untuk menanggapi. Kita ingin pelajari dulu mungkin bicara dengan beberapa pengamat bagaimana posisi keadaan keuangan kita ke depan,” paparnya.

Selain itu, mantan Cawapres 02 ini juga melihat bahwa pemindahan ibu kota akan sangat besar pengaruhnya. Kita, lanjutnya, harus belajar dari kesuksesan dan kegagalan pemindahan ibu kota di beberapa negara kain.

Sandi juga menyebutkan bahwa pemindahan ibu kota seharusnya tidak menjadi program pioritas. “Iya, menurut saya bukan prioritas. Tapi karena Presiden sudah menyampaikan ya kita harus pelajari secara keseluruhan,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat