... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

The Habibie Center Dianggap Islamophobia Gara-gara Poster Diskusi Buku Memberantas Terorisme

Foto: Tampilan buku Memberantas Terorisme Praktik, Kebijakan dan Tantangan yang muncul di laman www.deteksiindonesia.com

KIBLAT.NET, Jakarta – Unggahan akun instagram resmi The Habibie Center tentang Diskusi dan Peluncuran Buku Memberantas Terorisme di Indonesia memantik polemik. Pasalnya, dalam poster yang turut diunggah menyertakan ilustrasi beberapa pria berjenggot dan berpeci, dan salah satunya terlihat menggendong senjata.

Unggahan di @habibicenter tersebut menerangkan bahwa Diskusi dan Peluncuran Buku Memberantas Terorisme di Indonesia: Praktik, Kebijakan, dan Tantangan akan digelar pada Selasa (20/08/2019) di Hotel Atlet Century, Jakarta. Unggahan itu dibuat pada Selasa (13/08/2019), dengan menyertakan tagar #DemokratisasiTakBolehHenti.

Sejumlah komentar muncul dalam unggahan diakun Instagram resmi The Habibie Center, yang kebanyakan mengecam ilustrasi yang digunakan dalam poster tersebut. “Langsung menyudutkan bahwa teroris itu berjenggot, berpeci, kemudian membawa senjata… dan sekeas habibie center ikut mempromosikan acaranya,” ujar @diaimam.

Sementara, @rahmat_h28 berkomentar, “kenapa teroris selalu di identikkan dengan muslim alias Islam ya??”.

Ada juga netizen yang bertanya-tanya dengan ilustrasi yang digunakan dalam poster tersebut. “Makin kesini habibiecenter kok begini yah… Hehehe tdk sama sekali mencerminkan pak habibie. sorry,” kata @reza.s.sofyan.

Netizen lain menganggap ilustrasi yang muncul tersebut menandakan islamophobia. “Miminnya mabok… kena islamophobia juga,” komen @jamaludin_kamil. “gambarnya menuju lsg ke MUSLIM, ternyata @habibiecenter islamophobia,” ujar @winnyannas.

Poster Diskusi dan Peluncuran Buku Memberantas Terorisme di Indonesia Praktik, Kebijakan, dan Tantangan yang sempat diunggah The Habibie Center

Sejumlah komentar lain menyayangkan unggahan di akun Instagram resmi The Habibie Center tersebut. Namun, pada Kamis (15/08/2019) sekitar pukul 12.30 WIB unggahan itu sudah dihapus dari akun tersebut.

BACA JUGA  MUI: Bangsa Indonesia Berduka Atas Meninggalnya BJ Habibie

Setelah mengundang polemik, The Habibie Center sempat memunculkan unggahan bertajuk KLARIFIKASI, yang mengutarakan bahwa mereka tidak bermaksud memancing polemik.

“Gambar tersebut justru merupakan bentuk kritik atas identifikasi terorisme yang kerap diasosiasikan dengan kelompok. golongan. atau agama tertentu, sebagaimana definisi lengkap yang terdapat di dalam buku,” ujar akun @habibecenter pada pukul 09.00 WIB, Kamis (15/08/2019).

The Habibie Center beralasan bahwa penanganan terorisme harus dilakukan dengan target yang jelas dan sasaran tepat, bukan berdasarkan stigmatisasi yang bias. “Inilah mengapa dalam poster tersebut hanya ada satu orang yang memegang senjata dan lainnya tidak. Si pemegang senjata pun tidak berada di depan dan dikelilingi orang-orang Iain. Pelaku terorisme hanya sebagian yang sangat kecil dan tidak representatif. walau mereka ingin mengesankan bahwa kelompok mereka besar,” ujarnya.

Setelah mengungkapkan klarifikasi tersebut, The Habibi Center mengundang netizen untuk datang ke acara diskusi dan peluncuran buku “Memberantas Terorisme di Indonesia: Praktik, Kebijakan, dan Tantangan’ agar dapat mendiskusikan tema ini secara langsung serta mendapatkan buku tersebut secara gratis. Selain itu disebutkan bahwa buku tersebut juga tersedia dalam versi PDF yang dapat diunduh di: www.deteksiindonesia.com. Setelah diteusuri di laman tersebut, rupanya ilustrasi serupa juga digunakan dalam sampul Buku Memberantas Terorisme: Praktik, Kebijakan dan Tantangan.

Belakangan, klarifikasi yang diunggah tersebut juga lenyap dari akun instagram The Habibie Center. Saat dicek pada Kamis (15/08/2019) pukul 13.00 WIB unggahan itu sudah tak ditemukan.

Klarifikasi yang diunggah The Habibie Center menyusulpolemik Poster Diskusi dan Peluncuran Buku Memberantas Terorisme di Indonesia Praktik, Kebijakan, dan Tantangan

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Telepon Jokowi, Erdogan Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha

Menurut Departemen Komunikasi Kepresidenan Turki, Erdogan yang menghubungi koleganya itu. Kedua kepala negara pun bertukar ucapan selamat oleh Idul Adha.

Kamis, 15/08/2019 10:45 0

Info Event

Muslimah, Yuk Ikut Hijrah Reborn: Karena Hijrah Bukan Sekedar Berubah

Jangan lupa untuk segera mendaftar! Karena kuota terbatas hanya untuk 250 muslimah saja.

Kamis, 15/08/2019 10:01 2

Afrika

Gerakan Al-Shabaab Serang Pangkalan Militer di Pinggiran Mogadishu

"Setelah ledakan, mereka mencoba menyerang pertahanan tentara, tetapi mereka tidak bisa. Kami masih mengejar mereka. Sejumlah tentara sedikit terluka oleh pecahan bom, tetapi tidak ada yang terluka serius," katanya.

Kamis, 15/08/2019 08:43 0

Afghanistan

PBB Sangat Prihatin Tewasnya Belasan Sipil oleh Pasukan Afghanistan

Para korban merupakan para pelajar yang sedang menghadiri undangan makan malam di rumah temannya

Kamis, 15/08/2019 08:13 0

Suriah

Oposisi Tembak Jatuh Jet Suriah, Pasukan Rezim Dekati Pintu Masuk Idlib

Para ulama Suriah yang menentang rezim Bashar Assad menyerukan mobilisasi umum kepada para lelaki dan pemuda untuk mengangkat senjata melawan agresi rezim dan sekutunya.

Kamis, 15/08/2019 07:27 0

Pakistan

Situasi Makin Panas, Perdana Menteri Pakistan Kunjungi Kashmir

Kedatangan Perdana Menteri Imran Khan menegaskan kembali dukungan bagi warga Kashmir

Rabu, 14/08/2019 22:44 0

Amerika

Pakistan Minta DK PBB Sidang Darurat Bahas Kashmir

Ia pun berharap India dan Pakistan dapat menyelesaikan perbedaan mereka melalui dialog.

Rabu, 14/08/2019 08:57 0

Info Event

Askar Kauny Bina Kampung Mualaf Baduy

“Askar Kauny berkomitmen untuk terus berkhidmat kepada masyarakat melalui Alquran. Menguatkan aqidah masyarakat mualaf dengan terus mendekatkan mereka dengan Alquran, mengajarkan baca tulis dan hafal Alquran selain ilmu-ilmu keislaman lainnya adalah jalan yang dapat ditempuh, selain menguatkan ekonomi masyarakatnya,” jelas Ust. Hilal Achmad selaku Direktur Pelaksana Program.

Rabu, 14/08/2019 08:27 0

Arab Saudi

Akhiri Manasik, Jemaah Haji Kembali ke Makkah untuk Tawaf Wada

“Saya tidak bisa mengungkapkan kegembiraan dan kesenangan saya. Para Jemaah yang membutuhkan bantuan pasti dibantu. Baik dalam kondisi sakit, atau kesulitan lainnya,” kata Haqqani yang tengah bersiap untuk melakukan Tawaf Wada.

Rabu, 14/08/2019 07:24 0

Info Event

Penghuni Lapas di Bali Terima Daging Kurban dari Pemuda Al Fath Tabanan

Olahan daging kurban tersebut juga dibagikan kepada para napi yang non muslim

Selasa, 13/08/2019 17:36 0

Close