... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Oposisi Tembak Jatuh Jet Suriah, Pasukan Rezim Dekati Pintu Masuk Idlib

Foto: Serpihan Sukhoi-22 yang ditembak jatuh pejuang oposisi

KIBLAT.NET, Idlib – Oposisi Suriah menembak jatuh jet tempur militer Suriah dan menawan pilotnya dalam pertempuran di pedesaan Idlib selatan pada Rabu (14/08/2019). Di sisi lain, militer rezim mengambil kendali wilayah baru di dekat kota Khan Sheikhoun di pedesaan Idlib selatan, yang menjadikannya berjarak hanya beberapa kilometer dari pusat kota Idlib.

Koresponden Al-Jazeera, melansir dari keterangan seorang komandan lapangan oposisi bersenjata, mengatakan bahwa pesawat yang ditembak jatuh itu jenis Sukhoi-22. Gambar yang diunggah di internet menguatkan kabar jatuhnya jet itu. Jet tersebut jatuh di sekitar desa Al-Tamana’ah di pedesaan Idlib tenggara. Sementara pihak militer belum mengomentari berita tersebut.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) mengatakan bahwa pilot yang melompat dari jet tempur ditangkap oleh pasukan oposisi.

Kelompok pejuang terbesar di Idlib, Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS), mengumumkan bahwa pejuangnya yang menembak jatuh pesawat yang diidentifikasi lepas landas dari sebuah pangkalan di provinsi Homs itu.

Serangan Balik 

Menurut aktivis media Suriah, faksi-faksi oposisi melancarkan serangan balik di pedesaan Idlib untuk merebut kembali wilayah yang lepas dalam beberapa hari terakhir, terutama di poros Tel Aas.

Rekaman video yang dirilis oleh aliansi Jabhah Wathaniyah lit Tahrir (JWT) menunjukkan bahwa para pejuangnya memukul mundur pasukan rezim di dekat Khan Sheikhoun, menghancurkan sebuah tank dan kendaraan yang membawa tentara dan peluncur roket.

BACA JUGA  Rusia Dirikan Pangkalan Militer di Bekas Wilayah Kurdi Suriah

SOHR dan media rezim mengatakan bahwa wilayah yang direbut itu desa Kafr Ain, Kharbah Mursyid, Al-Mindhar dan Tal Aas di barat kota Khan Sheikhoun. Khan Sheikhoun merupakan kota terbesar di pedesaan Idlib selatan dan pintu masuk ke seluruh wilayah di provinsi Idlib.

Sejumlah media oposisi menyebutkan kerugian yang diderita oleh pasukan rezim dan milisi sekutunya dengan total terluka melebihi 200 pasukan, dan hancurnya sekitar 20 kendaraan serta kendaraan lapis baja dalam bentrokan di poros Skik di pedesaan Idlib.

Khan Sheikhoun

Di sisi lain, Reuters melaporkan bahwa pasukan rezim mengambil kendali wilayah baru dari pasukan oposisi di dekat Khan Sheikhoun. Media itu mengatakan, melansir dari keterangan komandan oposisi, hilangnya kontrol atas wilayah itu sangat berbahaya bagi Idlib.

SOHR dan media rezim mengatakan bahwa wilayah yang direbut itu desa Kafr Ain, Kharbah Mursyid, Al-Mindhar dan Tal Aas di barat kota Khan Sheikhoun. Khan Sheikhoun merupakan kota terbesar di pedesaan Idlib selatan dan pintu masuk ke seluruh wilayah di provinsi Idlib.

“Pasukan rezim saat ini hanya berjarak empat kolometer dari Khan Sheikhoun,” kata SOHR.

Sementara itu, para ulama Suriah yang menentang rezim Bashar Assad menyerukan mobilisasi umum kepada para lelaki dan pemuda untuk mengangkat senjata melawan agresi rezim dan sekutunya. Di antaranya ulama itu, Syaikh Abdurrazaq Al-Mahdi.

BACA JUGA  Pasca Kematian Baghdadi, Begini Peta Keberadaan ISIS

Ulama ahli hadist itu menyeru seluruh lelaki dan pemuda untuk ikut bergabung dalam barisan pejuang melindungi wilayah umat Islam. Ia juga berkunjung ke front-front pertempuran untuk memberi semangat para pejuang oposisi.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Enzo Dikaitkan HTI, Fahri Hamzah: Banyak yang Bangga dengan Idologi Komunis Jadi Pejabat

Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah menanggapi foto Enzo Zenz Allie yang dikaitkan pada organisasi HTI

Rabu, 14/08/2019 15:23 0

Indonesia

Fahri Hamzah Apresiasi TNI Pertahankan Enzo

Fahri Hamzah menyampaikan apresiasi kepada para petinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang telah mempertahankan Enzo

Rabu, 14/08/2019 15:12 0

Indonesia

Siap Tunaikan Janji Kampanye, Anies Baswedan: Saya Akan Jawab Kata-kata dengan Karya

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa ia akan mewujudkan semua janji-janji kampenya.

Rabu, 14/08/2019 13:15 0

Indonesia

Hongkong Memanas, Ini Imbauan Kemlu untuk WNI

kementerian luar negeri Indonesia mengeluarkan beberapa imbauan bagi WNI yang akan berangkat maupun tengah berada di Hong Kong

Rabu, 14/08/2019 12:28 0

Info Event

Askar Kauny Bina Kampung Mualaf Baduy

“Askar Kauny berkomitmen untuk terus berkhidmat kepada masyarakat melalui Alquran. Menguatkan aqidah masyarakat mualaf dengan terus mendekatkan mereka dengan Alquran, mengajarkan baca tulis dan hafal Alquran selain ilmu-ilmu keislaman lainnya adalah jalan yang dapat ditempuh, selain menguatkan ekonomi masyarakatnya,” jelas Ust. Hilal Achmad selaku Direktur Pelaksana Program.

Rabu, 14/08/2019 08:27 0

Indonesia

27 Klien BHF Terkait Ricuh 21-22 Mei Didakwa Melawan Pejabat yang Bertugas

Badan Hukum Front (BHF) mendampingi persidangan 27 orang terkait kerusuhan aksi 21-22 Mei lalu.

Selasa, 13/08/2019 22:16 0

Info Event

Penghuni Lapas di Bali Terima Daging Kurban dari Pemuda Al Fath Tabanan

Olahan daging kurban tersebut juga dibagikan kepada para napi yang non muslim

Selasa, 13/08/2019 17:36 0

Artikel

Gerakan Sahwah di Arab Saudi: Dulu Dirangkul, Kini Dimusuhi

Kelompok ini menganjurkan untuk memasukkan ajaran Islam ke dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari.

Selasa, 13/08/2019 16:49 0

Indonesia

Sekjen MUI: Pasca Haji, Umat Islam Harus Menjunjung Persatuan

Anwar Abbas menegaskan bahwa dalam ibadah haji ada beberapa nilai  yang sangat patut diambil dan pegang kuat oleh umat Islam

Selasa, 13/08/2019 15:42 0

Indonesia

Gandeng PPMI, KBRI Islamabad Salurkan Daging Qurban Kepada Masyarakat Pakistan

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Islamabad menyelenggarakan penyembelihan hewan Qurban

Selasa, 13/08/2019 14:46 0

Close