... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sekjen MUI: Pasca Haji, Umat Islam Harus Menjunjung Persatuan

Foto: Sekjen MUI Anwar Abbas (foto: Taufiq/Kiblat)

KIBLAT.NET, Jakarta – Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas menegaskan bahwa dalam ibadah haji ada beberapa nilai  yang sangat patut diambil dan pegang kuat oleh umat Islam. Misalnya yaitu pentingnya persatuan.

“Dalam ibadah haji ini sangat tergambar bahwa umat islam itu adalah bersaudara. Meskipun suku bangsa dan negara kita berbeda-beda tapi kita adalah satu yaitu sama-sama hamba Allah dan umat Nabi Muhammad,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Selasa (13/08/2019).

“Untuk kuatnya persatuan dan kesatuan antara kita dengan sesama maka di antara kita harus ada rasa saling peduli dan saling berempati,” sambungnya.

Selain itu, pasca ibadah haji umat Islam hendaknya dalam setiap waktu dan dalam setiap ruang dan tempat hendaklah selalu ingat dan mendekatkan diri dengan Allah. Ini artinya, kata dia, kita dituntut untuk selalu menyesuaikan sikap dan tingkah laku kita dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya.

“Selain itu, agar jalan dan perjalanan hidup kita selalu berada dalam ridho Allah maka ada dua tokoh yang sangat patut kita contoh dan suri tuladani. Yaitu Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS,” paparnya.

Anwar menekankan, beberapa nilai tersebut sangat penting kita jaga dan pelihara. Dan kalau hal-hal tersebut bisa kita jaga dan pelihara maka umat islam akan menjadi umat yang kuat yang tidak bisa dipermainkan oleh orang-orang yang tidak suka kepadanya.

BACA JUGA  PKS: Kembalinya Habib Rizieq Tugas Negara

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

India

India Tutup Kota Terbesar di Kashmir pada Hari Raya Idul Adha

Sampai saat ini, pemerintah India masih memutus jaringan internet dan telepon. Pembatasan komunikasi ini sudah memasuki hari ke-8.

Selasa, 13/08/2019 11:26 0

Qatar

AS Tekan Taliban Berbagi Kekuasaan dan Gencatan Senjata

"Kami telah memperpanjang pertemuan kami dengan harapan mencapai kesepakatan damai tetapi waktu yang ada belum memungkin ," kata seorang negosiator Taliban kepada Reuters.

Selasa, 13/08/2019 10:10 0

Arab Saudi

Untuk Pertama Kali, Pemerintah Saudi Izinkan Narapidana Berhaji

"Tujuan utama dari program ini adalah untuk merehabilitasi, mengintegrasikan kembali, dan memotivasi para tahanan," kata Bandar bin Ali Al-Kharmi, Direktur Hubungan Masyarakat dan Media di Direktorat Jenderal Penjara.

Selasa, 13/08/2019 09:16 0

India

Dibatasi, Warga Kashmir Harus Mengantre untuk Bertelepon

"Jangan datang ke Kashmir, kami akan pergi ke Nepal untuk menemui Anda setelah Idul Adha," teriaknya.

Selasa, 13/08/2019 08:09 0

Eropa

Polisi Norwegia Sebut Penyerangan Masjid Al Noor Sebagai Aksi Terorisme

Pelaku penembakan di Masjid Islamic Centre Al Noor mengunggah manifesto paham sayap kanan sebelum menjalankan aksinya

Senin, 12/08/2019 19:52 0

Artikel

Dari Haji Untuk Indonesia

Ibadah haji, tidak saja membentuk penyebaran ilmu agama dari tanah suci ke tanah air, namun juga membentuk identitas bagi apa yang kemudian kita kenal dengan Indonesia

Senin, 12/08/2019 19:13 0

Afghanistan

Perundingan Kedelapan Taliban-AS Berakhir, Ini yang Dibahas

Kedua belah pihak kembali untuk berkonsultasi dengan pemimpin masing-masing untuk memutuskan langkah selanjutnya

Senin, 12/08/2019 14:04 0

Fikih

Hukum Membagikan Daging Kurban dalam Kondisi Sudah Dimasak

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan sarana transportasi, maka inovasi kaum muslimin dalam pendistribusian daging kurban-pun beragam. Dengan alasan pemerataan, maka salah satu inovasi dalam distribusi daging kurban adalah dengan mengolah daging kurban dan mengemasnya di kaleng untuk kemudian didistribusikan ke daerah-daerah yang minim kurbannya. Bagaimana pandangan ulama dalam masalah ini? 

Senin, 12/08/2019 13:50 0

Wilayah Lain

7 Negara Ini Berhari Raya Kurban pada Senin

Sementara pengikut Syiah di Irak dan Lebanon menetapkan Idul Adha juga hari ini berdasarkan ketetapan Iran. Ahlussunnah di kedua negara itu berlebaran haji pada Ahad. 

Senin, 12/08/2019 10:09 0

Suriah

Oposisi Suriah Kehilangan Kontrol Wilayah Strategis di Pedesaan Idlib

SOHR mengatakan bahwa pertempuran yang berlangsung pada Sabtu (10/08/2019) itu mengakibatkan kematian lebih dari 100 pasukan dari kedua pihak.

Senin, 12/08/2019 09:52 0

Close