... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Muslim Al-Quds Diseru Siaga di Al-Aqsha dan Undur Penyembelihan Kurban

Foto: Masjid Al-Aqsha

KIBLAT.NET, Al-Quds – Setelah untuk pertama kalinya berhasil menyerbu Masjid Al-Aqsa di hari-hari terlarang di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan tahun ini, kelompok-kelompok kuil Yahudi kembali merencanakan penyerbuan besar-besaran di masjid suci kedua umat Islam itu pada hari pertama Idul Adha. Seruan pengunduran penyembelihan hewan kurban demi bersiaga melindungi Masjid Al-Aqsha pun digaungkan oleh para aktivis dan ulama.

Para Yahudi Israel menganggap 10 Dzulhijjah merupakan hari penghancuran Kuil Solomon oleh orang-orang Babilonia. Mereka ingin menggelar upacara peringatan di Masjid Al-Aqsha untuk pertama kalinya.

Kelompok-kelompok kuil setiap tahun menggalang opini menyeru warga Israel untuk ikut serta dalam penyerbuan Masjid Al-Aqsha sebelum hari peringatan penghancuran Kuil Solomon. Pada Rabu dan Kamis lalu, mereka menggelar konferensi untuk mendiskusikan strategi dan mekanisme penyerbuan Al-Aqsha.

Para aktivis dan ulama Palestina menyerukan mobilisasi massa untuk melindungi Al-Aqsha di hari raya pertama Idul Adha. Umat Islam diminta berjaga sepanjang hari untuk menggagalkan rencana penyerbuan oleh kelompok-kelompok Yahudi.

Di antara aktivis yang menyerukan hal itu, Riyadh Abhes. Ia menulis di halaman Facebook-nya, “Jika Rasulullah hidup di tengah-tengah kita dan melihat kita hanya memiliki dua pilihan: Masjid Al-Aqsha diserbu ketika kita sibuk menyembelih kurban atau menjaganya dengan mengakhirkan penyembelihan kurban di hari berikutnya, apa yang beliau akan pilih!?”

Mengomentari hal ini, Mufti Al-Quds Syaikh Muhammad Husain menegaskan tidak mengapa mengakhiran penyembelihan hewan kurban hingga tiga hari setelah Hari Raya Idul Adha. “Menyembelih hewan kurban boleh sepanjang hari-hari raya, siang maupun malam. Tidak mengapa mengakhirkannya demi berjaga-jaga di Masjid Al-Aqsha,” jelasnya kepada Al-Jazeera.

BACA JUGA  Masih Ingat Bocah Palestina Ini? Penembaknya Belum Juga Diadili

Menurutnya, ancaman penyerbuan Al-Aqsha di Hari Raya Idul Adha besok sangat nyata. Ia pun menyeru umat Islam berjaga-jaga untuk melindungi Al-Aqsha dari serbuan kelompok-kelompok Yahudi ekstrem.

Sementara itu, Dewan Tertinggi Islam mengeluarkan pernyataan yang mengumumkan penutupan semua masjid di Al-Quds (Yerusalem). Salat Idul Adha hanya akan digelar di Masjid Al-Aqsha. Putusan ini sebagai langkah untuk melindungi kemungkinan penyerbuan Al-Aqsha di hari pertama Idul Adha. Di saat bersamaan, kabar beredar menyebutkan polisi Israel sedang berencana membuka pintu Al-Aqsha untuk kelompok-kelompok Yahudi.

Para ekstremis Yahudi opotimis bisa kembali menyerbu Al-Aqsha setelah mereka sukses pada sepuluh hari terakhir Ramadhan lalu. Menurut aturan, hari-hari itu tidak boleh ada Yahudi yang masuk ke Al-Aqsha

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Fatma MUI: Boleh Distribusi Tunda Daging Kurban, Termasuk Dikalengkan

Daging kurban boleh dikalengkan dan diolah dalam bentuk kornet, rendang, atau sejenisnya

Jum'at, 09/08/2019 21:06 0

Indonesia

Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi, PBB Resmi Dukung Jokowi?

MS Kaban menyebutkan bahwa rakyat perlu untuk menghormati keputusan Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatan pihak Prabowo-Sandi.

Jum'at, 09/08/2019 20:06 0

Indonesia

BNPB: Berstatus Waspada, Gunung Slamet Bisa Erupsi Sewaktu-waktu

Gunung Slamet mengalami peningkatan aktivitas secara signifikan terhitung sejak 1 Juni hingga 8 Agustus 2019.

Jum'at, 09/08/2019 19:43 0

Indonesia

MS Kaban: Negara Rugi Jika FPI Dibubarkan

Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB), MS Kaban menegaskan bahwa selama ini FPI selalu memberikan manfaat bagi masyarakat.

Jum'at, 09/08/2019 19:30 1

Tazkiyah

Mengurungkan Berhaji, Demi Membantu Fakir Miskin

Banyak yang mampu berangkat haji, namun berapa banyak yang mampu mengurungkan berangkat haji dan menyumbangkan bekal hajinya untuk fakir miskin?

Jum'at, 09/08/2019 15:51 0

Indonesia

Sejumlah Tokoh Mengaku Siap Jemput HRS Setelah Idul Adha

Beberapa tokoh berkumpul mengadakan diskusi yang membahas persoalan Habib Rizieq Syihab.

Jum'at, 09/08/2019 15:42 0

Indonesia

Milad Muhammadiyah ke 110, Ini Harapan Haedar Nasir

kini Muhammadiyah dengan seluruh komponen organisasi di dalamnya telah berkembang pesat

Jum'at, 09/08/2019 15:25 0

Indonesia

MS Kaban Bandingkan Sikap Pemerintah ke Baiq Nuril dan Habib Rizieq

Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban mengatakan bahwa kasus Habib Rizieq berkaitan dengan sikapnya yang selalu berseberangan dengan pemerintah.

Jum'at, 09/08/2019 14:57 0

Indonesia

Ahli Hukum: Negara Harus Pulangkan Habib Rizieq

Ahli Hukum Pidana, Muhammad Taufik mempertanyakan kenapa pemerintah Indonesia tidak memulangkan Habib Rizieq Syihab.

Jum'at, 09/08/2019 14:30 0

Indonesia

Taliban Minta Konflik Kashmir Tak Dihubungkan dengan Afghanistan

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid memberikan tanggapan terhadap pernyataan yang berusaha mengaitkan krisis Kashmir dengan Afghanistan

Jum'at, 09/08/2019 11:44 0

Close