... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pasca Penembakan Massal di AS, Amnesty Internasional Keluarkan Travel Warning

Foto: Amnesty International

KIBLAT.NET, Jakarta – Pasca penembakan massal yang terjadi di dua lokasi berbeda dalam rentang waktu singkat, Amnesty International mengeluarkan travel warning atau peringatan perjalanan kepada wisatawan dan orang yang akan berkunjung ke Amerika Serikat.

“Hari ini kami mengeluarkan peringatan perjalanan yang meminta wisatawan dan pendatang yang ke Amerika Serikat untuk sangat berhati-hati,” kata pihak Amnesty International melalui akun Twitter resmi, Kamis (08/08/2019).

Amnesty juga memperingatkan bagi para wisatawan dan pendatang untuk menyiapkan sebuah rencana darurat ketika mendatangi berbagai wilayah di Amerika Serikat. “Peringatan perjalanan ini dikeluarkan terkait terjadinya kekerasan bersenjata tingkat tinggi di negara tersebut,” ungkapnya.

Lembaga tersebut menyampaikan beberapa pesan kepada semua orang yang akan mengunjungi Amerika Serikat. “Ekstra waspadalah sepanjang waktu dan selalu waspada terhadap senjata api ketika berada di antara kerumunan warga,” ungkap Amnesty.

Para wisatawan dan pengunjung yang datang ke Amerika juga disarankan menghindari tempat-tempat yang menjadi lokasi berkumpulnya massadalam jumlah besar, khususnya acara kebudayaan, tempat ibadah, sekolah, dan pusat perbelanjaan. Mereka juga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan ketika mengunjungi bar, klub malam, dan kasino.

Amnesty Internasional juga memperingatkan risiko tinggi sasaran serangan bersenjata, dengan kemungkinan menargetkan jenis kelamin, ras, negara asal, latar belakang etnis, hingga orientasi seksual pengunjung.

Berdasarkan hukum HAM internasional, Amerika Serikat punya kewajiban untuk menetapkan aturan di tingkat negara bagian dan wilayah yang lebih rendah, untuk mengatur akses terhadap senjata api. Langkah-langkah itu dinilai dapat melindungi hak hidup dan bergerak bebas tanpa ancaman kekerasan bersenjata.

BACA JUGA  Pasca Insiden Penembakan Massal, AS Kumpulkan Perusahaan Media Sosial

“Pemerintah belum mengambil langkah yang cukup dalam menjalankan kewajiban tersebut,” tandas Amnesty.

Penembakan berturut-turut terjadi di dua lokasi berbeda di Amerika Serikat belum lama ini. Pertama di kota El Paso, Texas seorang kulit putih melancarkan tembakan di pusat perbelanjaan hingga menewaskan 20 orang pada Sabtu siang (03/08/2019). Tak berselang lama, penembakan terjadi di Dayton, Ohio, menewaskan 9 orang pada Ahad (04/08/2019) dini hari.

Reporter: Imam S.
Redaktur: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tazkiyah

Mengurungkan Berhaji, Demi Membantu Fakir Miskin

Banyak yang mampu berangkat haji, namun berapa banyak yang mampu mengurungkan berangkat haji dan menyumbangkan bekal hajinya untuk fakir miskin?

Jum'at, 09/08/2019 15:51 0

Indonesia

Sejumlah Tokoh Mengaku Siap Jemput HRS Setelah Idul Adha

Beberapa tokoh berkumpul mengadakan diskusi yang membahas persoalan Habib Rizieq Syihab.

Jum'at, 09/08/2019 15:42 0

Indonesia

Milad Muhammadiyah ke 110, Ini Harapan Haedar Nasir

kini Muhammadiyah dengan seluruh komponen organisasi di dalamnya telah berkembang pesat

Jum'at, 09/08/2019 15:25 0

Indonesia

MS Kaban Bandingkan Sikap Pemerintah ke Baiq Nuril dan Habib Rizieq

Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban mengatakan bahwa kasus Habib Rizieq berkaitan dengan sikapnya yang selalu berseberangan dengan pemerintah.

Jum'at, 09/08/2019 14:57 0

Indonesia

Ahli Hukum: Negara Harus Pulangkan Habib Rizieq

Ahli Hukum Pidana, Muhammad Taufik mempertanyakan kenapa pemerintah Indonesia tidak memulangkan Habib Rizieq Syihab.

Jum'at, 09/08/2019 14:30 0

Indonesia

Taliban Minta Konflik Kashmir Tak Dihubungkan dengan Afghanistan

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid memberikan tanggapan terhadap pernyataan yang berusaha mengaitkan krisis Kashmir dengan Afghanistan

Jum'at, 09/08/2019 11:44 0

Fikih

Apakah Tetap Sah Kambing Kurban yang Dibeli dari Patungan Suami Istri?

Bagi seorang istri hendaknya memberikan sebagian uangnya kepada suaminya yang cukup untuk membeli hewan kurban, dan suaminya yang menyembelih dan mengikutsertakan pahala untuk keluarganya.

Jum'at, 09/08/2019 08:48 0

Indonesia

Pelibatan TNI Tangani Terorisme Munculkan Kekhawatiran

"Tindakan yang dilakukan polisi sekarang cenderung memilih tembak mati orang yang diduga aksi terorisme. Kalau TNI yang melakukan apakah kita tidak khawatir ini juga terjadi"

Kamis, 08/08/2019 20:29 0

Indonesia

Draft Perpres Pelibatan TNI Tangani Terorisme Bolehkan Pendaan dari Luar APBN

"Hampir semua pasal ini bermasalah," tegasnya.

Kamis, 08/08/2019 18:00 0

Indonesia

Komnas HAM Tolak Pelibatan TNI Dalam Penanganan Terorisme

"Pelibatan ini bertentangan dengan aturan yang ada. Kalau masalah penegakan hukum ya polisi, perang melawan radikalisme bukan tupoksi TNI. Kebanyakan ngurus gini, TNI justru menjadi tidak profesional," ungkapnya dalam konferensi pers di Kantor Komnas HAM pada Kamis (08/08/2019).

Kamis, 08/08/2019 17:00 0

Close