... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Nilai Plus Bisnis Makanan Bersertifikat Halal

Foto: Label halal

KIBLAT.NET, Palembang – Ketua Chef Halal Indonesia (CHI) R Muhammad Suherman mengungkap nilai plus peluang berbisnis produk makanan halal yang mengantongi sertifikat halal jauh lebih baik dan menjanjikan. Menurutnya, sertifikat halal membuat jangkauan pasar makanan lebih luas.

“Dengan sertifikasi halal maka ada added value (nilai tambah) pada produk. Pelaku usaha sekarang harus punya (sertifkat halal) ini. Karena demand produk halal kini sudah terbentuk dan tumbuh dengan cepat,” terang Chef Herman saat berkunjung di booth Halal Indonesia milik Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Sabtu (03/08) dalam Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Bank Indonesia di Ballroom Aryaduta Palembang.

“Sertifikasi halal itu menjadi jaminan bahwa ketika kita punya sertifikat halal maka marketnya makin luas, terlebih saat nanti (sertifikat halal) diberlakukan secara mandatory (wajib),” tambahnya.

Sementara itu, kepala BPJPH Sukoso menyatakan, sertifikasi halal atas produk, termasuk makanan dan minuman, merupakan amanat Undang-Undang 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

“Ini adalah amanah Undang-Undang JPH yang akan segera kita implementasikan,” tegasnya sesaat usai menjadi narasumber seminar “Fasilitasi Sertifikasi dan Pengembangan Usaha Halal” di Ballroom Arista Palembang (3/8).

Sukoso menambahkan, penyelenggaraan jaminan produk halal selain bertujuan untuk memberikan kenyamanan, keamanan, keselamatan, dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengonsumsi dan menggunakan produk. Juga untuk meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha untuk memproduksi dan menjual produk halal.

BACA JUGA  Puluhan Santri Meninggal Akibat Pesantren Terbakar

Sukoso mengatakan bahwa BPJPH sebagai lembaga pemerintah yang diberi wewenang untuk menyelenggarakan jaminan produk halal sangat mendorong adanya nilai tambah pada produk termasuk produk UKM.

“Dengan nilai tambah tersebut diharapkan produk halal dapat berkompetisi dalam perdagangan bebas yang global seperti sekarang ini. Dengan begitu, produk UKM diharapkan juga dapat menjadi penopang kekuatan ekspor kita,” tambahnya.

Sumber: kemenag.go.id
Redaktur: Qoid

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Alpukat, Komoditi Andalan Petani Palestina di Tepi Barat

Lima tahun lalu, Yusef Abu Daher, seorang petani dari Qalqilya, di Tepi Barat utara, memutuskan untuk menanam alpukat di tanahnya.

Rabu, 07/08/2019 15:56 0

Fikih

Arisan Dalam Berkurban, Sah kah?

Setidaknya terdapat dua kondisi orang yang berkurban dengan hutang:

Rabu, 07/08/2019 10:40 0

Video News

Kepala Pencari Fakta PBB Bongkar Pelanggaran HAM terhadap Penduduk Rohingya

KIBLAT.NET, Jakarta – Kepala Misi Pencari Fakta Perserikaan Bangsa-Bangsa (PBB) di Myanmar, Marzuki Darusman mengatakan...

Selasa, 06/08/2019 16:53 0

Video News

Ini yang Harus ASEAN Lakukan untuk Konflik Rohingya

KIBLAT.NET, Jakarta – Kepala Misi Pencari Fakta Perserikaan Bangsa-Bangsa (PBB) di Myanmar, Marzuki Darusman mengatakan...

Selasa, 06/08/2019 16:50 0

Video News

Jangan Salah! Inilah Hasil Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional IV

KIBLAT.NET, Bogor – Setelah melalui serangkaian proses musyawarah, Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional IV berakhir...

Selasa, 06/08/2019 11:47 0

Arab Saudi

Viral Video Tenda Haji Kebakaran di Mina, Begini Penjelasan Menag

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengkonfirmasi bahwa kebakaran tersebut bukan terjadi pada tenda jemaah haji Indonesia.

Selasa, 06/08/2019 11:11 0

Video News

Ijtima Ulama 4 Bahas Pemilu 2024? Ini Jawaban Ketua GNPF Ulama

KIBLAT.NET- Bogor, 5 Agustus 2019, Ijtima Ulama dan Tokoh Nasional IV diadakan. Benarkah Ijtima Ulama...

Selasa, 06/08/2019 11:04 0

Palestina

Pendiri Hamas Tutup Usia

Syaikh Hamdan termasuk salah satu pemimpin Ikhwanul Muslimin di Palestina. Ia merupakan pemimpin bersejarah bagi Hamas

Selasa, 06/08/2019 09:59 0

India

India Hapus Otonomi Kashmir, Warga Muslim Terancam

Akibatnya, menurut para kritikus, penduduk mayoritas Hindu sekarang dapat menetap di Kashmir yang akan mengubah demografi di sana.

Selasa, 06/08/2019 08:14 0

Fikih

Hukum-hukum Penting yang Wajib Diketahui oleh Para Pengurban

Catatan: Tidak mengapa jika cacatnya itu ringan, menurut pendapat jumhur ulama. Cacara ringan itu seperti tanduknya seperempat atau sepertiga tanduknya pecah, sobek sepertiga atau seperempat telinganya

Selasa, 06/08/2019 07:40 0

Close