... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

YLKI Desak PLN Beri Konsumen Ganti Rugi Akibat Pemadaman Listrik

Foto: Jaringan listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN)

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemadaman listrik total selama berjam-jam di wilayah Jabodetabek dan sejumlah area Jawa Barat tak hanya merugikan konsumen residensial, tetapi juga para pelaku usaha. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan kompensasi atas kerugiaan yang dialami konsumen.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyesalkan terjadinya pemadaman listrik secara total di wilayah Jabodetabek dan sejumlah area Jabar lainnya. Hal itu dinilai menjadi tanda bahwa infrastruktur pembangkit PT PLN belum handal.

“Oleh karena itu, program pemerintah seharusnya bukan hanya menambah kapasitas pembangkit PLN, tetapi juga harus meningkatkan keandalan pembangkit PT PLN,” kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi dalam keterangan tertulis yang diterima Kiblat, Senin (05/08/2019).

Tak hanya pembangkit, Tulus menilai keandalan infrastruktur pendukung lainnya juga harus ditingkatkan. Transmisi, gardu induk, dan gardu distribusi harus menjadi perhatian PLN.

“Padamnya listrik, apalagi di Jabodetabek, bukan hanya merugikan konsumen residensial saja tetapi juga sektor pelaku usaha,” ungkap Tulus.

Tulus menyebut pemadaman total yang berlangsung selama berjam-jam bisa menjadi sinyal buruk bagi daya tarik investasi di Jakarta dan bahkan Indonesia. “Kalau di Jakarta saja seperti ini, bagaimana di luar Jakarta, dan atau di luar Pulau Jawa?” ujarnya.

YLKI meminta manajemen PT PLN untuk menjelaskan pada publik apa penyebab gangguan pembangkit di Suralaya, dan gangguan-gangguan lain yang menyebabkan pemadaman tersebut. PLN juga diminta memberikan kompensasi atas kerugian yang diderita konsumennya.

BACA JUGA  Kemenag: Harus Ada Standar Imam Masjid

“YLKI meminta PT PLN memberikan kompensasi pada konsumen, bukan hanya berdasar regulasi teknis yang ada, tetapi berdasar kerugian riil yang dialami konsumen akibat pemadaman ini,” pungkasnya.

Reporter: Imam S.
Redaktur: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rusia

Polisi Rusia Tangkap 800 Demonstran Anti-Pemerintah

Aksi massa ini merupakan rangkaian aksi protes atas pelarangan sejumlah kandidat oposisi, beberapa sekutu Navalny, untuk mencalonkan diri dalam pemilihan legislatif September di Moskow.

Senin, 05/08/2019 11:21 0

Info Event

Baitul Wakaf Lakukan Edukasi Wakaf Bagi Kaum Muda

Baitul Wakaf menggelar Studium General Aksi Wakaf di Aula Pesantren Hidayatullah Depok, Ahad (04/08/2019)

Senin, 05/08/2019 11:18 0

Artikel

7 Amal Shalih yang Dianjurkan pada 10 Awal Dzulhijjah

“Tiada hari-hari yang amal shalih padanya paling dicintai disisi Allah melainkan hari-hari ini.” Yaitu sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Para shahabat bertanya: "Wahai Rasulullah, tidakkah jihad di jalan Allah (paling dicintai Allah)?. Beliau menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang keluar (dari rumahnya untuk berjihad) dengan jiwa dan hartanya, Lalu dia tidak pulang dari itu dengan apapun.” (HR. Al-Bukhari).

Senin, 05/08/2019 10:08 0

India

Ribuan Orang Tinggalkan Kashmir Setelah Muncul Kabar Rencana Serangan Militan

Pihak keamanan India menyebut adanya informasi intelijen terkait rencana serangan saat musim ziarah umat Hindu

Sabtu, 03/08/2019 19:28 0

Arab Saudi

Arab Saudi Bebaskan Perempuan Urus Paspor dan Pergi ke Luar Negeri Tanpa Izin Wali

Sebelumnya Arab Saudi telah mencabut larangan mengemudi bagi perempuan

Sabtu, 03/08/2019 18:17 0

Afrika

Militer dan Oposisi Sudan Sepakat Bentuk Pemerintahan Transisi

Dewan Transisi Militer (TMC) yang berkuasa di Sudan dan koalisi oposisi utama telah mencapai kesepakatan untuk membentuk pemerintahan transisi.

Sabtu, 03/08/2019 14:29 0

Amerika

AS Keluar dari Kesepakatan Pengurangan Rudal Jelajah dengan Rusia

Perjanjian itu, yang ditandatangani pada tahun 1987 oleh Presiden AS Ronald Reagan dan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev, memberikan pengurangan rudal konvensional dan nuklir dari kedua kekuatan.

Sabtu, 03/08/2019 10:08 0

China

Cina Hapus Semua Simbol-simbol Arab dan Islam

Pihak berwenang di ibukota Cina telah memerintahkan restoran halal dan kedai makanan untuk menghapus tulisan Arab dan simbol-simbol yang terkait dengan Islam.

Jum'at, 02/08/2019 14:30 0

Philipina

Realisasi “Perjanjian Bangsamoro”, Militer Filipina Latih 255 Eks Pejuang MILF

Angkatan Bersenjata Filipina akan melatih sekitar 255 mantan pejuang Front Pembebasan Islam Moro (MILF) untuk bergabung dengan pasukan pemerintah yang mengamankan wilayah Bangsamoro.

Jum'at, 02/08/2019 14:00 0

Arab Saudi

Sama dengan RI, Arab Saudi Tetapkan Idul Adha pada 11 Agustus

Jamaah haji akan berada di dataran Gunung Arafat pada hari Sabtu 10 Agustus, dan Idul Adha akan dimulai pada hari Ahad 11 Agustus.

Jum'at, 02/08/2019 13:22 0

Close