... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tewaskan 20 Orang, Pelaku Penembakan Massal di Texas Tulis Manifesto Rasis

Foto: Patrick Crusius pelaku penembakan massal di El Paso, Texas yang menewaskan 20 orang

KIBLAT.NET, El Paso – Seorang pria kulit putih bersenjata memberondong para pengunjung pusat perbelanjaan Walmart di El Paso, Texas, menyebabkan sedikitnya 20 orang tewas. Sebelum beraksi pelaku diduga menulis pernyataan sikap atau manifesto yang berisi kebencian rasial.

Penembakan massal di Walmart El Paso, Texas terjadi pada Sabtu (03/08/2019). Pelaku melepaskan tembakan ke arah pengunjung pusat perbelanjaan dengan menggunakan senapan serbu. Dalam cuplikan video yang beredar terlihat banyak mayat bergeletakan di lokasi parkir pusat perbelanjaan. Rekaman lain menunjukkan para pengunjung lain berlarian saat mendengar letusan tembakan.

Pihak keamanan setempat segera mengamankan pelaku berusia 21 tahun bernama Patrick Crusius dari Texas. Pihak berwenang juga mengumumkan kebutuhan darah untuk transfusi bagi para korban.

“Dua puluh orang tak berdosa dari El Paso telah kehilangan nyawa mereka,” kata Gubernur Texas Greg Abbott dalam sebuah konferensi pers.

“Kami sebagai negara bersatu dalam membantu para korban dan keluarga mereka,” imbuhnya.

Kepala kepolisian Greg Allen membenarkan kematian 20 orang akibat penembakan massal di El Paso. Dia menyebut 26 orang lainnya terluka. Sejumlah laporan berita menyebut para korban yang dirawat berusia antara 20 hingga 82 tahun.

Polisi mengatakan saat terjadi penembakan pusat perbelanjaan Walmart menapung pengunjung sesuai kapasitasnya. Diperkirakan ada 1.000 hingga 3.000 pelanggan di dalamnya.

Kepolisian mengungkapkan pria kulit putih yang menjadi pelaku penembakan diduga telah menuliskan sebuah pernyataan sikap yang menunjukkan paham ekstrem yang dianutnya. “Saat ini kami memiliki manifesto dari individu ini yang menunjukkan sampai taraf tertentu, ia memiliki hubungan dengan potensi kejahatan rasial,” kata Allen.

BACA JUGA  Program Kemenag: Revitalisasi KUA dan Tingkatkan Kapasitas Penghulu

Manifesto atau pernyataan sikap diduga ditulis oleh Crusius yang diedarkan secara online berisi pandangan-padangan yang menentang “invasi Hispanik” di Texas. Dalam tulisan itu disebutkan bahwa ia berharap akan terbunuh dalam serangannya.

Saksi mata mengatakan pria bersenjata itu terlihat menembak secara acak ketika beraksi sekitar pukul 10.30 pagi. “Saya melihat seorang wanita, sepertinya dia keluar dari Walmart, menuju ke mobilnya. Dia memiliki bahan makanan di kereta dorongnya dan saya melihatnya terjatuh,” ungkap bernama Vanessa yang baru tiba di lokasi parkir.

Penembakan massal di El Paso ini terjadi tak sampai sepekan setelah pada akhir pekan lalu juga terjadi aksi serupa. Sejumlah orang tewas dalam penembakan massal juga terjadi di sebuah Walmart di California.

Sumber: Channel News Asia
Redaktur: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

7 Amal Shalih yang Dianjurkan pada 10 Awal Dzulhijjah

“Tiada hari-hari yang amal shalih padanya paling dicintai disisi Allah melainkan hari-hari ini.” Yaitu sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Para shahabat bertanya: "Wahai Rasulullah, tidakkah jihad di jalan Allah (paling dicintai Allah)?. Beliau menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang keluar (dari rumahnya untuk berjihad) dengan jiwa dan hartanya, Lalu dia tidak pulang dari itu dengan apapun.” (HR. Al-Bukhari).

Senin, 05/08/2019 10:08 0

India

Ribuan Orang Tinggalkan Kashmir Setelah Muncul Kabar Rencana Serangan Militan

Pihak keamanan India menyebut adanya informasi intelijen terkait rencana serangan saat musim ziarah umat Hindu

Sabtu, 03/08/2019 19:28 0

Arab Saudi

Arab Saudi Bebaskan Perempuan Urus Paspor dan Pergi ke Luar Negeri Tanpa Izin Wali

Sebelumnya Arab Saudi telah mencabut larangan mengemudi bagi perempuan

Sabtu, 03/08/2019 18:17 0

Afrika

Militer dan Oposisi Sudan Sepakat Bentuk Pemerintahan Transisi

Dewan Transisi Militer (TMC) yang berkuasa di Sudan dan koalisi oposisi utama telah mencapai kesepakatan untuk membentuk pemerintahan transisi.

Sabtu, 03/08/2019 14:29 0

Amerika

AS Keluar dari Kesepakatan Pengurangan Rudal Jelajah dengan Rusia

Perjanjian itu, yang ditandatangani pada tahun 1987 oleh Presiden AS Ronald Reagan dan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev, memberikan pengurangan rudal konvensional dan nuklir dari kedua kekuatan.

Sabtu, 03/08/2019 10:08 0

China

Cina Hapus Semua Simbol-simbol Arab dan Islam

Pihak berwenang di ibukota Cina telah memerintahkan restoran halal dan kedai makanan untuk menghapus tulisan Arab dan simbol-simbol yang terkait dengan Islam.

Jum'at, 02/08/2019 14:30 0

Philipina

Realisasi “Perjanjian Bangsamoro”, Militer Filipina Latih 255 Eks Pejuang MILF

Angkatan Bersenjata Filipina akan melatih sekitar 255 mantan pejuang Front Pembebasan Islam Moro (MILF) untuk bergabung dengan pasukan pemerintah yang mengamankan wilayah Bangsamoro.

Jum'at, 02/08/2019 14:00 0

Arab Saudi

Sama dengan RI, Arab Saudi Tetapkan Idul Adha pada 11 Agustus

Jamaah haji akan berada di dataran Gunung Arafat pada hari Sabtu 10 Agustus, dan Idul Adha akan dimulai pada hari Ahad 11 Agustus.

Jum'at, 02/08/2019 13:22 0

Belanda

Belanda Mulai Terapkan Larangan Cadar, Bagaimana Reaksi Muslim?

Belanda telah mulai menerapkan larangan pakaian yang menutupi wajah, seperti burqa atau niqab, di gedung-gedung publik dan di transportasi.

Jum'at, 02/08/2019 13:04 0

Arab Saudi

Riyadh Tetapkan 11 Agustus 2019 Hari Raya Idul Adha

“(dengan demikian) Wukuf Arafah dilaksanakan pada Sabtu, 9 Dzul Hijjah, dan Idul Adha pada Ahad berikutnya,” kata pernyataan MA Saudi seperti dilansir Anadolu Agency.

Jum'at, 02/08/2019 10:23 0

Close
CLOSE
CLOSE