... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kampung Siaga Bencana dan Tagana Dikerahkan Bantu Gempa Banten

Foto: Kepanikan terjadi saat gempa magnitudo 6,9 mengguncang Banten

KIBLAT.NET, Jakarta – Kementerian Sosial RI merespon cepat gempa bumi di Banten dengan mengerahkan 11 Kampung Siaga Bencana (KSB) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Banten, Jumat malam.

“Merespon cepat bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo 7.4 yang kemudian dimutakhirkan berkekuatan magnitudo 6,9, maka personel Tagana telah bergerak melakukan evakuasi warga dari wilayah pesisir pantai menuju ke tempat yang lebih tinggi,” tutur Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam rilis resminya, Jumat (02/08/2019) malam.

Tagana di wilayah lainnya yang terdampak gempa juga telah bersiaga yakni 37 Tagana Kota Serang, 200 Tagana Pandeglang, 65 Tagana Kabupaten Serang, 30 Tagana Lebak, 35 Tagana Lampung Selatan, 20 Tagana BAndar Lampung, dan 25 Tagana Bengkulu.

“Untuk di Pandeglang melalui KSB yang dibentuk setelah tsunami Selat Sunda, sesaat setelah gempa terjadi secara efektif telah membantu masyarakat,” kata Agus.

Ia menjelaskan KSB bergerak cepat membantu evakuasi, mengatur rute evakuasi, memastikan mereka bergerak ke titik lokasi yang aman di ketinggian, dan memberikan penyuluhan ke titik pengungsian setelah ada informasi potensi tsunami telah berakhir pada 21.35 WIB.

KSB tersebut adalah KSB Cigeulis, KSB Sumur, KSB Angsana, KSB Pagelaran, KSB Cibitung, KSB Panimbang, KSB Cibaliung, KSB Carita, KSB Sukaresmi, KSB Sidamukti dan KSB Labuan.

“Saat ini 200 Tagana Pandeglang bersiaga dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan aparat desa setempat. Mereka mulai mengidentifikasi kerusakan rumah dan bangunan, serta memastikan korban yang terdampak,” katanya.

BACA JUGA  Pencabutan Asimilasi Habib Bahar Digugat ke PTUN

Dikatakan Mensos, pihaknya juga segera mengirimkan kebutuhan dasar untuk warga terdampak bencana gempa. Bantuan kebutuhan dasar dikirimkan dari Gudang Logistik Regional milik Kemensos di Bekasi.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat menambahkan untuk tahap pertama ini dikirimkan bantuan berupa 500 Tenda Gulung, 500 lembar selimut, 800 makanan siap saji, 300 paket lauk pauk, 20 ribu bungkus mie instan.

Selain itu, lanjut Dirjen, Dinas Sosial Provinsi Banten malam ini sudah mulai mendistribusikan bantuan darurat berupa tenda, makanan siap saji, perlengkapan anak dan keluraga.

“Bantuan tersebut akan didistribusikan kepada korban yang rumahnya mengalami rusak berat dan mengungsi seperti yang dialami warga di Kecamatan Mandalawangi, Kecamatan Carita dan kecamatan lain yang terdampak parah di Pandeglang maupun di kabupaten lain yg terdampak,” tutur Dirjen.

Sementata itu Anggota KSB Cigeulis, Sukron Suryanto menjelaskan pihaknya mengevakuasi warga Desa Banyuasih Kecamatan Cigeleuis untuk mengungsi ke Desa Karang Bolong Kecamatan Cigeleuis. Pada saat yang sama, KSB juga mengungsikan Warga Desa Citereup Kecamatan Panimbang ke Desa Tarumanagara dan Desa Cigeleuis Kecamatan Cigeleuis.

Sementara itu Lia Rahmawati, Tagana Kota Serang yang sedang KKN di Desa Sumber Jaya Kecamatan Sumur menceritakan sesaat setelah gempa terjadi ia bersama teman-teman KKN dan warga saling bahu-membahu melakukan evakuasi warga Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sumur.

BACA JUGA  Jumlah Positif Corona di Jatim Tertinggi Dibanding Provinsi Lain

“Warga melewati hutan menuju ke Hunian Sementara (Huntara) Sumber Jaya. Warga membawa tas, karpet, selimut, makanan, tikar gulung. Mereka ada yang berlarian dan ada juga yang menggunakan sepeda motor,” tuturnya.

Lia menuturkan hingga Jumat malam pukul 23.00 WIB, warga berkumpul di mushalla dan tanah lapang yang ada di Huntara Sumber Jaya. Di Huntara ini saat ini juga masih tinggal sejumlah warga yang terdampak tsunami Selat Sunda beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa telah terjadi gempa magnitudo 6.9 pada pukul 19.03 WIB yang berlokasi 147 km barat daya Sumur, Banten. Peringatan dini tsunami yang disebabkan gempa berakhir pada pukul 21.35 WIB.

Reporter: Fanny Alif
Editor: Imam S.


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

India

Ribuan Orang Tinggalkan Kashmir Setelah Muncul Kabar Rencana Serangan Militan

Pihak keamanan India menyebut adanya informasi intelijen terkait rencana serangan saat musim ziarah umat Hindu

Sabtu, 03/08/2019 19:28 0

Arab Saudi

Arab Saudi Bebaskan Perempuan Urus Paspor dan Pergi ke Luar Negeri Tanpa Izin Wali

Sebelumnya Arab Saudi telah mencabut larangan mengemudi bagi perempuan

Sabtu, 03/08/2019 18:17 0

Afrika

Militer dan Oposisi Sudan Sepakat Bentuk Pemerintahan Transisi

Dewan Transisi Militer (TMC) yang berkuasa di Sudan dan koalisi oposisi utama telah mencapai kesepakatan untuk membentuk pemerintahan transisi.

Sabtu, 03/08/2019 14:29 0

Amerika

AS Keluar dari Kesepakatan Pengurangan Rudal Jelajah dengan Rusia

Perjanjian itu, yang ditandatangani pada tahun 1987 oleh Presiden AS Ronald Reagan dan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev, memberikan pengurangan rudal konvensional dan nuklir dari kedua kekuatan.

Sabtu, 03/08/2019 10:08 0

China

Cina Hapus Semua Simbol-simbol Arab dan Islam

Pihak berwenang di ibukota Cina telah memerintahkan restoran halal dan kedai makanan untuk menghapus tulisan Arab dan simbol-simbol yang terkait dengan Islam.

Jum'at, 02/08/2019 14:30 0

Philipina

Realisasi “Perjanjian Bangsamoro”, Militer Filipina Latih 255 Eks Pejuang MILF

Angkatan Bersenjata Filipina akan melatih sekitar 255 mantan pejuang Front Pembebasan Islam Moro (MILF) untuk bergabung dengan pasukan pemerintah yang mengamankan wilayah Bangsamoro.

Jum'at, 02/08/2019 14:00 0

Arab Saudi

Sama dengan RI, Arab Saudi Tetapkan Idul Adha pada 11 Agustus

Jamaah haji akan berada di dataran Gunung Arafat pada hari Sabtu 10 Agustus, dan Idul Adha akan dimulai pada hari Ahad 11 Agustus.

Jum'at, 02/08/2019 13:22 0

Belanda

Belanda Mulai Terapkan Larangan Cadar, Bagaimana Reaksi Muslim?

Belanda telah mulai menerapkan larangan pakaian yang menutupi wajah, seperti burqa atau niqab, di gedung-gedung publik dan di transportasi.

Jum'at, 02/08/2019 13:04 0

Arab Saudi

Riyadh Tetapkan 11 Agustus 2019 Hari Raya Idul Adha

“(dengan demikian) Wukuf Arafah dilaksanakan pada Sabtu, 9 Dzul Hijjah, dan Idul Adha pada Ahad berikutnya,” kata pernyataan MA Saudi seperti dilansir Anadolu Agency.

Jum'at, 02/08/2019 10:23 0

Arab Saudi

Saudi Hapus Peraturan Larangan Wanita Bepergian Tanpa Izin Wali

Amandemen baru ini juga memberi perempuan hak untuk perwalian anak-anak kecil.

Jum'at, 02/08/2019 08:13 0

Close