... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Anies Baswedan Imbau Distribusikan Daging Kurban Pakai Besek Bambu

Foto: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

KIBLAT.NET, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyarankan penggunaan besek bambu sebagai ganti plastik dalam distribusi daging kurban Idul Adha. Hal ini disampaikannya saat menghadiri acara penutupan ‘Pelatihan Pengelola Masjid dan Pelepasan Petugas Kesehatan Hewan dan Daging Kurban Tahun 2019’.

“Jadi hindari penggunaan plastik, apalagi plastik warna hitam. Gunakan apa? Yang bisa daur ulang, paling gampang besek. Besek terbuat dari? Bambu lagi sempat ramai kemarin gara-gara bambu,” kata Anies saat memberikan sambutan di Masjid Jakarta Islamic Centre, Jakarta Utara, Selasa (30/07/2019).

Dalam acara tersebut, Anies menyerahkan simbolis sebuah besek bambu berwarna cokelat dan berbentuk kotak kepada petugas masjid.

“Tapi yang pasti besek dibuat perajin bambu, jadi nanti ribuan masjid di Jakarta kalau ganti plastik ke bambu dirasakan manfaat petani dan perajin bambu,” imbuh Anies.

Anies meminta petugas pendistribusi hewan kurban tidak memakai plastik karena tidak bisa didaur ulang. Besek bambu harus dipakai lantaran menurutnya bisa didaur ulang dan ramah lingkungan.

“Kita ingin ini bisa daur ulang bisa dibersihkan untuk kebutuhan lain. Kalau plastik hanya bisa sekali pakai, gunakan besek sudah bisa daur ulang bisa dipakai berkali-kali,” ucap Anies.

Menurut Anies, penggunaan besek bambu juga bisa menggerakkan ekonomi kerakyatan karena dimanfaatkan perajin besek bambu. Mantan Mendikbud itu mengaku siap menampung besek dari perajin bambu.

BACA JUGA  Ada Seruan Boikot Film The Santri, Yusuf Mansur: Pasti Jadi Kebaikan

“Ikut menggerakkan rakyat kecil, jadi sejak pekan lalu PD Pasar Jaya aktif kumpulkan supplier besek. Perajin besek saya sampaikan Jakarta siap menampung besek,” tutur Anies.

Sumber: Detik
Redaktur: Qoid

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Myanmar

Aneh, Myanmar Akan Beri Rohingya Status Warga Negara Asing Jika Kembali

Sampai tahun 1982 etnis muslim Rohingya berstatus warga negara Myanmar

Selasa, 30/07/2019 19:43 0

Suara Pembaca

One Care Suplai Air Bersih untuk Pengungsi Petobo

Warga korban bencana dan likuefaksi Kelurahan Petobo, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu Sulawesi Tengah sangat membutuhkan air bersih di lokasi pengungsian.

Selasa, 30/07/2019 15:11 0

Malaysia

Sultan Abdullah Resmi Diangkat Jadi Raja Baru Malaysia

Dia menekankan bahwa persatuan dan kerukunan adalah pilar dan kekuatan bangsa. "Bermain dengan api akan membakar tidak hanya diri sendiri tetapi juga seluruh desa," katanya.

Selasa, 30/07/2019 14:27 0

China

Pejabat Cina Klaim Bebaskan 90 Persen Tahanan Kamp Konsentrasi Xinjiang

Alken Tuniaz, wakil ketua pemerintah wilayah Xinjiang, mengatakan 90 persen orang yang ditahan dalam "pusat pelatihan kejuruan" telah dikembalikan ke masyarakat.

Selasa, 30/07/2019 13:49 0

Afghanistan

PBB: Mayoritas Warga Sipil Tewas oleh Militer Afghan dan NATO

Sebagian besar korban sipil jatuh selama operasi militer oleh Afghanistan dan NATO, seperti serangan udara dan serangan malam hari di tempat persembunyian gerilyawan.

Selasa, 30/07/2019 13:25 0

Suriah

Sejak Perjanjian Astana Diteken, 600 Sipil Tewas

Di hari yang sama, rezim Assad dilaporkan merebut kota Tal Malh di pedesaan Hama setelah terlibat pertempuran sengit dengan oposisi.

Selasa, 30/07/2019 09:23 0

Palestina

Polisi Israel Panggil Balita Palestina untuk Disidik Atas Kasus Pelemparan Tentara

Kepala organisasi tahanan Palestina, Qadri Abu Bakar, pada Senin (29/07/2019) mengutuk pemanggilan Muhammad.

Selasa, 30/07/2019 08:03 0

Afghanistan

Lagi, Dua Tentara AS Tewas di Afghanistan

"Kami akan mempublikasikan informasi tambahan tentang insiden ini dalam 24 jam sampai keluarga para korban diberi tahu," kata pernyataan Komando Pusat AS, seperti dilansir dari Anadolu Agency.

Selasa, 30/07/2019 06:58 0

Opini

Krisis Adab Guru dan Murid

Adab merupakan sebuah keniscayaan dalam kehidupan seorang guru dan murid, adab tidak bisa terlepas dalam aktivitas sehari-hari.

Senin, 29/07/2019 20:18 0

Info Event

Menghafal Al Quran Sekaligus Belajar Makhraj dan Tajwid dengan Metode Kauny

"Metode Kauny tidak hanya membuat orang mudah menghafal Alquran, namun mereka juga bisa belajar makhraj, tajwid dan sekaligus maknanya"

Senin, 29/07/2019 17:37 0

Close