Pakar Pidana: Polisi Harus Tangkap Pengancam Anies Baswedan

KIBLAT.NET, Jakarta – Beredar video ancaman pembunuhan terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Habib Rizieq Shihab dan Amien Rais di media sosial. Menanggapi hal itu, Pakar Hukum Pidana Universitas Al-Azhar, Suparji Ahmad menegaskan bahwa Polisi harus segera menangkap pelaku.

“Seharusnya polisi harus segera melakukan penyelidikan lebih lanjut. Seperti ketika menangkap seseorang yang mengancam ingin membunuh Presiden Jokowi beberapa waktu lalu,” ujarnya saat dihubungi Kiblat.net pada Senin (29/07/2019).

Menurutnya, video yang beredar bisa menjadi petunjuk untuk mengungkap kasus tersebut. Menurutnya, tindakan pelaku tergolong bentuk ancaman kekerasan.

“Video itu bisa menjadi salah satu alat bukti untuk mengungkap kasus tersebut. Pelaku bisa dijerat pasal pasal 29 jo 45 B UU ITE tentang kekerasan,” paparnya.

Ia menilai, jangan sampai kasus ini tidak diungkap karena menyangkut pejabat publik. Suparji juga menekankan bahwa Polisi tidak perlu menunggu laporan masyarakat untuk melakukan penyelidikan.

“Polisi menurut saya bisa langsung bertindak. Tidak perlu menunggu laporan dari masyarakat,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat