... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Penggunaan Gadget Terlalu Dini Berpotensi Sebabkan Anak Lambat Bicara

Foto: Ilustrasi anak menggunakan gadget. (Sumber: Hipwee)

KIBLAT.NET, Jakarta – Di era revolusi industri 4.0 yang penuh keterbukaan ini, gadget menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Siapapun, tanpa memandang usia ataupun gender nyaris melibatkan gadget dalam setiap aktivitasnya. Beberapa orang tua memberikan gadget kepada anak mereka sejak usia dini, bahkan ketika sang anak sendiri belum mampu berbicara. Namun, tahukah anda jika hal tersebut ternyata berbahaya untuk sang anak?

Dikutip dari Antara, dokter spesialis anak dari RSUP Persahabatan dr. Lilis Diah Hendrawati Sp.A (K) mengatakan bahwa penggunaan gadget pada anak terlalu dini bisa menyebabkan keterlambatan bicara.

“Dampak pemakaian gawai (gadget, red.) pada anak sudah disinyalir sejak beberapa tahun lalu. Sudah diakui oleh WHO, ada adiksi terhadap gawai, ada diagnosanya,” kata Lilis dalam bincang-bincang di Kementerian Kesehatan di  Jakarta, Jumat (26/07/2019).

Lilis mengakui bahwa dirinya kerap menjumpai kasus anak yang terlambat bicara pada kedua orang tuanya yang bekerja sehingga menitipkan pengasuhan anak pada orang lain seperti asisten rumah tangga atau kerabat dekat.

Anak dibebaskan menggunakan gadget agar tenang dan tidak rewel. Namun, dengan seringnya penggunaan gadget yang membuat anak usia dini hanya menonton tanpa ada interaksi malah berdampak serius pada kemampuan bicaranya.

Selain dampak pada keterlambatan berbicara, penggunaan gadget pada anak balita juga mempengaruhi kesehatan mata, kesehatan telinga, dan juga gangguan tidur karena penggunaan gasget yang berlebihan.

BACA JUGA  30 Ribu Personel Gabungan Amankan Pelantikan Presiden

“Pada anak yang belum bisa bicara, akan mengalami perkembangan yang terlambat bicara (delay speech, red.). Untuk anak-anak usia sekolah akan mempengaruhi menurunnya konsentrasi dan berakibat turunnya prestasi belajar,” ujarnya.

Selain itu, penggunaan gadget secara berlebihan juga mempengaruhi interaksi sosial di keluarga dengan anggota keluarga yang sibuk dengan gadget masing-masing dan tidak bisa interaksi secara langsung.

Lilis menyarankan agar orang tua mengatur dan tidak memperkenalkan gadget pada anak sejak usia dini. Dia merekomendasikan orang tua lebih sering mengajak anak bermain sebagai kebutuhan utamanya, di samping juga bisa mengalihkan dari penggunaan gawai.

Reporter: Azzam
Editor: Rusydan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Singapura

Oposisi Khawatir UU Anti-Hoaks Untungkan Petahana saat Pemilu Singapura

Pemimpin partai oposisi baru Singapura mengaku khawatir bahwa undang-undang anti-hoaks, yang ditakutkan oleh kelompok-kelompok hak asasi dapat menghambat kebebasan berbicara, dapat digunakan dalam pemilihan mendatang.

Jum'at, 26/07/2019 17:20 0

Amerika

Polusi Udara Diperkirakan Tewaskan 30 Ribu Orang Amerika Setiap Tahun

Polusi udara yang memicu terjadinya serangan jantung, sakit paru-paru, dan stroke

Jum'at, 26/07/2019 17:07 0

Turki

Berminat? Rumah Tinggal Kakek PM Inggris di Istanbul Dijual Rp1,3 Triliun

Dinamai Zeki Paşa Waterside Mansion, rumah seperti chateau itu dianggap sebagai salah satu real estate termahal di dunia.

Jum'at, 26/07/2019 16:55 0

Amerika

Miliki Bom, Empat Pria Akui Siapkan Serangan ke Muslim New York

Seorang remaja yang diduga merencanakan penyerangan terhadap komunitas Muslim New York bersama tiga pria lainnya mengaku bersalah pada hari Kamis (25/07/2019).

Jum'at, 26/07/2019 16:30 0

Palestina

Respon Perobohan Rumah Palestina, Abbas Stop Realisasi Perjanjian Oslo

"Kami tidak akan tunduk pada perintah dan ancaman dengan kekuatan kasar di wilayah kami, khususnya Yerusalem, dan semua yang dilakukan pendudukan itu ilegal dan tidak sah," kata Abbas.

Jum'at, 26/07/2019 10:33 0

Mesir

AS Bekali Militer Mesir 930 Kendaraan Lapis Baja Anti-Ranjau

"Amerika Serikat membekali angkatan bersenjata Mesir 930 kendaraan lapis baja jenis (anti serangan ranjau)," kata pernyataan itu di Facebook.

Jum'at, 26/07/2019 09:20 0

Afghanistan

Tiga Bom Guncang Kabul Saat Pertemuan Para Komandan Tinggi AS

Serangkaian ledakan ini terjadi bertepatan dengan pertemuan ketua Kepala Staf Gabungan Militer AS dengan para komandan NATO di Kabul.

Jum'at, 26/07/2019 08:18 0

Afrika

Kapal Imigran Tenggelam di Laut Libya, 100 Orang Hilang

"Sebuah kapal kayu yang membawa sekitar 250 imigran, termasuk wanita dan anak-anak, tenggelam kurang dari lima mil dari pantai," kata Kassem.

Jum'at, 26/07/2019 07:27 1

Arab Saudi

Seorang Jemaah Haji Indonesia Alami Kecelakaan Saat Menyeberang Jalan di Makkah

Pelaku penabrak seorang jemaah haji Indonesia telah ditangani oleh Kepolisian Arab Saudi

Kamis, 25/07/2019 14:34 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Rahasia Ilahiyah di Balik Syariat Haji

Khutbah Jumat: Rahasia Ilahiyah di Balik Syariat Haji

Kamis, 25/07/2019 14:18 0

Close