... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Komisi I DPR Dorong Pemerintah Aktif Desak PBB Beri Sanksi Bagi Israel

Foto: Sukamta, anggota Komisi I DPR RI

KIBLAT.NET, Jakarta – Tindakan zionis Israel yang menghancurkan permukiman Palestina di Tepi Barat pada Senin (22/07/2019) dikecam keras dari anggota Komisi I DPR, Sukamta. Ia mendorong pemerintah Indonesia dapat berperan aktif melalui keanggotaannya di Dewan Keamanan (DK) PBB untuk mendorong lembaga tersebut memberi sanksi kepada Israel.

“Israel telah melecehkan dunia, tindakannya ini secara sengaja melanggar Resolusi DK PBB No. 2334 Tahun 2016. Bahkan ini masuk kategori kejahatan kemanusiaan, salah satu tindak kejahatan HAM berat,” kata Sukamta, Kamis (25/7/2019) seperti dikutip situs resmi DPR RI.

Menurut Sukamta, alasan keamanan yang menjadi dalih Israel untuk menghancurkan permukiman Palestina hanyalah akal-akalan. Tujuan Zionis sebenarnya ingin memperluas wilayah permukiman ilegal Israel di Wilayah Otoritas Palestina.

“Sebagaimana diketahui permukiman ilegal Israel di Yerusalem Timur bertambah semakin banyak dari sekitar 110 ribu pada 1993 menjadi 620 ribu pada 2017,” katanya.

Sukamta meminta Pemerintah Indonesia yang saat ini menjadi anggota tidak tetap DK PBB untuk segera mendorong lembaga tersebut untuk mengambil langkah-langkah konkret menghentikan tindakan Israel dan memberikan sanksi atas tindakan yang melanggar resolusi tersebut.

“Selanjutnya DK PBB perlu menekan pihak Israel untuk tidak lagi menggunakan senjata dan juga melakukan tindakan penghacuran permukiman Palestina,” jelasnya

Politisi PKS tersebut berharap agar posisi Indonesia di DK PBB itu bisa mendorong dunia internasional lebih kuat memberikan perhatian kepada persoalan Palestina yang telah berlarut-larut selama puluhan tahun.

BACA JUGA  Setahun Tsunami Selat Sunda, WMI & AQL Bangun Training Center di Cimanggu Banten

“Tekanan dunia internasional juga perlu ditujukan kepada Amerika Serikat yang selama ini selalu ada di belakang Israel,” paparnya

“Saya kira di balik sikap arogan Israel karena ada Amerika Serikat yang mem-backup. Termasuk sikap Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Sikap AS ini telah menjauhkan upaya jalan damai di Palestina. Harus ada upaya ekstra keras Wakil Indonesia untuk menggalang dukungan DK-PBB dan dunia Internasional,” pungkasnya

Reporter: Fanny Alif
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Respon Perobohan Rumah Palestina, Abbas Stop Realisasi Perjanjian Oslo

"Kami tidak akan tunduk pada perintah dan ancaman dengan kekuatan kasar di wilayah kami, khususnya Yerusalem, dan semua yang dilakukan pendudukan itu ilegal dan tidak sah," kata Abbas.

Jum'at, 26/07/2019 10:33 0

Mesir

AS Bekali Militer Mesir 930 Kendaraan Lapis Baja Anti-Ranjau

"Amerika Serikat membekali angkatan bersenjata Mesir 930 kendaraan lapis baja jenis (anti serangan ranjau)," kata pernyataan itu di Facebook.

Jum'at, 26/07/2019 09:20 0

Afghanistan

Tiga Bom Guncang Kabul Saat Pertemuan Para Komandan Tinggi AS

Serangkaian ledakan ini terjadi bertepatan dengan pertemuan ketua Kepala Staf Gabungan Militer AS dengan para komandan NATO di Kabul.

Jum'at, 26/07/2019 08:18 0

Afrika

Kapal Imigran Tenggelam di Laut Libya, 100 Orang Hilang

"Sebuah kapal kayu yang membawa sekitar 250 imigran, termasuk wanita dan anak-anak, tenggelam kurang dari lima mil dari pantai," kata Kassem.

Jum'at, 26/07/2019 07:27 1

Arab Saudi

Seorang Jemaah Haji Indonesia Alami Kecelakaan Saat Menyeberang Jalan di Makkah

Pelaku penabrak seorang jemaah haji Indonesia telah ditangani oleh Kepolisian Arab Saudi

Kamis, 25/07/2019 14:34 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Rahasia Ilahiyah di Balik Syariat Haji

Khutbah Jumat: Rahasia Ilahiyah di Balik Syariat Haji

Kamis, 25/07/2019 14:18 0

Arab Saudi

Saudi Pastikan Tak Ada Diskriminasi dalam Melayani Jamaah Haji

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyambut semua jamaah dari seluruh dunia tanpa diskriminasi dan berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan. Demikian diumumkan Wakil Menteri Abdul Fattah Mashat.

Kamis, 25/07/2019 12:41 0

Analisis

Mengapa Terorisme Global Menurun?

Robert Muggah melanjutkan artikelnya dengan mencoba mengurai beberapa penyebab penurunan tingkat terorisme.

Kamis, 25/07/2019 12:32 0

Analisis

Terorisme Global Menurun, Apa Saja Tren yang Terjadi?

Baru-baru ini, seorang jurnalis, Robert Muggah, memaparkan lima hal yang menjadi intisari dalam publikasi Global Terrorism Database terbaru, di situs web Small Wars Journal.

Kamis, 25/07/2019 11:31 0

Palestina

Survei: Mayoritas Warga Israel Menolak Gencatan Senjata

Mayoritas warga Israel menentang perjanjian gencatan senjata yang saat ini berlaku antara Israel dan faksi-faksi Palestina di Jalur Gaza yang diduduki.

Kamis, 25/07/2019 11:18 0

Close