... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Fatwa Keuangan MUI Diklaim Paling Aplikatif

Foto: Kantor MUI Pusat di Jakarta.

KIBLAT.NET, Depok – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Ma’ruf Amin menyebut fatwa MUI khususnya dalam bidang keuangan termasuk paling bisa diaplikasikan di seluruh dunia. Hal itu dilandasi oleh proses perumusan fatwa yang mendalam dan melibatkan banyak pihak terkait.

“Fatwa keuangan MUI dianggap oleh luar negeri paling dapat diaplikasikan karena fatwa MUI dibahas dengan melibatkan pihak-pihak lain, tidak hanya mendengarkan tapi juga mendiskusikan dengan pihak lain,” kata Ma’ruf saat membuka Rakornas Komisi Fatwa MUI Pusat di Margo Hotel, Depok, Jawa Barat, Kamis (25/07/2019) dilansir dari situs resmi MUI.

Kiai Ma’ruf menjelaskan MUI bersama Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membentuk tim khusus yang secara mendalam membahas fatwa-fatwa terkait keuangan syariah. Hal inilah yang menurutnya menjadikan fatwa MUI bisa diaplikasikan dengan baik karena sesuai dengan kondisi riil yang ada.

“Proses perumusan fatwa itu sampai jelas masalahnya baru kemudian ditetapkan bagaimana fatwanya, bagaimana regulasinya, bagaimana akuntansinya, sehingga ini menjadi suatu diskusi matang tentang suatu masalah,” ujarnya.

Selain itu fatwa MUI dibuat melalui suatu forum yang melibatkan berbagai ormas Islam di Indonesia. MUI sendiri merupakan tempat berkumpulnya perwakilan masing-masing ormas itu. Hal ini berbeda dengan beberapa negara Islam dimana mufti berada di tangan satu orang atau bahkan langsung oleh negara.

BACA JUGA  Ingatkan Bawahan Agar Amanah, Mendagri: Pangkat dan Jabatan Tidak Dibawa Mati

Fatwa MUI dibuat melalui suatu forum, bukan fatwa personal, yaitu fatwa jamai atau kelompok, lembaga yang bertugas sebagai mufti itu tidak ada. Tapi yang ada lembaga yang memiliki otoritas memberikan fatwa dan tidak dalam satu orang, namun oleh lembaga,” ungkap Kiai Ma’ruf.

“Oleh karena itu fatwa MUI yang lebih memiliki pandangan yang memiliki representasi keulamaannya,” pungkasnya.

Sumber: mui.or.id
Reporter: Fanny Alif

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Respon Perobohan Rumah Palestina, Abbas Stop Realisasi Perjanjian Oslo

"Kami tidak akan tunduk pada perintah dan ancaman dengan kekuatan kasar di wilayah kami, khususnya Yerusalem, dan semua yang dilakukan pendudukan itu ilegal dan tidak sah," kata Abbas.

Jum'at, 26/07/2019 10:33 0

Mesir

AS Bekali Militer Mesir 930 Kendaraan Lapis Baja Anti-Ranjau

"Amerika Serikat membekali angkatan bersenjata Mesir 930 kendaraan lapis baja jenis (anti serangan ranjau)," kata pernyataan itu di Facebook.

Jum'at, 26/07/2019 09:20 0

Afghanistan

Tiga Bom Guncang Kabul Saat Pertemuan Para Komandan Tinggi AS

Serangkaian ledakan ini terjadi bertepatan dengan pertemuan ketua Kepala Staf Gabungan Militer AS dengan para komandan NATO di Kabul.

Jum'at, 26/07/2019 08:18 0

Afrika

Kapal Imigran Tenggelam di Laut Libya, 100 Orang Hilang

"Sebuah kapal kayu yang membawa sekitar 250 imigran, termasuk wanita dan anak-anak, tenggelam kurang dari lima mil dari pantai," kata Kassem.

Jum'at, 26/07/2019 07:27 1

Arab Saudi

Seorang Jemaah Haji Indonesia Alami Kecelakaan Saat Menyeberang Jalan di Makkah

Pelaku penabrak seorang jemaah haji Indonesia telah ditangani oleh Kepolisian Arab Saudi

Kamis, 25/07/2019 14:34 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Rahasia Ilahiyah di Balik Syariat Haji

Khutbah Jumat: Rahasia Ilahiyah di Balik Syariat Haji

Kamis, 25/07/2019 14:18 0

Arab Saudi

Saudi Pastikan Tak Ada Diskriminasi dalam Melayani Jamaah Haji

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyambut semua jamaah dari seluruh dunia tanpa diskriminasi dan berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan. Demikian diumumkan Wakil Menteri Abdul Fattah Mashat.

Kamis, 25/07/2019 12:41 0

Analisis

Mengapa Terorisme Global Menurun?

Robert Muggah melanjutkan artikelnya dengan mencoba mengurai beberapa penyebab penurunan tingkat terorisme.

Kamis, 25/07/2019 12:32 0

Analisis

Terorisme Global Menurun, Apa Saja Tren yang Terjadi?

Baru-baru ini, seorang jurnalis, Robert Muggah, memaparkan lima hal yang menjadi intisari dalam publikasi Global Terrorism Database terbaru, di situs web Small Wars Journal.

Kamis, 25/07/2019 11:31 0

Palestina

Survei: Mayoritas Warga Israel Menolak Gencatan Senjata

Mayoritas warga Israel menentang perjanjian gencatan senjata yang saat ini berlaku antara Israel dan faksi-faksi Palestina di Jalur Gaza yang diduduki.

Kamis, 25/07/2019 11:18 0

Close