Utusan PBB Tegaskan Rakhine Tak Kondusif untuk Repatriasi Muslim Rohingya

KIBLAT.NET, Dhaka – Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Myanmar, Christine Schraner Burgener menyatakan bahwa situasi di negara bagian Rakhine Myanmar tidak kondusif untuk repatriasi atau pemulangan kembali etnis muslim Rohingya.

Hal ini diungkapkannya usai melakukan kunjungan 10 hari ke Myanmar. Burgener mengungkapkan hasil pengamatannya dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Bangladesh M Shahidul Haque di Dhaka pada hari Selasa.

Ia menggambarkan pada pertemuan dengan menteri luar negeri, situasi dan kondisi di Rakhine saat ini tidak kondusif untuk repatriasi atau pemulangan kembali muslim Rohingya.

Selama kunjungannya ke Rakhine, ia melakukan pertemuan dengan pejabat pemerintah Myanmar, kelompok diplomatik, perwakilan LSM lokal dan internasional, serta tim PBB di Myanmar.

Saat mengunjungi wilayah asal etnis muslim Rohingya itu Burgener hanya mengunjungi tempat-tempat yang hanya diizinkan oleh pemerintah Myanmar dan mendapat akses terbatas di negara bagian Rakhine.

Utusan PBB itu berencana untuk mengunjungi kamp-kamp pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar, Bangladesh pada hari Rabu, kata seorang pejabat kementerian luar negeri Bangladesh.

Dalam perkembangan lain, pemerintah Myanmar diperkirakan juga akan mengirim delegasi ke Bangladesh. Tim yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Myint Thu untuk mengunjungi kamp-kamp di Cox’s Bazar pekan depan.

Sumber: Anadolu
Redaktur: Qoid

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat