... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

WNI di AS Jadi Orang Tua Asuh Puluhan Anak Yatim di Indonesia

Foto: Puluhan anak yatim di Lampung yang jadi anak asuh program Dompet Dhuafa

KIBLAT.NET, Lampung – Walau raga jauh di Negeri Paman Sam, namun jiwa membangun Indonesia tidak pernah pudar. Begitulah yang dilakukan oleh sebagian diaspora Indonesia yang saat ini menetap di Amerika Serikat.

Emil Ranakusuma, perwakilan pengajian diaspora Indonesia di wilayah Vienna, Virginia, matanya berkaca-kaca saat bertatap muka dengan calon anak-anak asuh melalui layar gawainya. Anak-anak yang berasal dari berbagai daerah di Lampung tersebut berkumpul di Kantor Dompet Dhuafa Lampung untuk berkenalan dan menerima arahan dari calon orang tua asuh mereka.

“Alhamdulilah, kita dari pengajian Indonesia di Virginia sudah komitmen akan mengirimkan dana bulanan untuk membantu sekolah adik-adik semua,” kata Emil yang saat ini juga menjabat sebagai Chairman Dompet Dhuafa cabang Amerika Serikat, seperti dalam rilis yang diterima KIBLAT.NET pada Ahad (21/07/2019).

Wahyu Lestari, perwakilan pengajian diaspora Indonesia di wilayah Arizona, juga turut berkomitmen untuk membantu pendidikan anak-anak yatim di Indonesia. “Semoga Adik-adik jadi lebih semangat belajarnya. Kami pun tidak hanya memberikan uang, tapi juga memantau dan membimbing perkembangan adik-adik di sekolah,” kata melalui video call.

Program ini merupakan kerjasama antara Dompet Dhuafa Amerika Serikat dan Dompet Dhuafa Lampung. Banyaknya diaspora Indonesia yang berhasil di negara adidaya ini membuat organisasi cabang yang diresmikan di Amerika Serikat sejak tahun 2014 ini mau menjadi jembatan untuk kebaikan bangsa.

BACA JUGA  Kemenag: Syarat Permohonan Rekomendasi FPI Sudah Terpenuhi

“Sebenarnya banyak orang-orang Indonesia yang saat ini menetap di Amerika Serikat yang mau membantu negara kita. Tapi mereka butuh organisasi terpercaya untuk memanajemen programnya,” ungkap Irwan Saputra, Executive Director Dompet Dhuafa USA.

Adapun bentuk program Orang Tua Asuh ini, setiap anak akan mendapat bantuan dana beasiswa sebesar $30 atau sekitarRp 420,000 per bulan.

“Jumlah tersebut tidak terlalu besar untuk orang yang tinggal di Amerika Serikat. Tapi dana tersebut sangat berarti untuk masyarakat kurang mampu yang ada di Tanah Air,” ujar Irwan.

Saat ini, ada sekitar 30 anak dari kelas SD sampai kelas SMP yang turut didukung oleh program ini. Kedepannya, program ini akan terus dikembangkan sehingga akan lebih banyak anak yatim di Indonesia yang dapat terus melanjutkan pendidikan mereka.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Ancaman Mengintai Erdogan Usai Mantan Sekutu “Berbalik Arah”

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berisiko kehilangan lebih banyak pemilih karena mantan sekutu telah mendeklarasikan perbedaan dan berencana membentuk partai baru.

Ahad, 21/07/2019 14:55 0

Amerika

Hampir 150 Juta Warga AS Terdampak Gelombang Panas Mematikan

Gelombang panas telah merenggut setidaknya tiga nyawa, termasuk dua di awal pekan ini di negara bagian Maryland timur.

Ahad, 21/07/2019 13:47 0

Palestina

Dalam Setengah Tahun, Lebih 900 Warga Palestina Ditangkap Otoritas Israel

Tidak hanya pria, kampanye penangkapan oleh Israel juga ditujukan kepada kaum wanita dan anak-anak.

Ahad, 21/07/2019 13:25 0

Opini

Islam, Kebudayaan, dan Peradaban: Dari Barat Hingga Melayu

Islam bukanlah sebuah kebudayaan tetapi agama yang diwahyukan. Justru Islam merupakan inspirasi lahirnya kebudayaan dan peradaban sehingga disebut Kebudayaan Islam

Sabtu, 20/07/2019 16:27 0

Iran

Iran Sita Kapal Tanker Inggris Saat Melintas di Selat Hormuz

Stena Polk, pemilik kapal tanker minyak Inggris Stina Empero, mengatakan kehilangan kontak dengan kapalnya setelah diserang selama pelayarannya di Selat Hormuz.

Sabtu, 20/07/2019 10:53 0

Arab Saudi

Riyadh Setujui Penempatan Kembali Pasukan AS di Wilayahnya

langkah itu bertujuan untuk "meningkatkan aksi bersama dalam membela keamanan dan stabilitas kawasan dan memastikan perdamaian."

Sabtu, 20/07/2019 08:38 0

Wilayah Lain

Perusahaan Animasi Jepang Dibakar, Penggemar Kategorikan Aksi Teror

Serangan pembakaran yang menghancurkan sebuah perusahaan animasi Jepang yang terkenal menyakitkan para penggemar anime. Banyak yang menyamakannya dengan serangan teror terhadap komunitas mereka.

Jum'at, 19/07/2019 19:49 0

Amerika

Trump: Kapal Perang AS Tembak Jatuh Drone Iran

Presiden AS Donald Trump, mengatakan bahwa kapal perang USS Boxer menembak jatuh drone Iran di selat Hormuz.

Jum'at, 19/07/2019 19:08 0

Opini

Internet di Indonesia, Sudah Layak Anak?

Membentuk generasi muda yang memiliki nilai moral dan berakhlak tinggi merupakan salah satu tujuan yang pasti dimiliki oleh setiap negara. Pendidikan bagi usia anak menjadi faktor yang paling diperhatikan, baik pendidikan ilmu pengetahuan maupun pendidikan karakter.

Jum'at, 19/07/2019 18:56 0

Arab Saudi

Tiap Musim Haji, Kain Kiswah Ka’bah Digulung 3 Meter

Gulungan kain penutuk Ka’bah itu nantinya ditutup dengan kain putih. Gulungan itu dilepas setelah musim haji berakhir.

Jum'at, 19/07/2019 10:07 0

Close