Qatar Kembali Distribusikan BLT kepada Warga Gaza

KIBLAT.NET, Gaza – Komite Rekonstruksi Gaza yang dipimpin Qatar, Ahad (21/07/2019), mengumumkan pendistribusian kembali Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 60.000 keluarga miskin di Gaza. Bantuan ini bagian dari kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas.

Bantuan ini merupakan bagian dari dana $ 30 juta yang dialokasikan Qatar untuk membantu Gaza. Dana itu disepakati dalam kerangka pemahaman yang dicapai November lalu antara Israel dan Palestina, yang ditengahi oleh Mesir dan utusan PBB untuk proses perdamaian, Nikolai Mladenov.

“Hari ini mulai pencairan bantuan tunai kepada 60.000 keluarga miskin di Jalur Gaza dengan nominal $ 100 per keluarga,” kata pernyataan Komite Rekonstruksi, seperti dilansir AFP.

Bantauan tunai diserahkan kepada para penerima melalui cabang-cabang kantor pos di Jalur Gaza. Para penerima dipilih berdasarkan kriteria dan ketentuan yang disepakati dengan Kementerian Pembangunan Sosial di Gaza.

Proses penyerahan bantuan akan memakan waktu selama beberapa hari. Urutan penerima berdasarkan nama depan menurut uruta alphabet. Hal ini untuk menghindari kemacetan dan desak-desakan.

Khalil Ibrahim, salah satu penerima bantuan, mengungkapkan bahwa bantuan ini meringankan beban hidup kami. Kami hidup dalam blokade dan tidak ada lapangan pekerjaan.

“Uang 100 dolar ini sangat membantu hidup kami dan kami mendesak seluruh negara Arab dan Teluk mendukung kami secara finansial,” katanya.

Wakil kepala Komite Nasional untuk Rekonstruksi Gaza, Khaled Al-Hardan, tiba di Gaza melalui persimpangan Erez di utara Beit Hanoun di utara Jalur Gaza Kamis lalu untuk mengawasi proses penyaluran bantuan tunai.

Sejak November, Jalur Gaza berada dalam kondisi tenang yang rapuh, yang telah dibangun beberapa kali oleh mediasi Mesir dan internasional.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat