... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kerja Sama Indonesia-Cina, Mendag Bahas Hambatan Ekspor

Foto: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita membahas hambatan perdagangan yang dihadapi dalam ekspor Indonesia ke Cina. Hal itu disampaikan saat melakukan pertemuan bilateral dengan Minister of General Administration of Custom Cina (GACC), Ni Yuefeng di kantor GACC Beijing, Cina, pada Jumat (19/07/2019). Pertemuan ini merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerja Mendag ke Cina pada 18-22 Juli 2019.

Pertemuan keduanya merupakan tindak lanjut dari pembicaraan dan kesepakatan yang sudah dilakukan antara Presiden Xi Jin Ping dan Presiden Joko Widodo di Osaka, Jepang beberapa waktu lalu. Saat itu, Presiden Jokowi menyampaikan kepada mitranya berbagai hal, termasuk kesulitan dalam ekspor dan defisit perdagangan ke Cibna yang begitu besar. Presiden Xi Jin png berjanji menindaklanjuti dan memberikan prioritas untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Pemerintah mengharapkan agar Cina memberi kemudahan atas ekspor sarang burung walet, buah-buahan seperti nanas, buah naga, alpukat, durian, serta produk perikanan. Menanggapi hal tersebut, Menteri Ni Yuefeng merespon dengan baik dan akan menindaklanjuti permasalahan yang disampaikan Indonesia. Untuk mempercep[at proses tersebut, pihak Indonesia mengusulkan pembentukan joint working group,” jelas Mendag dalam rilisnya.

Ekspor burung walet Indonesia pada tahun 2018 tercatat sebesar 70 ton dengan nilai USD 140,5 juta dari 21 perusahaan. Untuk meningkatkan ekspor sarang burung walet, saat ini tujuh perusahaan lainnya dalam proses verifikasi untuk mendapatkan sertifikat dan CNCA. Kehadiran Mendag di Cina guna memepercepat proses sertifikasi tersebut.

BACA JUGA  Materi Jihad dan Khilafah Dibatasi, Komisi VIII DPR: Itu Mendistorsi Pemahaman Islam

Mendag mengajak para importir sarang burung alet Cina untuk berinvestasi di Indonesia yang merupakan penghasil utama sarang burung walet untuk diolah dan diekspor kembali ke Cina, negara-negara ASEAN, dan Australia. “Investasi sarang burung Cina di Indonesia akan memberi kemudahan atas produk makanan olahan dalam hal proses dan pemenuhan persyaratan ekspor ke Cina,” kata Mendag.

Menurut Mendag, ekspor sarang burung walet merupakan komoditas prioritas yang berpotensi besar mengurangi defisit neraca perdagangan Indonesia terhadap Cina. Hal ini mengingat tingginya nilai dari produk sarang burung walet dan produk turunannya.

Total perdagangan Indonesia-China periode 2018 tercatat sebesar USD 72,67 miliar atau naik 23,48 persen dari total perdagangan 2017 yang sebesar USD 58,84 miliar. Adapun total perdagangan Indonesia-China pada periode Januari—April 2019 telah mencapai USD 22,4 miliar.

Reporter: Ibas Fuadi
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Islam, Kebudayaan, dan Peradaban: Dari Barat Hingga Melayu

Islam bukanlah sebuah kebudayaan tetapi agama yang diwahyukan. Justru Islam merupakan inspirasi lahirnya kebudayaan dan peradaban sehingga disebut Kebudayaan Islam

Sabtu, 20/07/2019 16:27 0

Iran

Iran Sita Kapal Tanker Inggris Saat Melintas di Selat Hormuz

Stena Polk, pemilik kapal tanker minyak Inggris Stina Empero, mengatakan kehilangan kontak dengan kapalnya setelah diserang selama pelayarannya di Selat Hormuz.

Sabtu, 20/07/2019 10:53 0

Arab Saudi

Riyadh Setujui Penempatan Kembali Pasukan AS di Wilayahnya

langkah itu bertujuan untuk "meningkatkan aksi bersama dalam membela keamanan dan stabilitas kawasan dan memastikan perdamaian."

Sabtu, 20/07/2019 08:38 0

Wilayah Lain

Perusahaan Animasi Jepang Dibakar, Penggemar Kategorikan Aksi Teror

Serangan pembakaran yang menghancurkan sebuah perusahaan animasi Jepang yang terkenal menyakitkan para penggemar anime. Banyak yang menyamakannya dengan serangan teror terhadap komunitas mereka.

Jum'at, 19/07/2019 19:49 0

Amerika

Trump: Kapal Perang AS Tembak Jatuh Drone Iran

Presiden AS Donald Trump, mengatakan bahwa kapal perang USS Boxer menembak jatuh drone Iran di selat Hormuz.

Jum'at, 19/07/2019 19:08 0

Opini

Internet di Indonesia, Sudah Layak Anak?

Membentuk generasi muda yang memiliki nilai moral dan berakhlak tinggi merupakan salah satu tujuan yang pasti dimiliki oleh setiap negara. Pendidikan bagi usia anak menjadi faktor yang paling diperhatikan, baik pendidikan ilmu pengetahuan maupun pendidikan karakter.

Jum'at, 19/07/2019 18:56 0

Arab Saudi

Tiap Musim Haji, Kain Kiswah Ka’bah Digulung 3 Meter

Gulungan kain penutuk Ka’bah itu nantinya ditutup dengan kain putih. Gulungan itu dilepas setelah musim haji berakhir.

Jum'at, 19/07/2019 10:07 0

Arab Saudi

AS Perluas Pangkalannya di Saudi dan Tempatkan 500 Pasukan Tambahan

Para pejabat mengatakan sekitar 500 tentara diperkirakan akan tiba di Pangkalan Udara Emir Sulthan, sementara pasukan kecil AS telah berada di pangkalan itu, yang terdiri dari unsur-unsur pendukung.

Jum'at, 19/07/2019 09:23 0

Amerika

Demonstrasi Warga Kulit Hitam Meletus di New York Tuntut Polisi Kulit Putih Diadili

Pantalio dipindah tugaskan di kantor sejak dia terlihat di rekaman video ponsel mencekik seorang pejalan kaki pada 17 Juli 2014. Belakangan diketahui pejalan kaki itu bernama Eric Garner, warga kulit hitam. Dalam rekaman itu, terdengar suara Garner berkata "Aku tidak bisa bernapas" setidaknya sebelas kali sebelum dia meninggal.

Jum'at, 19/07/2019 08:12 0

Timur Tengah

Uni Emirat Arab Tetapkan Libur Empat Hari saat Idul Adha

Di akun Twitter resminya, FAHR mengonfirmasi bahwa Hari Arafah akan ditentukan pada tanggal 9 Dzulhijah 1440 H dan Idul Adha akan dirayakan tanggal 10, 11, dan 12 Dzulhijah.

Kamis, 18/07/2019 12:36 0

Close