... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Usai Bertemu Traveloka dan Tokopedia, Kemenag Tegaskan Umrah Tetap Melalui PPIU

Foto: Rapat Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag bersama Traveloka dan Tokopedia serta perwakilan Kemkominfo di Kantor Kemenag, Jakarta, Jumat (19-07-2019)

KIBLAT.NET, Jakarta – Setelah kabar terlibatnya Traveloka dan Tokopedia dalam penyelenggaraan umrah memantik reaksi masyarakat, Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama segera melakukan pertemuan dengan Kemkominfo dan dua unicorn tersebut.

Rapat bersama Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag bersama Traveloka dan Tokopedia serta perwakilan Kemkominfo di Kantor Kemenag, Jakarta, Jumat (19/07/2019). Rilis resmi humas Kemenag menyebutkan pertemuan ini merupakan upaya Kementerian Agama untuk mendalami perkembangan teknologi informasi terkait penyelenggaraan ibadah umrah.

Kemenag ingin menyamakan persepsi terkait inisiatif Kemkominfo mengembangkan umrah digital. Kemenag menekankan semua pihak terkait untuk mematuhi regulasi, yaitu UU No 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Umrah dan Haji yang baru disepakati Pemerintah dan DPR.

“Hasilnya, ada kesepahaman bahwa pengembangan umrah digital harus berangkat dari prinsip penyelenggaraan umrah dilakukan oleh Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU),” tegas Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim.

Arfi menyatakan pengembangan umrah digital nantinya bersifat optional atau pilihan. Artinya, masyarakat yang akan berangkat umrah bisa memilih dua cara. Pertama, mendaftar di PPIU secara langsung sebagaimana yang berjalan selama ini. Kedua, memilih paket PPIU yang ada di market place dengan keberangkatan tetap oleh PPIU.

Traveloka maupun Tokopedia menegaskan tidak akan menjadi penyelenggara umrah. Komitmen ini juga berlaku bagi unicorn lainnya. Menurut Arfi, Umrah Digital dikembangkan dengan semangat meningkatkan standar manajemen sesuai kebutuhan masyarakat di era digital.

BACA JUGA  LPA Generasi Apresiasi Visi Mendikbud

“Karenanya, PPIU juga dituntut untuk terus berinovasi memanfaatkan teknologi informasi,” ujarnya.

Sumber: Humas Kemenag
Redaktur: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Iran

Iran Sita Kapal Tanker Inggris Saat Melintas di Selat Hormuz

Stena Polk, pemilik kapal tanker minyak Inggris Stina Empero, mengatakan kehilangan kontak dengan kapalnya setelah diserang selama pelayarannya di Selat Hormuz.

Sabtu, 20/07/2019 10:53 0

Arab Saudi

Riyadh Setujui Penempatan Kembali Pasukan AS di Wilayahnya

langkah itu bertujuan untuk "meningkatkan aksi bersama dalam membela keamanan dan stabilitas kawasan dan memastikan perdamaian."

Sabtu, 20/07/2019 08:38 0

Wilayah Lain

Perusahaan Animasi Jepang Dibakar, Penggemar Kategorikan Aksi Teror

Serangan pembakaran yang menghancurkan sebuah perusahaan animasi Jepang yang terkenal menyakitkan para penggemar anime. Banyak yang menyamakannya dengan serangan teror terhadap komunitas mereka.

Jum'at, 19/07/2019 19:49 0

Amerika

Trump: Kapal Perang AS Tembak Jatuh Drone Iran

Presiden AS Donald Trump, mengatakan bahwa kapal perang USS Boxer menembak jatuh drone Iran di selat Hormuz.

Jum'at, 19/07/2019 19:08 0

Opini

Internet di Indonesia, Sudah Layak Anak?

Membentuk generasi muda yang memiliki nilai moral dan berakhlak tinggi merupakan salah satu tujuan yang pasti dimiliki oleh setiap negara. Pendidikan bagi usia anak menjadi faktor yang paling diperhatikan, baik pendidikan ilmu pengetahuan maupun pendidikan karakter.

Jum'at, 19/07/2019 18:56 0

Arab Saudi

Tiap Musim Haji, Kain Kiswah Ka’bah Digulung 3 Meter

Gulungan kain penutuk Ka’bah itu nantinya ditutup dengan kain putih. Gulungan itu dilepas setelah musim haji berakhir.

Jum'at, 19/07/2019 10:07 0

Arab Saudi

AS Perluas Pangkalannya di Saudi dan Tempatkan 500 Pasukan Tambahan

Para pejabat mengatakan sekitar 500 tentara diperkirakan akan tiba di Pangkalan Udara Emir Sulthan, sementara pasukan kecil AS telah berada di pangkalan itu, yang terdiri dari unsur-unsur pendukung.

Jum'at, 19/07/2019 09:23 0

Amerika

Demonstrasi Warga Kulit Hitam Meletus di New York Tuntut Polisi Kulit Putih Diadili

Pantalio dipindah tugaskan di kantor sejak dia terlihat di rekaman video ponsel mencekik seorang pejalan kaki pada 17 Juli 2014. Belakangan diketahui pejalan kaki itu bernama Eric Garner, warga kulit hitam. Dalam rekaman itu, terdengar suara Garner berkata "Aku tidak bisa bernapas" setidaknya sebelas kali sebelum dia meninggal.

Jum'at, 19/07/2019 08:12 0

Timur Tengah

Uni Emirat Arab Tetapkan Libur Empat Hari saat Idul Adha

Di akun Twitter resminya, FAHR mengonfirmasi bahwa Hari Arafah akan ditentukan pada tanggal 9 Dzulhijah 1440 H dan Idul Adha akan dirayakan tanggal 10, 11, dan 12 Dzulhijah.

Kamis, 18/07/2019 12:36 0

Amerika

Buntut Pengiriman S-400, AS Putus Kerjasama Jet Tempur F-35 dengan Turki

Digunakan oleh NATO dan sekutu AS lainnya, jet tempur siluman F-35 disebut-sebut sebagai jet tempur paling canggih di dunia.

Kamis, 18/07/2019 12:09 0

Close