... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Trump: Kapal Perang AS Tembak Jatuh Drone Iran

Foto: Trump mengatakan USS Boxer mengambil tindakan setelah drone itu berada dalam jarak 1.000 yard. Foto: Craig Z Rodarte / AFP / Getty Images

KIBLAT.NET, Washington – Presiden AS Donald Trump, mengatakan bahwa kapal perang USS Boxer menembak jatuh drone Iran di selat Hormuz. Trump menyebut tindakan itu dilakukan sebagai langkah defensif setelah drone Iran berada dalam jarak 1.000 yard dari kapal dan mengabaikan peringatan untuk mundur.

“Drone itu segera dihancurkan,” kata Trump, menambahkan bahwa pesawat tak berawak mengancam keselamatan kapal Amerika dan awaknya, dan meminta negara-negara lain untuk mengutuk Iran dan melindungi kapal mereka sendiri.

Iran membantah bahwa kapal perang AS menjatuhkan salah satu dronenya di selat Hormuz, di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara.

Wakil menteri luar negeri Iran, Abbas Araqchi, menulis di Twitter, “Kami belum kehilangan drone di Selat Hormuz atau di tempat lain. Saya khawatir bahwa USS Boxer telah menjatuhkan UAS [sistem udara tak berawak] mereka sendiri secara tidak sengaja!”

Kantor berita semi-resmi Tasnim mengutip juru bicara militer Jenderal Abolfazl Shekari yang mengatakan pada hari Jumat bahwa “semua pesawat tanpa awak Iran yang berada di Teluk Persia dan Selat Hormuz […] telah kembali ke pangkalan mereka.”

Sementara Pentagon mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa USS Boxer, sebuah kapal serbu amfibi, telah mengambil “tindakan defensif” terhadap sebuah drone, tetapi tidak menyebutkan apakah pesawat itu adalah milik Iran.

Kepala juru bicara Pentagon, Jonathan Hoffman, mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis: “Sistem udara tak berawak sayap tetap mendekati Boxer dan ditutup dalam jarak yang mengancam. Kapal mengambil tindakan defensif terhadap UAS untuk memastikan keamanan kapal dan awaknya.”

BACA JUGA  Pentagon: Ribuan Tahanan ISIS di Penjara Kurdi Bisa Jadi Bom Waktu

Pernyataan itu menjelaskan tentang bagaimana drone itu dijatuhkan , tetapi CNN melaporkan tindakan tersebut dilakukan dengan gangguan elektronik, bukan tembakan.

Menteri luar negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, dalam kunjungan ke PBB di New York, juga membantah kehilangan pesawat tanpa awak. Dia mengatakan kepada wartawan: “Kami tidak memiliki informasi tentang kehilangan pesawat tak berawak.”

Ketegangan di kawasan Teluk sangat tinggi setelah keputusan Trump pada Mei tahun lalu untuk menarik diri dari perjanjian nuklir multilateral 2015 dengan Iran dan memberlakukan embargo minyak dan perbankan terhadap Iran. Telah ada peningkatan tajam dalam insiden di Teluk.

Iran baru-baru ini mengklaim telah menembak jatuh pesawat tak berawak AS yang terbang di atas perairan Iran. Trump membatalkan serangan rudal pembalasan yang direncanakan pada menit terakhir. Zarif mengatakan kedua negara telah “beberapa menit jauhnya” dari konflik.

“Saya percaya Presiden Trump menjalankan kehati-hatian dengan tidak menyetujui saran yang dibuat kepadanya untuk membalas karena dalam pandangan saya … dia menerima informasi bahwa tidak ada perang dengan Iran akan menjadi perang singkat,” ujarnya.

Sebelumnya pada hari Kamis, Iran mengatakan bahwa tentaranya telah menyita sebuah kapal milik asing dan 12 awaknya karena diduga menyelundupkan minyak ke luar negeri, dan beberapa jam kemudian dirilis video yang menunjukkan bahwa kapal tersebut adalah kapal yang berbasis di Uni Emirat Arab yang telah lenyap di perairan Iran selama akhir pekan.

BACA JUGA  Internal Koalisi AS Berselisih Soal Ekstradisi Anggota ISIS yang Tertawan

Zarif mengatakan kapal itu relatif kecil dan disita sebagai bagian dari kepolisian rutin terhadap penyelundupan maritim.

Sumber: The Guardian
Redaktur: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Internet di Indonesia, Sudah Layak Anak?

Membentuk generasi muda yang memiliki nilai moral dan berakhlak tinggi merupakan salah satu tujuan yang pasti dimiliki oleh setiap negara. Pendidikan bagi usia anak menjadi faktor yang paling diperhatikan, baik pendidikan ilmu pengetahuan maupun pendidikan karakter.

Jum'at, 19/07/2019 18:56 0

Indonesia

Jumlah WNI yang Wafat Saat Haji Bertambah

Jumlah jemaah haji yang wafat di tanah suci tahun ini bertambah satu orang.

Kamis, 18/07/2019 14:34 0

Indonesia

WALHI Kritisi Ucapan Presiden Jokowi Soal Investasi

Ia juga mengkritisi narasi mengundang investasi yang seluas-luasnya dalam rangka membuka lapangan pekerjaan.

Kamis, 18/07/2019 14:25 1

Indonesia

Kantongi Rekaman CCTV, TPF Tak Bisa Ungkap Pelaku Penyerangan Novel

Tim Pencari Fakta (TPF) berdalih hasil rekaman kamera CCTV resolusinya rendah

Kamis, 18/07/2019 11:22 0

Video News

Akhirnya, Pakar TGPF Ungkap Temuan di Kasus Novel Baswedan

KIBLAT.NET- Jakarta, 17 Juli 2019, salah satu anggota Tim Pakar TGPF, Nurcholis akhirnya buka suara...

Kamis, 18/07/2019 08:33 0

Video News

Penyiram Air Keras Novel Baswedan Belum Terungkap? Ini Jawaban Humas Polri

KIBLAT.NET- Jakarta, Rabu, 17 Juli 2019, Sudah sekian lama, puzzle terbesar di kasus penyiraman air...

Kamis, 18/07/2019 08:27 0

Indonesia

Tindaklanjuti Temuan TGPF Kasus Novel, Polri Akan Bentuk Tim Teknis

Mabes Polri mengatakan akan segera membentuk tim Teknis. Nantinya, tim ini akan menindaklanjuti temuan TGPF.

Kamis, 18/07/2019 02:03 0

Indonesia

6 Kasus Ini Dinilai Penyebab Novel Baswedan Disiram Air Keras

Tim Pencari Fakta penyerangan Novel Baswedan merekomendasikan Kapolri membuat Tim Teknis.

Kamis, 18/07/2019 01:54 0

Indonesia

Tolak Pelibatan Dua Unicorn, SAPUHI: Umrah Dari, Oleh, dan Untuk Umat Islam

Travel umrah adalah satu-satunya bisnis yang diatur hanya boleh dimiliki dan dikelola oleh WNI beragama Islam

Rabu, 17/07/2019 19:29 1

Indonesia

BPJPH: Kewajiban Sertifikasi Halal Dilakukan Bertahap Mulai Oktober 2019

Tahapan kewajiban bersertifikat halal bagi produk makanan dan minuman mulai 17 Oktober 2019 sampai dengan 17 Oktober 2024

Rabu, 17/07/2019 16:49 0

Close