Buntut Pengiriman S-400, AS Putus Kerjasama Jet Tempur F-35 dengan Turki

KIBLAT.NET, Washington – Amerika Serikat mengatakan telah mengeluarkan Turki dari program jet tempur F-35. Langkah ini diputuskan setelah Turki mulai menerima pengiriman sistem pertahanan rudal Rusia S-400 minggu lalu.

Bagian pertama dari sistem pertahanan udara S-400 diterbangkan ke pangkalan udara militer Murted di barat laut Ankara pada hari Jumat. Hal ini menjadi penanda kesepakatan Turki dengan Rusia, yang berusaha untuk dicegah AS selama berbulan-bulan.

“AS dan mitra F-35 lainnya selaras dalam keputusan ini untuk menangguhkan Turki dari program dan memulai proses untuk secara resmi mengeluarkan Turki dari program tersebut,” kata Ellen Lord, wakil menteri pertahanan untuk akuisisi dan keberlanjutan.

“Amerika Serikat menghabiskan antara US $ 500 dan US $ 600 juta dalam rekayasa non-berulang untuk menggeser rantai pasokan,” katanya.

Digunakan oleh NATO dan sekutu AS lainnya, jet tempur siluman F-35 disebut-sebut sebagai jet tempur paling canggih di dunia. Washington khawatir bahwa penyebaran S-400 dengan F-35 akan memungkinkan Rusia untuk mendapatkan terlalu banyak informasi dari sistem siluman jet tempur tersebut.

“F-35 tidak dapat hidup berdampingan dengan platform pengumpulan intelijen Rusia yang akan digunakan untuk mempelajari kemampuan canggihnya,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan sebelumnya pada hari Rabu.

Washington telah lama mengatakan akuisisi tersebut dapat menyebabkan Turki dihentikan dari program F-35. Pentagon telah menyusun rencana untuk menghapus Turki dari program tersebut, termasuk menghentikan pelatihan baru bagi pilot Turki di pesawat canggih.

“Situasi dengan Turki adalah masalah pemerintah-ke-pemerintah dan kami akan mematuhi panduan apa pun yang dikeluarkan oleh Pemerintah Amerika Serikat,” kata juru bicara Lockheed Martin Corp, kontraktor utama jet itu.

Sumber: Reuters
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat