... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Turki Mulai Terima Senjata dari Rusia, S-400 Rudal Pertahanan Udara

Foto: Rudal Rusia/ilustrasi

KIBLAT.NET – Turki Mulai Terima Senjata dari Rusia, S-400 Rudal Pertahanan Udara. Pekan ini, Turki mulai menerima kiriman senjata pesanannya dari Rusia. Jumat pagi, 12 Juli 2019, dua pesawat angkut Rusia mengirimkan komponen pertama untuk sistem rudal pertahanan udara S-400 ke lapangan udara Murted di pinggiran Ankara.

Turki pada akhirnya tetap membeli S-400 tersebut meskipun ada keberatan dari Amerika Serikat. Pembelian ini tentu saja menyegel hubungan keamanan dan pertahanan antara Moskow dan Ankara.

Langkah tersebut juga meningkatkan risiko sanksi terhadap Turki, sekutu kunci dalam NATO dan mitra lama AS di Timur Tengah, wilayah Laut Hitam dan di Eropa Tenggara.

Ankara menghadapi ancaman nyata akan dikeluarkan dari konsorsium internasional di belakang F-35, jet tempur canggih yang akan menyediakan sebagian besar kekuatan udara AS dalam beberapa dekade mendatang.

Perusahaan-perusahaan sektor pertahanan Turki juga dalam bahaya hukuman di bawah aturan CAATSA (Countering America’s Adversaries Through Sanctions Act), sebuah undang-undang federal Amerika Serikat yang menjatuhkan sanksi terhadap Iran, Korea Utara, dan Rusia.

CAATSA disahkan oleh Kongres dua tahun lalu dengan dukungan bipartisan yang luar biasa. Undang-undang tersebut memberikan hukuman bagi negara-negara yang terlibat dalam perjanjian pertahanan dengan Rusia, Iran dan Korea Utara.

Paling keras, sanksi bisa berdampak pada sistem keuangan Turki yang semakin rapuh, menutupnya dari pasar uang AS dan internasional. Selain itu, mereka secara simbolis akan merendahkan Turki dari sekutu menjadi rekan negara-negara yang dianggap AS sebagai penghianat.

BACA JUGA  Erdogan: Turki Tangkap Istri Pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi

Ketakutan di Washington tentang perubahan pihak Turki tidak semuanya salah tempat. Penyebaran S-400, sistem anti-pesawat paling canggih di Moskow yang dirancang untuk menjaga AS dan sekutu-sekutunya, akan memfasilitasi pengumpulan dan transfer data sensitif ke Rusia.

Pelanggaran teknologi siluman F-35 akan menyangkal Amerika dan mitra terdekatnya, seperti Israel, Jepang, Korea Selatan, Australia, Kanada, Inggris, dan lainnya, keunggulan strategis yang mereka miliki atas musuh-musuh mereka.

Redaktur: Salem
Sumber: Al Jazeera

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ini Lho Resep Komposisi Pakan Ternak Bergizi Ala Global Qurban

KIBLAT.NET, Blora – Menjelang hari raya Idul Adha, beberapa peternak telah menggemukkan hewan-hewannya sejak beberapa...

Sabtu, 13/07/2019 15:09 0

Indonesia

Parpol Minta Jatah Menteri, Pengamat: Di Politik Kita Tidak Ada Makan Siang Gratis

Pengamat Politik Ujang Komarudin menanggapi adanya partai polisik yang meminta jatah kursi menteri.

Sabtu, 13/07/2019 13:38 0

Indonesia

Pengamat: Gerindra Sebaiknya Jadi Oposisi

Pengamat Politik Ujang Komarudin menegaskan bahwa sebaiknya Gerindra berada di luar pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Sabtu, 13/07/2019 13:22 0

Siyasah

Perjuangan Penegakan Islam di Aljazair, dari Era Kolonialisme Hingga Kebangkitan FIS

FLN selaku partai penguasa berdebar-debar takut melihat popularitas FIS. Akhirnya, pemerintah menetapkan undang-undang pemilu yang melarang FIS memanfaatkan kekuatannya di wilayah-wilayah yang menjadi kantong pendukungnya.

Sabtu, 13/07/2019 05:00 0

Manhaj

Tingkatan Manusia dalam Membantu Kezaliman

Pembantu kezaliman bertingkat-tingkat sesuai dengan andil yang mereka berikan dan setiap tingkatan ada konsekuensinya masing-masing.

Jum'at, 12/07/2019 19:32 0

Indonesia

Pengalaman Seru Anisa Rahma dan Suami Ikut ‘Farm Tour’ Global Qurban ACT

Anisa mengatakan bahwa ia mendapat kesempatan untuk memandikan kambing dan memberinya makan ketika mengikuti rangkaian acara Farm Tour Global Qurban 2019 yang diadakan ACT

Jum'at, 12/07/2019 17:02 0

Indonesia

Kenapa Hewan Qurban ACT Berkualitas? Ini Rahasianya

Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui Global Qurban (GQ) telah menyiapkan ribuan hewan qurban berupa domba di Lumbung Ternak Wakaf (LTW) yang tersebar di beberapa titik di Indonesia.

Jum'at, 12/07/2019 15:23 0

Indonesia

Pengacara Ungkap Kejanggalan Kasus Overstay Habib Rizieq

Pengacara Habib Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro mengungkapkan kejanggalan overstay Habib Rizieq di Arab Saudi.

Jum'at, 12/07/2019 14:46 0

Indonesia

Google Akui Rekam Suara Pengguna, Kebijakan Privasi Dipertanyakan

Google juga mengungkapkan bahwa suara pelanggan kadang-kadang dapat direkam sekalipun ketika tidak mengaktifkan Asisten.

Jum'at, 12/07/2019 13:47 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Menang Bersama Orang Orang yang Lemah – Ust. Miftahul Ihsan, Lc.

KIBLAT.NET- Banyak kisah baik di Al-Quran maupun Hadits yang menceritakan banyak kelompok yang lemah mengalahkan...

Jum'at, 12/07/2019 12:53 1

Close