PBB Kecam Penggunaan Senjata Terlarang oleh Rezim Assad

KIBLAT.NET, Idlib – Rezim Assad telah berulang kali menargetkan wilayah pemukiman, terutama di kota Idlib, yang menyebabkan banyak kematian warga sipil.

PBB pada hari Jumat (12/07/2019), mengecam rezim Assad di Suriah karena menggunakan senjata terlarang di permukiman sipil dan melakukan blokade sebagai alat perang.

“PBB sangat mengecam penggunaan amunisi yang dilarang oleh pemerintah Suriah, penggunaan senjata berat secara sembarangan di daerah-daerah berpenduduk, bom barel, pemboman udara, senjata pembakar, rudal balistik dan bom tandan, dan penggunaan kelaparan dan pengepungan yang ditujukan terhadap warga sipil populasi sebagai metode perang,” kata draft PBB yang disetujui di Jenewa.

Turki dan Rusia sepakat September lalu untuk mengubah Idlib menjadi zona de-eskalasi di mana tindakan agresi secara tegas dilarang.

Namun, rezim Suriah, secara konsisten melanggar ketentuan gencatan senjata, meluncurkan serangan yang sering di dalam zona de-eskalasi.

Suriah baru saja mulai muncul dari konflik yang menghancurkan yang dimulai pada awal 2011 ketika rezim Bashar al-Assad menindak demonstran dengan tingkat keparahan yang tidak terduga.

Sumber: Anadolu
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat