... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pertama Kali, Muslim Sri Lanka Siapkan Kandidat untuk Pilpres

Foto: Muslim Sri Lanka

KIBLAT.NET, Kolombo – Untuk pertama kalinya dalam sejarah pemilihan Presiden Sri Lanka, seorang Muslim yang tidak mewakili partai politik arus utama ditetapkan untuk maju sebagai calon presiden.

Sumber-sumber politik Muslim, mengungkapkan bahwa semua partai politik Muslim akan mendukung calon Presiden Muslim tersebut, yang kemungkinan akan dicalonkan oleh Kongres Muslim Sri Lanka (SLMC).

“Partai-partai Muslim kemungkinan akan membentuk koalisi yang longgar pada pemilihan Presiden, sehingga basis pemilih Muslim tidak akan terpecah dan akan bersatu,” kata sumber tersebut menambahkan.

Menurut sumber-sumber ini, konsensus inilah yang juga menyebabkan pengunduran diri massal Menteri Muslim secara tiba-tiba pada 3 Juni. Mereka mengundurkan diri sebagai protes terhadap penargetan politisi Muslim tunggal, pemimpin ACMC (dan mantan Menteri) Rishad Bathiudeen.

“Bahkan Menteri Muslim UNP yang dipilih oleh pemilih Sinhala mengundurkan diri secara tak terduga pada 3 Juni dengan Menteri Muslim yang dipilih oleh suara Muslim. Perkembangan politik yang tidak diungkapkan dari calon Muslim yang akan datang adalah alasan pengunduran diri mereka, yang tidak diketahui publik pada waktu itu. Semua orang dituntun untuk percaya bahwa semua Menteri Muslim bersatu dengan Menteri Bathiudeen ketika mereka mengundurkan diri,” tambah sumber.

Ketika ditanya soal apakah suara Muslim cukup untuk mengangkat kandidat presiden tersebut, sumber itu menjawab, “Sudah diketahui bahwa kandidat Muslim yang terpisah tidak dapat memenangkan pemilihan Presiden sendirian. Kami jelas memahami hal ini. Harapan dari kandidat Muslim untuk menunjukkan bahwa ia milik umat Muslim.”

“Suara negara, dan dia, yang mewakili Muslim di negara itu, akan mulai melakukan tawar-menawar dengan kandidat arus utama yang kemungkinan besar akan menjadi pemenang dalam pemilihan Presiden. Karena itu dia akan dapat melakukan negosiasi ini untuk Muslim Lanka dalam kapasitas yang lebih besar daripada Menteri Kabinet Muslim standar atau pemimpin partai Muslim biasa.”

Sumber lebih melanjutkan, “Begitu calon arus utama yang kemungkinan akan menjadi pemenang setuju dengan tuntutan calon Presiden Muslim kami, maka calon Muslim kami akan menarik diri dari pencalonannya dan menjanjikan dukungan pemilih Muslimnya kepada kandidat arus utama ini.”

Sumber: Tribun Asia
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pengacara Ungkap Kejanggalan Kasus Overstay Habib Rizieq

Pengacara Habib Rizieq Shihab, Sugito Atmo Prawiro mengungkapkan kejanggalan overstay Habib Rizieq di Arab Saudi.

Jum'at, 12/07/2019 14:46 0

Indonesia

Google Akui Rekam Suara Pengguna, Kebijakan Privasi Dipertanyakan

Google juga mengungkapkan bahwa suara pelanggan kadang-kadang dapat direkam sekalipun ketika tidak mengaktifkan Asisten.

Jum'at, 12/07/2019 13:47 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Menang Bersama Orang Orang yang Lemah – Ust. Miftahul Ihsan, Lc.

KIBLAT.NET- Banyak kisah baik di Al-Quran maupun Hadits yang menceritakan banyak kelompok yang lemah mengalahkan...

Jum'at, 12/07/2019 12:53 1

Indonesia

KH. Shobri Lubis: Ada Yang Ketakutan Jika Habib Rizieq Pulang

Ketua Umum DPP Front Pembela Islam (FPI) KH. Ahmad Shobri Lubis menyatakan Habib Rizieq Shihab dicekal tak boleh keluar dari Arab Saudi

Kamis, 11/07/2019 18:19 0

Indonesia

Lagi, 27 Tersangka Ricuh 21-22 Mei Mendapat Penangguhan Penahanan

Lembaga Advokasi Bantuan Hukum Front (BHF), kembali melakukan penangguhan penahanan terhadap beberapa tersangka kerusuhan 21-22 Mei

Kamis, 11/07/2019 17:41 0

Video News

Ketua FPI: Habib Rizieq Tidak Takut Pulang

KIBLAT.NET- Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019, Gerakan Kedaulatan Rakyat untuk Keadilan dan Kemanusiaan (GERAK KEMANUSIAAN)...

Kamis, 11/07/2019 16:37 0

Indonesia

Global Qurban Tawarkan Kemudahan Berqurban Manfaatkan Teknologi Informasi

Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Global Qurban (GQ) dengan tema “Dermawan Berqurban, Berkahnya Bahagiakan Dunia”

Kamis, 11/07/2019 16:27 0

Video News

Kenapa Habib Rizieq Tak Kunjung Pulang, Ini Penjelasan Terbaru Ketua GNPF Ulama

KIBLAT.NET- Jakarta, Rabu, 10 Juli 2019, Gerakan Kedaulatan Rakyat untuk Keadilan dan Kemanusiaan (GERAK KEMANUSIAAN)...

Kamis, 11/07/2019 15:56 0

Indonesia

KAMMI Desak Jokowi Tepati Janji Beri Amnesti Untuk Baiq Nuril

KAMMI se-Indonesia dari Sabang hingga Merauke siap turun ke jalan untuk mendesak Jokowi segera mengabulkan janjinya memberikan amnesti untuk Baiq Nuril

Kamis, 11/07/2019 14:02 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Tiga Sikap Umat Islam Terhadap Kezaliman Penguasa

Khutbah Jumat: Tiga Sikap Umat Islam Terhadap Kezaliman Penguasa

Kamis, 11/07/2019 13:17 0

Close