... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

KAMMI Desak Jokowi Tepati Janji Beri Amnesti Untuk Baiq Nuril

Foto: Ketua Umum Pengurus Pusat KAMMI Irfan Ahmad Fauzi (paling kiri) dan Baiq Nuril (kanan)

KIBLAT.NET, Jakarta – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) mendesak Presiden Joko Widodo untuk segera menunaikan janji memberikan amnesti kepada Baiq Nuril, guru asal Mataram yang dijatuhi hukuman dipidana meski jadi korban pelecehan seksual atasannya.

Ketua Umum Pengurus Pusat KAMMI Irfan Ahmad Fauzi menegaskan bahwa KAMMI akan terus mengawal janji Jokowi terhadap Baiq Nuril, sebagai bagian dari komitmen KAMMI untuk melawan ketidakadilan. Irfan bersama jajaran Pengurus Pusat KAMMI menemui langsung Baiq Nuril di DPR RI pada Rabu (10/07/2019) dan menyampaikan komitmen tersebut.

“Saya telah sampaikan dukungan moril kepada Ibu Baiq Nuril, ketidakadilan yang menimpa beliau tidak bisa dibiarkan. Janji Presiden untuk memberikan amnesti harus kita tagih, atas nama kemanusiaan KAMMI akan ikut mengawal kasus beliau hingga mendapatkan keadilan,” tegas Irfan melalui rilisnya, Kamis (11/07/2019).

Irfan menyebut ribuan kader KAMMI se-Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke siap turun ke jalan untuk mendesak Jokowi segera mengabulkan janjinya yang disampaikan pada November 2018 lalu.

Meski lazimnya amnesti berkaitan dengan kasus politik, terapi Irfan menegaskan atas nama kemanusiaan dan keadilan, kasus Baiq Nuril perlu dicari jalan keluarnya. “Sampai saat ini opsi solusi untuk Ibu Baiq Nuril adalah Amnesti,” katanya.

Berdasarkan Kajian Litbang KAMMI, UU Darurat No.11/1954 tentang Amnesti dan abolisi tidak membatasi hanya pada perkara politik. Sehingga pemberian amnesti dapat diberikan atas nama kemanusiaan dan kepentingan negara melindungi korban kejahatan seksual.

BACA JUGA  Soal Pembangunan Infrastruktur, Komisi V: Masih Banyak Pihak yang Dirugikan

Selain itu, dalam waktu dekat berdasarkan permintaan bantuan dari Kuasa Hukum Baiq Nuril, PP KAMMI akan mengirimkan surat ke Kejaksaan Agung agar Baiq Nuril tidak ditahan.

“KAMMI juga akan memperjuangkan agar Ibu Baiq Nuril tidak dieksekusi dimasukkan ke tahanan. Maka atas saran dari kuasa hukum beliau, KAMMI akan segera mengirim surat ke Kejagung menolak agar Ibu Baiq Nuril tidak ditahan,” tambah Ketua Bidang Kebijalan Publik PP KAMMI Deni Setiadi.

Deni juga meyatakan bahwa komitmen KAMMI ini bukanlah hal baru, sebab sejak kasus Baiq Nuril bergulir, KAMMI atas nama Bidang Perempuan PP KAMMI telah mengkaji dan mengawal jalannya kasus tersebut.

Diketahui, berdasarkan putusan Mahkamah Agung setelah banding hingga tingkat kasasi, Baiq Nuril dijatuhi hukuman 6 bulan penjara dan denda Rp 500 juta karena dianggap melanggar UU ITE. Padahal, menurut Litbang KAMMI, posisi Baiq Nuril adalah korban atas kejahatan seksual yang dilakukan oleh Muslim, Mantan Kepala Sekolah tempat Baiq Nuril bekerja.

Selain itu, menurut Litbang KAMMI, pasal-pasal yang menjerat Baiq Nuril yakni pasal 27 ayat (1) dan pasal 45 ayat (1) UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) merupakan pasal karet yang kerap disalahgunakan oleh pihak-pihak yang berkuasa.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Rudal Jet Suriah Lumpuhkan Satu-satunya Rumah Sakit di Jisr Al-Shugour

“Setidaknya dua roket menghantam kami sehingga menyebabkan rumah sakit lumpuh karena generator hancur total,” kata Khatib seperti dilansir Al-Sarq Al-Ausath.

Kamis, 11/07/2019 13:26 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Tiga Sikap Umat Islam Terhadap Kezaliman Penguasa

Khutbah Jumat: Tiga Sikap Umat Islam Terhadap Kezaliman Penguasa

Kamis, 11/07/2019 13:17 0

Afrika

Somalia Eksekusi Mati Tiga Anggota Al-Shabaab

Pernyataan militer Somalia menunjukkan bahwa ketiganya dieksekusi dengan ditembak.

Kamis, 11/07/2019 09:09 0

Afrika

Prancis Benarkan Rudal yang Disita dari Kamp Militer Haftar Miliknya

Banyaknya ladang minyak di negara itu mendorong kekuatan-kekuatan dunia ikut bermain dalam konflik sehingga tak kunjung berakhir.

Kamis, 11/07/2019 08:03 0

Yaman

Yaman Kecam Aliran Senjata Iran ke Pemberontak Hutsi

Eryani mencatat bahwa Iran terus menyelundupkan senjata-senjata dan teknologi militer yang digunakan dalam operasi-operasi Hutsi yang menargetkan warga sipil.

Rabu, 10/07/2019 14:14 0

Suriah

Kamp Pengungsi di Idlib Jadi Sasaran Jet Suriah, Empat Sipil Tewas

Rezim dan Rusia mengklaim serangan itu menargetkan "teroris"

Rabu, 10/07/2019 13:41 0

Singapura

Pria di Singapura Tewas Disengat Lebah saat Berburu Durian

Quek Lye Seng menjadi ayah tunggal dari dua anak setelah istrinya tewas tertimpa pohon tumbang 12 tahun lalu.

Rabu, 10/07/2019 13:40 0

Afrika

Layanan Internet di Sudan Kembali Aktif Setelah Sebulan Diputus

"Hari ini, pengadilan memerintahkan Zain, MTN dan Sudani (operator seluler) untuk memulihkan layanan Internet seluler," katanya.

Rabu, 10/07/2019 09:04 0

Afghanistan

Keluarga Petani Jadi Korban Serangan Udara Afghanistan, Warga Marah

Aksi Protes pecah di jalan-jalan utama di kota Bel Khamri sesaat setelah serangan udara tersebut. Para demonstran yang merupakan warga sipil menggunakan truk pickup untuk mengarak jasad para korban sebelum dimakamkan.

Rabu, 10/07/2019 07:34 0

Pakistan

Pakistan Puji Burhan Wani, Pejuang Kashmir yang Ditembak India

Burhan Wani dipuji sebagai pahlawan oleh Pakistan, namun disebut teroris oleh India

Selasa, 09/07/2019 17:20 0

Close