... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Masa Tugas Berakhir, TPF Kasus Novel Harus Paparkan Hasil Kerjanya

Foto: Novel Baswedan.

KIBLAT.NET, Jakarta – Pakar Hukum Pidana Universitas Al-Azhar, Suparji Ahmad menekankan bahwa kasus Novel yang tidak kunjung terungkap merupakan bentuk ironi hukum. Padahal, korban adalah ujung tombak pemberantasan korupsi di Indoensia.

“Ini menandai terjadinya ironi hukum karena kekerasan fisik dan teror terhadap penegak hukum yang menjadi ujung tombak pemberantasan korupsi tidak berhasil diungkap faktanya. Dan tidak ada yang dimintakan pertanggungjawaban hukum,” ujarnya saat dihubungi Kiblat.net pada Selasa (09/07/2019).

“Ini belum sesuai harapan masyarakat dan pembentukan TPF. Karena perlu diungkap faktor apa yang menyebabkan sulitnya penanganan kasus ini,” tuturnya.

Menurutnya, jika tidak diungkap maka akan menjadi preseden buruk di masa yang akan datang mengingat ketidakjelasan pengungkapan kasus tersebut. Tim Pencari Fakta, kata dia, yang telah dibentuk hendaknya segera mempertanggungjawabkan hasil kerjanya. Sebab, masa tugas yang berlangsung enam bulan sudah berakhir.

“Sesuai dengan semangat profesional modern dan terpercaya maka hasil kinerjanya harus diungkap secara transparan,” ujar Suparji.

Ia juga menegaskan bahwa kasus ini akan mempengaruhi kinerja KPK dalam memberantas korupsi. Karena jika pimpinan mendapat teror, belum mendapatkan perlindungan hukum dengan baik.

“Semakin berlarut-larut kasus ini, maka semakin sulit mengungkapnya. Karena alat bukti semakin sulit ditemukan,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Yaman

UEA Tarik Pasukan dari Yaman, Ada Apa?

Pertentangan kebijakan dengan Arab Saudi dan pelarangan pembelian senjata dari negara-negara Eropa disebut penyebab putusan tersebut.

Selasa, 09/07/2019 09:52 0

Rusia

Putin dan Netanyahu Bahas Koordinasi Militer di Suriah

Sebelumnya, harian Israel Yedioth melaporkan bahwa Israel dan Rusia sepakat membagi kerja di Suriah tanpa hambatan. Kesepakatan itu dicapai selama KTT tiga negara di Yerusalem.

Selasa, 09/07/2019 09:29 0

Arab Saudi

Saudi Bebaskan Syaikh Muhammad Al-Shaqabi

Pemerintah Saudi menahan Syaikh Al-Shaqabi pada 2008 di kediamannya di kota Buraidah. Ia divonis 30 tahun penjara atas tuduhan “melawan ulil amri”.

Selasa, 09/07/2019 08:58 0

Belanda

Belanda Dakwa Warganya Terduga Anggota ISIS Lakukan Kejahatan Perang

Ashraf mengatakan dalam sebuah pembelaan bahwa ia bergabung dengan ISIS setelah menjadi gelandangan di Belanda. Selama berada di wilayah ISIS, ia mengaku tidak membahayakan siapa pun.

Selasa, 09/07/2019 07:51 0

Afghanistan

Taliban Kembali Target Markas Lembaga Keamanan Pemerintah

Meski demikian, Khalilzad tidak secara spesifik menyalahkan Taliban.

Selasa, 09/07/2019 06:50 0

Artikel

Imajinasi Kolonial di Balik Budaya ‘Asli’ Nusantara

Kebijakan membangkitkan dan merekonstruksi ingatan pra-Islam sebagai budaya Nusantara adalah buah dari kebijakan nativisasi penjajah yang hendak memisahkan Islam dari identitas bangsa kita

Senin, 08/07/2019 19:33 0

Asia

Tanah Longsor Hancurkan Kamp-kamp Pengungsi Rohingya di Bangladesh

Musim hujan yang memicu tanah longsor di kamp-kamp pengungsi Rohingya di Bangladesh telah menewaskan satu orang dan menyebabkan lebih dari 4.500 orang kehilangan tempat tinggal.

Senin, 08/07/2019 17:33 0

Foto

Potret Jamaah Haji Tiba di Arab Saudi

"Jamaah pertama tiba dari Indonesia, Bangladesh, India, dan Pakistan," Saudi Press Agency melaporkan.

Senin, 08/07/2019 16:35 0

Palestina

Warga Palestina Tabrak Gerombolan Tentara Israel, Lima Terluka

Warga Palestina melakukan perlawanan dengan berbagai upaya, salah satunya dengan operasi nekad menabrak tentara penjajah di jalan. Sejumlah operasi serupa menyebabkan tentara Israel tewas dan terluka.

Senin, 08/07/2019 10:14 0

Video Kajian

Kiat Menjadi Guru Keluarga- Ust. Adian Husaini

KIBLAT.NET- Keluarga merupakan tempat pertama pendidikan karakter dan akhlak pada manusia. Bagaimana cara kita menerapkan...

Senin, 08/07/2019 08:45 0

Close