Pasca Banjir Konawe, DPW WI Sultra Gelar Basic Training Tanggap Darurat Bencana

KIBLAT.NET, Kendari – Dewan Pimpinan Wilayah Wahdah Islamiyah Sulawesi Tenggara (DPW WI Sultra) menggelar Basic Training Tanggap Bencana Wahdah Peduli di Gedung Grapari Telkomsel Kendari, Jalan Jenderal Ahmad Yani No.8 Kadia Kota Kendari, Sabtu (06/07/2019).

Mengusung tema ‘Tingkatkan Sinergitas dan Kualitas Demi Kerja Tuntas’, Basic Training ini dibuka secara resmi oleh Ketua DPW WI Sultra, H. Muhammad Ikhwan Kapai.

Dalam sambutannya, Ustadz Ikhwan sapaan akrab H. Muhammad Ikhwan Kapai mengatakan, pelatihan ini telah direncanakan sejak Peristiwa Gempa Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah beberapa waktu yang silam.

Dia mengakui bahwa DPW WI Sultra siap membersamai Pemerintah dalam penanggulangan bencana di Indonesia, Sultra secara khusus.

“Sebagai pemateri kami mengundang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari sebagai bentuk kerjasama dalam persiapan tanggap bencana, termasuk bersama Badan SAR Nasional (BASARNAS),” tutur Ustad Ikhwan.

Dia mengaku bersyukur atas pelaksanaan kegiatan ini, karena akan membentuk tim Wahdah Peduli (WP) usai pelatihan.

“Insya Allah nanti tim yang dibentuk siap siaga diturunkan saat bencana terjadi, bahu membahu bersama Pemerintah,” tambah dia.

Setelah dibuka secara resmi, pelatihan dimulai dengan materi pertama yakni Sistem Nasional Penanggulangan Bencana, oleh Muhammad Erwin Fajar selaku Kepala Seksi Penyelamatan Evakuasi dan Penanganan Pengungsi BPBD Kota Kendari.

Sebanyak 33 peserta yang merupakan utusan Dewan Pimpinan Daerah WI se Sultra mengikuti kegiatan ini.

BACA JUGA  PBNU: Kapolri Baru Tak Boleh Pandang Bulu dalam Penegakan Hukum

Basic Training akan dilaksanakan selama dua hari, dengan materi antara lain Sistem Nasional Tanggap Bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari, Standar Operasional Prosedur Tanggap Darurat oleh Wakil Ketua WP Pusat, Bantuan Hidup Dasar dan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (BHD dan P3K) oleh Tenaga Medis Kota Kendari, Jurnalistik Kebencanaan oleh Kordinator Tim Media WP Pusat, Eksistensi Wahdah Peduli oleh Ketua WP Pusat, dan Trauma Healing oleh Wakil Ketua WP, dan diakhiri dengan Pelatihan Water Rescue oleh Badan SAR Nasional (BASARNAS) Kota Kendari.

Kontributor: Rustam Hafid
Editor: M. Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat