... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Konsumsi Susu dan Produk Susu Dapat Mencegah Penyakit Kronis

Foto: Susu dan produk susu

KIBLAT.NET, Madrid – Mengonsumsi susu dan produk susu dalam berbagai tahap kehidupan dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk risiko kelemahan dan sarkopenia, penyakit kardiovaskular, sindrom metabolik, kanker usus atau kandung kemih, dan diabetes tipe 2. Demikian menurut sebuah penelitian baru-baru ini.

Sekelompok ilmuwan dari Spanyol University of Granada (UGR) dan Complutense University of Madrid mengevaluasi dan menganalisis 14 artikel dari seluruh dunia tentang peran susu dan produk susu dalam pencegahan penyakit kronis. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal medis “Kemajuan dalam Nutrisi”, yang hasilnya berbeda dengan literatur lama.

Studi ini menegaskan bahwa ada hubungan positif antara asupan susu yang dikonsumsi teratur selama kehamilan dan berat lahir, panjang dan kandungan mineral tulang selama masa kanak-kanak. Asupan susu dan produk susu setiap hari bagi orang tua juga dapat mengurangi risiko kelemahan dan sarkopenia.

Penelitian, yang dipimpin oleh Profesor Angel Gil dari UGR dan Profesor Rosa M. Ortega dari Complutense University, mengungkapkan bahwa konsumsi produk tersebut, terutama susu rendah lemak dan yogurt yang mengandung banyak nutrisi, berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita seperti kebutuhan nutrisi untuk protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, seng, selenium, vitamin A, riboflavin, vitamin B12, dan asam pantotenat, yang terkait dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Konsumsi susu dan produk susu dalam jumlah sedang juga dikaitkan dengan risiko kanker kolorektal dan kanker kandung kemih yang lebih rendah, sementara tidak ada hubungan yang ditemukan untuk kanker prostat.

BACA JUGA  10 Negara Penghasil Polusi Terbesar di Dunia, Indonesia Masuk?

Studi ini menemukan bahwa produk susu mungkin tidak memberikan perlindungan terhadap patah tulang osteoporosis dan patah tulang pinggul, tetapi dapat memperkuat tulang belakang.

Sumber: Daily Sabah
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Komnas HAM dan UNHCR Sepakat Lindungi Hak Pengungsi

Komnas HAM dan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Urusan Pengungsi (United Nation High Commissioner for Refugee/UNHCR) menandatangani Nota Kesepahaman terkait perlindungan hak pengungsi di Indonesia.

Ahad, 07/07/2019 12:30 0

Indonesia

Komnas HAM soal Sanksi Polri untuk Kekerasan 22 Mei: Akan Kita Evaluasi

Kepolisian Republik Indonesia telah menjatuhkan sanksi kepada 10 anggotanya yang melakukan pengeroyokan di kampung Bali pada 22 mei lalu.

Ahad, 07/07/2019 12:10 0

Indonesia

Pasca Banjir Konawe, DPW WI Sultra Gelar Basic Training Tanggap Darurat Bencana

Dewan Pimpinan Wilayah Wahdah Islamiyah Sulawesi Tenggara (DPW WI Sultra) menggelar Basic Training Tanggap Bencana Wahdah Peduli di Gedung Grapari Telkomsel Kendari, Jalan Jenderal Ahmad Yani No.8 Kadia Kota Kendari, Sabtu (06/07/2019).

Ahad, 07/07/2019 11:44 0

Indonesia

KPAI: Pendidikan Agama di Sekolah Menjadi Counter Radikalisme

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Dr. Susanto tidak sepakat dengan penghapusan pendidikan agama di sekolah.

Ahad, 07/07/2019 11:20 0

Indonesia

Inilah 3 Calon Ketua Pemuda Muhammadiyah Kalteng 2018-2022

Musyawarah Wilayah (Muswil) Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Tengah ke-X akan dilaksanakan pada 19-21 Juli 2019 di Kota Palangka Raya.

Ahad, 07/07/2019 11:00 0

Indonesia

Madani Islamic Forum Ingatkan Potensi Zakat dan Waqaf untuk Umat

Hadir sebagai pembicara Dr. Bayu Taufiq Posuumah seorang peneliti di Institute of Islamic Economic and Thought Centre Malaysia.

Ahad, 07/07/2019 10:40 0

Indonesia

Komnas HAM: Korban Tewas Rusuh 21-22 Mei 10 Orang

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memberikan update penanganan kasus kerusuhan 21-23 Mei.

Ahad, 07/07/2019 10:16 0

Indonesia

JK: Tanpa Keadilan Sosial Ekonomi Mustahil Muncul Persatuan

"Kita boleh bersatu saja tapi tanpa tujuan jelas akan menimbulkan perbedaan hingga masalah. Pengalaman sejarah Indonesia, bangsa ini bermasalah apabila rasa keadilan dan ekonomi bermasalah," katanya.

Sabtu, 06/07/2019 08:59 0

Indonesia

ICMI Gelar Halal Bihalal Rekonsiliasi untuk Bangsa

Wakil Presiden terpilih KH. Ma’ruf Amin hadir dalam acara ini.

Sabtu, 06/07/2019 07:50 0

Indonesia

PKS: Ide Hapus Pendidikan Agama di Sekolah Bertentangan UUD 1945

"Ini ide sekularisasi yang menjauhkan generasi bangsa dari nilai-nilai agama. Ide atau wacana ini bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, dan tujuan pendidikan nasional yang sangat menekankan nilai-nilai pendidikan agama di sekolah. Kami menolak tegas wacana ini," tegas Jazuli kepada Kiblat.net melalui siaran persnya pada Jumat (05/07/2019).

Sabtu, 06/07/2019 07:39 0

Close