Konsumsi Susu dan Produk Susu Dapat Mencegah Penyakit Kronis

KIBLAT.NET, Madrid – Mengonsumsi susu dan produk susu dalam berbagai tahap kehidupan dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk risiko kelemahan dan sarkopenia, penyakit kardiovaskular, sindrom metabolik, kanker usus atau kandung kemih, dan diabetes tipe 2. Demikian menurut sebuah penelitian baru-baru ini.

Sekelompok ilmuwan dari Spanyol University of Granada (UGR) dan Complutense University of Madrid mengevaluasi dan menganalisis 14 artikel dari seluruh dunia tentang peran susu dan produk susu dalam pencegahan penyakit kronis. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal medis “Kemajuan dalam Nutrisi”, yang hasilnya berbeda dengan literatur lama.

Studi ini menegaskan bahwa ada hubungan positif antara asupan susu yang dikonsumsi teratur selama kehamilan dan berat lahir, panjang dan kandungan mineral tulang selama masa kanak-kanak. Asupan susu dan produk susu setiap hari bagi orang tua juga dapat mengurangi risiko kelemahan dan sarkopenia.

Penelitian, yang dipimpin oleh Profesor Angel Gil dari UGR dan Profesor Rosa M. Ortega dari Complutense University, mengungkapkan bahwa konsumsi produk tersebut, terutama susu rendah lemak dan yogurt yang mengandung banyak nutrisi, berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita seperti kebutuhan nutrisi untuk protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, seng, selenium, vitamin A, riboflavin, vitamin B12, dan asam pantotenat, yang terkait dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Konsumsi susu dan produk susu dalam jumlah sedang juga dikaitkan dengan risiko kanker kolorektal dan kanker kandung kemih yang lebih rendah, sementara tidak ada hubungan yang ditemukan untuk kanker prostat.

BACA JUGA  BNPT Sebut Santri dan Santriwati Rentan Terpapar Radikalisme

Studi ini menemukan bahwa produk susu mungkin tidak memberikan perlindungan terhadap patah tulang osteoporosis dan patah tulang pinggul, tetapi dapat memperkuat tulang belakang.

Sumber: Daily Sabah
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat