KOKAM Solo Raya Gelar Apel Persiapan Muktamar Muhammadiyah ke-48

KIBLAT.NET, Solo – Komando Kesaiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Soloraya mengadakan apel dan long march sebagai bagian dari persiapan Muktamar Muhammadiyah ke-48 yang akan diselenggarakan di Kota Surakarta tahun depan.

Apel KOKAM Solo Raya dilaksanakan di depan Balai Muhammadiyah Surakarta, Ahad (30/06/19). Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah Eko Pujiatmoko mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka melatih dan menyiapkan kader KOKAM untuk acara muktamar di Surakarta mendatang.

“Kegiatan hari ini dalam rangka menyiapkan diri untuk Muktamar Muhammadiyah yang nantinya akan dilaksanakan di Solo pada tahun 2020 nanti,” ujarnya kepada kiblat.net di Balai Muhammadiyah Surakarta.

Apel tersebut diikuti tak kurang 1.500 perwakilan KOKAM di wilayah Solo raya seribu lima ratus. Sebelum apel, para peserta terlebih dahulu melakukan long march sejauh tiga kilometer dari lapangan Kartopuran, Surakarta hingga Balai Muhammadiyah. Apel di Balai Muhammadiyah diisi dengan wejangan yang disampaikan Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah, Dahlan Rais.

“Ini bentuk kesiapsiagaan kami, kita siapkan nantinya ada pembinaan, pendidikan, latihan, dan rekrutmen, sehingga muktamar 2020 nanti betul-betul terlaksana dengan sebaik mungkin,” tutur Eko.

Selain mengadakan rekrutmen, para anggota KOKAM yang baru masuk akan mengikuti rangkaian pelatihan yang diselenggarakan di setiap kabupaten. Eko menyebut pihaknya memerlukan dukungan personel yang lebih banyak dalam mensukseskan Muktamar Muhammadiyah di Surakarta.

BACA JUGA  Polri Masih Cari Dugaan Pidana Kerumunan di Petamburan

“Diperkirakan ada 10.000 KOKAM yang akan disiapkan pada muktamar 2020,” ungkapnya.

Eko berharap apel yang digelar dalam mewujudkan kemandirian seluruh anggota Muhammadiyah. Ia juga berharap setelah Pemilu berlalu tidak ada lagi sekat di antara anak bangsa, untuk saling bahu membahu demi kebaikan bangsa.

“Kita harus belajar mandiri, menjadi bagian dalam penegakkan supermasi hukum dan kepedulian,” tegasnya.

Reporter: Reno
Editor: Imam S.

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat