... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kata Jokowi dan Prabowo Setelah Pengumuman Hasil Sidang MK

Foto: Prabowo Subianto dan Joko Widodo. (Serambi Indonesia)

KIBLAT.NET, Jakarta – Calon presiden petahana, Joko Widodo berbicara pasca putusan Mahkamah Konstitusi tentang sengketa Pilpres 2019. Dia mengatakan tak ada lagi perbedaan di masyarakat karena pilihan politik yang berbeda saat pemilu.

“Saya mendengar putusan Mahkamah Konstitusi terkait perselisihan hasil Pemilihan Umum 2019. Dengan demikian, proses pesta demokrasi yang telah berlangsung dalam beberapa bulan terakhir telah usai. Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu kembali bersama-sama membangun Indonesia, bersama-sama memajukan negara kita Indonesia, Tanah Air kita tercinta,” kata Jokowi dalam akun Instagramnya @jokowi Jum’at (28/06/2019).

Jokowi meminta masyarakat Indonesia saling menghargai dan monghormati terhadap hasil pilpres 2019. Selain itu, ia mengimbau agar semua pihak menghapus istilah 01 maupun 02.

“Tidak ada lagi 01 dan 02, yang ada hanyalah persatuan Indonesia, rakyat Indonesia yang saling menghargai dan saling menghormati,” jelasnya

“Dan saya hendak memastikan bahwa presiden dan wakil presiden terpilih adalah presiden dan wakil presiden bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungkas Jokowi.

Sementara itu Prabowo Subianto juga menanggapi hasil sidang sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi. Dia mengaku kecewa atas hasil keputusan tersebut.

“Saudara-saudara sekalian, kita baru saja mendengarkan keputusan Mahkamah Konstitusi tentang gugatan Prabowo-Sandi, pasangan Calon 02 terhadap hasil yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum mengenai Pemilihan Presiden tahun 2019 yang baru saja kita laksanakan sebagai Bangsa,” kata Prabowo dalam akun Instagramnya @prabowo Jum’at (28/06/2019)

BACA JUGA  Pasca Penusukan Wiranto, Densus 88 Tangkap 22 Orang

Prabowo mengatakan, meskipun keputusan tersebut cukup mengecewakan bagi dirinya dan koalisinya. Namun ia mengatakan akan tetap patuh pada konstitusi dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Walaupun kami mengerti bahwa keputusan tersebut sangat mengecewakan bagi kami, dan para pendukung Prabowo-Sandi. Namun kami akan tetap patuh dan mengikuti jalur konstitusi kita yaitu UUD RI 1945 dan sistem perundang-undangan yang berlaku di negara kita,” katanya

Kendati demikian, Prabowo mengaku akan tetap patuh terhadap hasil putusan. Selain itu, Prabowo mengatakan akan menyerahkan seluruh keadilan dan kebenaran yang hakiki kepada Allah SWT.

“Maka dengan ini menghormati hasil keputusan Mahkamah Konstitusi tersebut. Kami menyerahkan sepenuhnya kebenaran dan keadilan yang hakiki kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya.

Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan untuk menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Kamis (27/06/2019). Majelis hakim menilai bahwa permohonan pemohon tidak memiliki alasan menurut hukum.

Reporter: Fanny Alif
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Tentara Turki Tewas Dalam Serangan Mortir di Pos Pemantau Gencatan Idlib

Dephan mengatakan bahwa mortir itu ditembakkan dari wilayah kontrol militer Suriah.

Jum'at, 28/06/2019 07:08 0

Mesir

Dua Mantan Menteri Mesir Lapor Komisi HAM PBB, Desak Penyelidikan Kematian Mursi

Laporan Komisi Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR) disertai laporan penyelidikan sejumlah anggota Parlemen Inggris yang mengungkap kondisi Mursi tak manusiawi

Kamis, 27/06/2019 19:20 0

Mesir

Tujuh Hal Masih Jadi Tanda Tanya terkait Kematian Mursi

Mursi bukanlah tahanan pertama yang menyerah pada kondisi penjara yang keras di Mesir.

Kamis, 27/06/2019 19:06 0

Palestina

Hamas soal Konferensi Ekonomi Manama: Palestina Tidak Akan Dijual!

Kepala biro politik Hamas Ismail Haniyeh mengatakan bahwa konferensi di Manama hanya sebagai langkah politik dengan kedok ekonomi untuk menihilkan tujuan Palestina.

Kamis, 27/06/2019 17:24 0

Suriah

Derita Tahanan Wanita Rezim Assad: Dilecehkan, Disiksa Tanpa Henti

Seorang mantan tahanan rezim Bashar Assad menceritakan penyiksaan dan penganiayaan yang dihadapi selama penahanannya. Bekas lukanya menyimpan kenangan mengerikan yang terus hidup.

Kamis, 27/06/2019 16:43 0

Afghanistan

Al-Qaidah Tumbuh Lebih Kuat di Bawah Naungan Taliban

Para analis PBB memaparkan kompilasi singkat yang dilengkapi dengan data grafis mengenai jejak al-Qaidah.

Kamis, 27/06/2019 15:01 0

Khutbah Jum'at

Khutbah Jumat: Membela Agama Allah

Khutbah Jumat: Membela Agama Allah

Kamis, 27/06/2019 12:45 0

Mesir

Mesir Tangkap Orang-orang yang Dituduh Rencanakan Makar

Penangkapan itu mendapat kecaman oleh Amnesty International.

Rabu, 26/06/2019 10:34 0

Mesir

Putra Mursi: Sejarah Menyaksikan, Jutaan Orang di Dunia Shalatkan Ayah 

Putra presiden Mesir ke-5 Muhammad Mursi, Abdullah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang memberikan dukungan terhadap ayahnya. Ia pun mengaku bersyukur atasnya.

Rabu, 26/06/2019 09:45 0

Suriah

Direktorat Pendidikan Idlib: 25 Sekolah Rusak Akibat Kampanye Militer Rezim

serangan udara Rusia dan Suriah serta gempuran darat menyebabkan kerusakan antara 10 dan 80 persen di bangunan sekolah yang terkena serangan.

Rabu, 26/06/2019 09:00 0

Close