... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pembubaran Pengajian; Saat Cinta Tanah Air Melebihi Cinta Sesama Muslim

Foto: ilustrasi (sumber: antara)

KIBLAT.NET – Kasus pembubaran pengajian kembali terjadi. Di tahun-tahun sebelumnya, pembubaran pengajian memang mewarnai jagat pemberitaan di Indonesia. Dari mulai Ustadz Khalid Basalamah yang dibubarkan di Sidoarjo, dan Ustadz Abdul Somad di Jepara dan Semarang.

Lalu upaya pembubaran pengajian juga kembali terjadi di Jakarta. Kali ini menimpa Dai Muda Ustadz Felix Siauw saat hendak mengisi di Masjid Balai Kota DKI Jakarta. Penceramah yang satu ini memang terbilang sering mendapat penolakan dari ormas tertentu. Beruntung, kajian ini tetap berlangsung.

Kegiatan keagamaan seperti pengajian sebenarnya salah satu hak yang dimiliki setiap warga negara. Yaitu hak untuk menjalankan ajaran agama sesuai keyakinan masing-masing. Maka, setiap orang dilarang menjegal pengajian yang akan digelar.

Pengajian berbeda dengan kegiatan keramaian lain seperti demonstrasi, pesta kembang api, konser dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut memang memerlukan izin atau pemberitahuan.

Kegiatan keagamaan dan kegiatan ilmiah di Kampus tidak memerlukan izin serta pemberitahuan dari kepolisan. Hal itu ditegaskan dalam Pasal 10 ayat (4) UU No.9 Tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum. Oleh sebab itu, pembubaran pengajian tidak memiliki dasar hukum yang kuat.

Lalu, bagaimana jika yang membubarkan mempunyai dasar yaitu untuk menangkal ajaran khilafah islamiyah dan HTI? Perlu diketahui bahwa hingga saat ini belum ada penetapan pengadilan yang menyebutkan bahwa ajaran khilafah dilarang. Yang ada adalah pelarangan paham Komunisme. Maka, menyebarkan ide khilafah sama dengan menyebarkan Komunisme jelas tidak masuk akal.

BACA JUGA  Teroris Penyerang Masjid Selandia Baru Serukan Aksi Supremasi Kulit Putih dari Penjara

Selain itu, menurut Direktur Komunitas Sarjana Hukum Muslim Indonesia (KSHUMI), Chandra Purna Irawan, HTI tidak ditetapkan sebagai organisasi terlarang. Selama ini, HTI hanya dicabut badan hukumnya saja. Dan jika dianggap Ustadz Felix sebagai HTI, ini justru bertentangan dengan narasi mereka bahwa HTI organisasi terlarang. Bagaimana mungkin HTI ditetapkan organisasi terlarang tapi mengaitkan Ustadz Felix sebagai anggota HTI? Bila ada organisasi ditetapkan terlarang, otomatis dibubarkan Pemerintah.

Membubarkan pengajian yang dilakukan pun jelas melampaui tugas kepolisian. Tindakan yang mereka ambil termasuk tindakan main hakim sendiri. Padahal, institusi penegakan hukum di Indonesia sudah sangat jelas.

Sikap anti kebebasan berpendapat semacam ini terus terjadi karena kurangnya ketagasan penegak hukum dalam menertibkan masyarakat. Seharusnya, Polisi bisa memahamkan kepada pihak yang membubarkan bahwa pengajian merupakan hak warga negara. Mungkin berbeda jika dalam pengajian menyerukan untuk melakukan tindakan anarkis, itu jelas dilarang. Jika dibiarkan, ini menjadi trigger konflik berkepanjangan antar anak bangsa.

Kita tentu berharap agar umat Islam tidak saling lumat kepada saudaranya. Jangan sampai terlalu akrab dengan orang yang mengingkari Nabi Muhammad SAW, tapi selalu mencari kesalahan kepada sesama pengikut Nabi Muhammad SAW. Aneh jika lisan kita selalu basah dengan sholawat tapi ketika bertemu saudara seiman yang berbeda pandangan main sikat.

Sebagai penutup, penulis yang bukan anggota HTI ini berpesan bahwa cinta sesama muslim harus melebihi cinta pada tanah air. Karena ketika di akhirat, saudara seiman lah yang bisa memberi kita syafaat.

BACA JUGA  Hukum-hukum Penting yang Wajib Diketahui oleh Para Pengurban

Penulis: Taufiq Ishaq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Mesir

Mesir Tangkap Orang-orang yang Dituduh Rencanakan Makar

Penangkapan itu mendapat kecaman oleh Amnesty International.

Rabu, 26/06/2019 10:34 0

Mesir

Putra Mursi: Sejarah Menyaksikan, Jutaan Orang di Dunia Shalatkan Ayah 

Putra presiden Mesir ke-5 Muhammad Mursi, Abdullah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang memberikan dukungan terhadap ayahnya. Ia pun mengaku bersyukur atasnya.

Rabu, 26/06/2019 09:45 0

Suriah

Direktorat Pendidikan Idlib: 25 Sekolah Rusak Akibat Kampanye Militer Rezim

serangan udara Rusia dan Suriah serta gempuran darat menyebabkan kerusakan antara 10 dan 80 persen di bangunan sekolah yang terkena serangan.

Rabu, 26/06/2019 09:00 0

Arab Saudi

Bandara Arab Saudi Kembali Jadi Target Bom Drone Syiah Hutsi

Sebagai tanggapan, Komando Pasukan Koalisi Saudi di Yaman mengumumkan bahwa Pasukan Pertahanan Udara Saudi telah menjatuhkan pesawat yang ditembakkan milisi teroris Hutsi yang sedang menuju daerah permukiman di Khamis Masyith.

Rabu, 26/06/2019 08:30 0

Afghanistan

Kunjungi Kabul Mendadak, Pompeo: Kami Siap Tarik Pasukan

"Semua pihak sepakat bahwa menyelesaikan pemahaman antara Washington dan Taliban akan membuka pintu untuk dialog antara sesama warga Afghanistan," kata Pompeo dalam konferensi pers.

Rabu, 26/06/2019 07:45 0

Arab Saudi

Koalisi Saudi Klaim Lumpuhkan Amir ISIS Yaman

Amir ISIS Yaman, yang dikenal bernama "Abu Osama Al-Muhajir". Operasi itu juga menangkap penanggung jawab pendaan ISIS Yaman dan sejumlah anggota lainnya

Rabu, 26/06/2019 07:00 0

Opini

Prof. Eddy, Postulat Hukum, dan Harapan Masyarakat Indonesia

Ketika Ruang sidang mendadak menjadi ruang kuliah.

Selasa, 25/06/2019 19:00 0

Opini

Pengungsi dan Tatanan Dunia Masa Kini

Pegungsi adalah mereka yang terpaksa meninggalkan rumahnya karena melarikan diri dari konflik, kekacauan, serta tindak persekusi yang mengintai mereka.

Selasa, 25/06/2019 16:39 0

Video News

Syaikh Abdallah Batarfie: Kami Ingin Jakarta Kembali Jadi Kota Pergerakan Moral

KIBLAT.NET, Jakarta – Sebagai ulama besar pendiri Al Irsyad Al Islamiyah dan guru sejumlah tokoh...

Selasa, 25/06/2019 11:31 0

Video Kajian

Ust. Abu Harits, Lc : Inilah Umat yang Selalu Menang!

KIBLAT.NET- Siapakah umat yang Allah SWT jamin mereka akan selalu menang? Simak di sini! Editor:...

Selasa, 25/06/2019 10:00 0

Close